Inilah Cara Melamar Kerja lewat eMail

cara melamar kerja lewat email
melamar kerja lewat email

Menilik kondisi pertumbuhan internet dan penggunanya yang sangat signifikan dan semakin mudahnya akses informasi teknologi, maka kini banyak dilakukan Cara Melamar Kerja lewat eMail, dibandingkan mengirimkan kertas surat lamaran melalui kurir atau pos.  Selain waktu yang cepat dan proses yang efektif, diterima langsung oleh recruiter, biaya yang timbul baik dari sisi pencari kerja atau pemberi kerja akan lebih murah. Anda sebagai pencari kerja dapat mengirimkan lamaran kerja puluhan setiap hari dan pemberi kerja juga dapat mensortir langsung didepan layar komputer.  Inilah keunikan dan keuntungan cara melamar kerja lewat email.

Secara umum cara melamar kerja lewat email tidak jauh berbeda dengan cara konvensional, yakni :

  1. Membuat Surat Lamaran Kerja
  2. Menampilkan Latar Belakang Pribadi (Pendidikan, Pengalaman, Ketrampilan)
  3. Melampirkan Dokumen terkait (Identitas Diri, Sertifikat dan Surat Keterangan Kerja)

Dengan persiapan yang sama dengan cara konvensional, Cara Melamar Kerja lewat eMail jauh lebih efektif bagi kedua pihak, Pencari dan Pemberi Kerja.  Meski demikian tata cara mengirimkan surat lamaran kerja harus diperhatikan, seperti Bahasa Formal, Prakata Pembuka dan Penutup, Ucapan Terima Kasih dan Sistematika Surat Menyurat secara Resmi.  Jangan lupa Anda berikirim surat dengan tujuan memampangkan Pengalaman dan Ketrampilan yang dimiliki, sehingga etika berkirim eMail harus diperhatikan.

Langkah-langkah Persiapan Cara Melamar Kerja lewat eMail

  1. Langkah pertama menyiapkan berkas dokumen, antara lainnya :
  • Surat lamaran kerja, boleh ditulis langsung di badan email atau dalam bentuk file Word, Notepad, dan lain-lain yang bisa diupload.
  • Siapkan Daftar Riwayat Hidup ( Curriculum Vitae )
  • Copy Ijasah, Sertifikat, Surat Referensi
  • KTP, Pasfoto dan Surat – surat lain (sesuai persyaratan)

Kelengkapan di atas dapat di scan dan simpan file dalam bentuk softcopy. File inilah nantinya akan diupload ke dalam email. Usahakan ukuran file tidaklah terlalu besar karena membuat proses upload menjadi lebih lama dan dikhawatirkan di tolak oleh Penerima eMail.

  1. Pastikan Anda punya akun eMail

Gunakan alamat eMail pribadi Anda saat mengirim lamaran kerja, karena bila menggunakan email milik orang lain tentu akan menunjukkan tidak profesionalnya Anda. Pastikan Anda punya akun email.  Anda bisa membuatnya menggunakan Gmail dan Yahoo Indonesia atau lainnya.  Akun email ibaratnya sama dengan identitas diri Anda, sehingga pembuatan dan penggunaannya pun harus dilakukan dengan cara profesional.

Akun eMail sebaiknya menunjukkan jati diri Anda sesungguhnya, tidak perlu membuat akun yang berinisial berbeda dengan nama Anda.  Gunakan akun email yang identik dengan identitas nama asli Anda, misalkan nama Anda : Budi Hartanto, maka buatlah akun eMail seperti budi_hartanto@gmail.com, atau budi.h@yahoo.co.id, atau budihar@gmail.com.  Anda tidak perlu memodifikasi akun eMail dengan nama-nama alias atau alay yang membingungkan kepada penerima surat lamaran kerja, misalkan budi.otec78@gamil.com atau budih_aja@yahoo.com atau lainnya.

Apakah Email Harus Formal?

Selama pencarian kerja Anda – dan sesudahnya, setelah Anda diterima bekerja – mengirim email yang tepat adalah penting agi karir Anda. Keterampilan komunikasi dihargai di semua jenis organisasi. Anda perlu menyampaikan informasi dengan cara yang tidak akan disalahpahami, dan itu mewakili citra positif Anda (dan atasan Anda) kepada orang lain.  Etika ber-email tetap menjadi perhatian khusus, tidak hanya saat Anda melamar kerja, namun juga saat bekerja.

Dalam dunia kerja, cukup sering disebutkan bahwa “Anda adalah apa yang Anda tulis.” Ini tidak berlaku hanya ketika Anda mengirimkan resume dan / atau surat lamaran Anda agar dipertimbangkan. Setiap tampilan email sangat penting. Pesan email Anda mungkin merupakan hal pertama yang dilihat oleh calon atasan Anda. Gunakanlah bahasa formal dalam cara melamar kerja lewat email.

Saat Casual dapat Menyebabkan Kekhawatiran

Pesan informal dan tergesa-gesa seperti, dapat menyebabkan atasan melihat Anda sebagai orang amatir atau malas. “Jika Anda tidak meluangkan waktu untuk menampilkan diri terbaik Anda dalam dalam aplikasi pekerjaan Anda,” mereka mungkin bergumam pada diri mereka sendiri, “dan Anda memaksa pemberi kerja untuk melakukan pekerjaan ekstra dengan harus menebak pekerjaan mana yang Anda lamar , “Kata mereka dengan gigi terkatup,” lalu apa yang bisa kita harapkan secara realistis dari Anda? “

Untungnya tidak perlu banyak usaha agar Anda dapat mengirimkan versi yang lebih baik dari email Anda.  Saat kasual (santai) perlu dijadikan kekhawatiran tersendiri, karena tidak semua pemberi kerja akan mudah memahami cara Anda.

Tampilkan dengan Spesifik

Anda melamar pekerjaan tertentu. Bagi Anda, itu mungkin yang ada di depan dan berpusat di pikiran Anda saat ini. Tapi employer  mungkin memposting sejumlah posisi yang berbeda sekaligus. Mereka mungkin akan menerima sejumlah besar email aplikasi, bukan hanya milik Anda.

Jadi buatlah mudah bagi mereka untuk menyortir email masuk dengan memberi tahu mereka pekerjaan mana yang Anda cari. Di Subject Line itu sendiri, jelaskan tujuan email Anda. Sebutkan judul pekerjaan atau nomor referensi yang Anda lihat di postingan yang diiklankan. Anda bisa menulis sesuatu seperti “Job Application : Risk Manager, reference A47kj2w1.

Ini juga berlaku untuk bagian atas pesan yang akan Anda masukkan ke dalam badan email ini. Anda bisa memulai dengan sebuah header yang hanya mengulanginya sendiri, seperti dalam “re: Job Application: Risk Manager, reference A47kj2w1.”

Gunakan Bahasa “Business Formal”

Terlepas dari apa yang Anda ketik di badan email di bawah header, jangan langsung memulai dengan menggunakan bahasa santai.  Minimal, Anda mencoba untuk mengubah ungkapan dari contoh email menjadi sebagai berikut:

Rekrutmen  yang terhormat,

 

Saya sangat tertarik untuk mengajukan diri pada posisi Risk Manager yang Anda iklankan di JobPosting.com baru-baru ini. Kualifikasi dan Pengalaman kerja saya sesuai dengan spesifikasi Anda butuhkan. 

Kiranya Mohon dapat meluangkan waktu untuk meninjau Dokumen Permohonan terlampir saya: 

– Resume (CV) Terbaru

– Surat Lamaran Kerja 

 

Ini akan menjadi sebuah kesenangan yang tulus dapat mendengar kabar dari Anda segera untuk mendiskusikan kesempatan menarik ini. 

 

Hormat kami,

  

[Budi Hartanto-08881234567]

Apakah ini cukup?

Bahasa formal, mengidentifikasi pekerjaan yang Anda ajukan, dan menyatakan dokumen mana yang telah Anda lampirkan: adakah sesuatu yang harus Anda lakukan di dalam aplikasi lamaran email Anda?

Beberapa pencari kerja suka menyertakan surat lamaran kerja yang disesuaikan dan lebih lengkap dibadan email itu sendiri. Ini menghemat waktu pembaca karena tidak harus membuka lampiran terpisah ke dalam program yang berbeda.

Meski begitu, mungkin masuk akal juga jika Anda melampirkan surat lamaran lengkap dan bagus beserta resume. Dengan cara ini jika calon atasan menginginkan cetakan salinan, mereka dapat melakukannya dengan cepat tanpa usaha berlebih.

Anda juga bisa mencoba untuk mengetahui nama dan jabatan orang yang akan Anda kirimkan ke aplikasi Anda. Ini tidak selalu diperlukan, meski di tingkat yang lebih tinggi, ini bisa membantu Anda menonjol dari kebanyakan pelamar. Yang tentu saja adalah sesuatu yang ingin Anda lakukan, bila mungkin, Anda menyajikan dengan lebih berkualitas dan lebih antusias.

Contoh Surat Melamar Kerja lewat eMail

Berikut ini beberapa contoh cara melamar kerja lewat email, yang dapat Anda tiru dan modifikasi sesuai dengan profil Anda dan profil perusahaan yang dituju.  Perlu Anda lakukan penyesuaian sehingga isi surat lamaran kerja ini akan mencitrakan Anda sebagai sosok kandidat yang mereka cari-cari.

================================================================================

Contoh No. 1

Kepada : recruitment@suksessejahtera.co.id

Cc : –

Perihal :  Staff Administrasi

Dengan Hormat,

Sesuai dengan informasi pada website jobposting.co.id di internet, bahwa “PT Sukses Sejahtera” membutuhkan beberapa lowongan kerja dalam kategori Staff Administrasi, maka yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

Nama                          : Admin Kantoran

Alamat                                    : Jl. Raya Citra Indah No. 78 Tangerang, Banten

Tempat, Tanggal Lahir           : Bontang, 16 Juni 1990

Pendidikan                  : SMA 5 Negeri  Cikupa

Bermaksud untuk mengajukan diri pada posisi pekerjaan tersebut. Bersama ini saya lampirkan daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan.

Bila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan Bapak/Ibu untuk proses seleksi dan wawancara. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

(Admin Kantoran)

================================================================================

Contoh No. 2

hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,

Bpk / Ibu Personalia

PT Perkasa Sentosa

Jl. Mawar Melati No. 18

Jakarta Utara

Dengan Hormat,

Sesuai informasi yang saya dapatkan dari harian Kompas pada tanggal 08 Agustus 2017 bahwa ada lowongan pekerjaan dari PT. Perkasa Sentosa, Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan bagian Marketing dengan kode (MK) dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Berikut ini adalah data singkat saya

Nama                          : Yoga Bondowoso Suhar

Tempat / Tgl. Lahir     : Blora, 05 Mei 1995

Pendidikan Terakhir    : S1 Manajemen Informatika

Alamat                                    : Jl. Dr. Setia Budi no 55

Telepon (HP)               : 081234567891

Status                          : Lajang

Dan saat ini saya dalam keadaan sehat dan berbahasa Inggris fasih. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan komputer baik itu  Ms Office Word, Excell, Acces dan berberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Foto copy ijazah S1
  3. Foto copy transkrip nilai
  4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
  5. Pas photo yang terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamara kerja ini, Saya ucapkan banyak terimakasih atas perhatian dari Bapak / Ibu personalia.

Hormat saya,

Yoga Bondowoso Suhar

================================================================================

Dalam membuat surat lamaran kerja yang perlu menjadi perhatian adalah :

Bagian no. 1 Berisikan alamat email perusahaan yang dituju, bagian ini wajib di isi dengan benar, Jika salah sedikit bisa jadi lamaran kerja Anda tidak akan sampai ke tujuan.

Bagian no. 2 Berisikan subyek email, isikan bidang ini kata lamaran kerja dan bagian yang ingin ditempati. Apabila bagian ini diberikan kode dari perusahaan (misalnya “Lamaran Kerja Administrasi – LKA002” ) maka isikan kolom 2 ini dengan kode tersebut.

Bagian no. 3 adalah bidang untuk menulis lamaran kerja Anda. Tetapi bila Anda sudah menulis lamaran kerja dalam bentuk lampiran maka hanya perlu lakukan upload saja dan di bagian ini juga Anda bisa gunakan untuk meng-upload file – file lainnya.

Setelah Anda yakin sudah siap dengan seluruh persyaratan, Silahkan klik “Kirim” yang akan mengirim surat lamaran kerja via email Anda ke Perusahaan tujuan.  Demikianlah Cara Melamar Kerja lewat eMail yang dapat Anda lakukan untuk meraih pekerjaan impian.

Leave a Reply