Cara Memanfaatkan Tekanan Bekerja Menjadi Pertumbuhan

Cara Memanfaatkan Tekanan Bekerja Menjadi Pertumbuhan
Cara Memanfaatkan Tekanan Bekerja Menjadi Pertumbuhan

Ikhtisar.com – Pepatah mengatakan bahwa tidak ada seorang pelaut yang dilahirkan dari lautan yang tenang. Untuk menjadi pelaut, Anda harus bisa melewati badai dan terjangan ombak yang sangat keras, bahkan beberapa kali menghancurkan kapal yang Anda bangun. Hal tersebut berarti semua orang yang sukses merupakan orang yang bisa bertahan menghadapi sulitnya hidup hingga berhasil sepenuhnya. Mereka bukanlah orang yang dengan santai kemudian uang dan karir datang tiba-tiba kepadanya.

Bagi Anda yang sedang mengalami tekanan dalam pekerjaan dan merasa tidak mampu untuk melaluinya, jangan segera menyerah. Sebaliknya, pelan-pelan Anda atur ulang semangat Anda agar bisa menghadapi tekanan tersebut. Pada dasarnya tekanan tidak datang kedua kalinya, jika Anda dapat melewatinya dengan baik akan menjadi kebanggaan tersendiri. Meski demikian memang sulit melakukan daripada mengatakan. Namun pada kesempatan ini ada baiknya Anda mempelajari beberapa cara untuk memanfaatkan tekanan bekerja yang justru memberikan pertumbuhan.

Tidak ada yang kebetulan,

Tanamkan kalimat bahwa “tiba-tiba tidak datang secara tiba-tiba”. Maksudnya adalah semua hal sudah dipersiapkan sebelumnya, termasuk tekanan yang sedang Anda alami saat ini. Hal tersebut akan membantu Anda untuk mengatasinya dengan cara memikirkan apa manfaat yang bisa diterima ketika sudah melalui tekanan ini. Ingatlah bahwa tekanan sifatnya hanya sementara dan pergunakan hal tersebut untuk meningkatkan kemampuan Anda daripada duduk termenung atau makin stress.

Setiap Tekanan adalah Pembelajaran

Mulailah berpikir positif untuk menghadapi sebuah tekanan. Hal tersebut akan membantu Anda mengatasi segala bentuk tekanan yang sedang dihadapi. Sebaliknya, Anda bisa mengatakan bahwa lewat tekanan beberapa hal dapat dipelajari. Contohnya, kesabaran, kehati-hatian, dan ketekunan, yang nantinya akan membuat diri Anda semakin dewasa dalam menghadapi banyak tantangnan ke depan.

Jika setia pada hal yang kecil, maka akan diberikan tanggungjawab yang besar

Banyak kepala divisi atau manager sebuah perusahaan merupakan orang yang berawal dari tekanan. Hanya saja mereka mampu setia terhadap hal tersebut hingga memiliki jalan keluar. Usaha Anda tidak sepenuhnya bisa dilihat oleh banyak orang, tetapi percayalah, jika Anda setia pada hal kecil, suatu saat Anda akan diberikan tanggungjawab yang lebih besar. Hal tersebut tidak lain dan tidak bukan karena Anda berhasil mengatasinya.

Tekanan adalah ujian untuk naik level

Bagi para pecinta game, khususnya RPG, Anda akan melihat betapa sulitnya seseorang untuk naik level. Biasanya mereka diberikan beberapa quest terlebih dahulu. Setelah berhasil maka mereka baru bisa diijinkan untuk naik level. Sama dengan hal tersebut, bayangkan bahwa tekanan adalah syarat Anda untuk neik ke level yang lebih tinggi. Meski tidak dalam karir, tetapi, setidaknya dalam tanggung jawab Anda akan lebih dipercaya.

Leave a Reply