Cara Melakukan Perubahan Karir, Langkah Sederhana nan Efektif

perubahan karir profesional

Banyak orang melakukan perubahan Profesional Karir demi mengejar keuntungan dan kompensasi benefit semata.  Perubahan ini berdampak pada investasi terhadap waktu dan uang Anda, dan ini perlu Anda sadari serta pahami sebelum memutuskannya.  Berikut ini dikutip dari about.com, ada beberapa langkah sederhana nan efektif bagi Anda jika memutuskan melakukan perubahan karir professional.

1.  Buatlah Keputusan kalau Anda memang perlu melakukan perubahan Karir

Perubahan karir, baik sebagai seorang professional atau seorang pengusaha adalah perubahan cara pandang dan visi misi masa depan.  Jika Anda memang merasa perlu melakukan perubahan maka pastikan keputusan ini adalah sebuah keputusan dengan berbagai pertimbangan yang matang dan penuh analisa.  Perubahan karir akan banyak menemui berbagai perubahan lainnya, seperti lingkungan, sosial budaya, cara kerja, waktu dan pastinya materi.

2.  Lakukan Penilaian Kapasitas dan Kapabilitas Diri

Perubahan karir perlu disertai dengan persiapan diri Anda mengenai kapasitas dan kapabilitas, nilai-nilai, ketrampilan, personalitas dan ketertarikan Anda dalam sebuah pekerjaan.  Lakukan penilaian terhadap kompetensi Anda kepada pekerjaan yang hendak dicari, sehingga proses perubahan akan berjalan dengan lancar.

3.  Buatlah beberapa Daftar Pekerjaan yang dapat dieksplorasi lebih dalam

Tidak mudah menemukan pekerjaan yang Anda idamkan, namun dengan membuat daftar beberapa jenis pekerjaan yang Anda inginkan, akan lebih mudah bagi Anda melakukan eksplorasi lebih dalam.  Bandingkan satu dan beberapa jenis pekerjaan terdaftar, sehingga ada beberapa pilihan yang dapat menjadi prioritas.

4.  Pelajari lebih lanjut Daftar Karir yang ada

Setelah membuat daftar pekerjaan yang Anda incar, selanjutnya lakukan observasi lebih detil mengenai daftar pekerjaan tersebut.  Fungsi dan tugas yang akan dilakukan, konsekuensi yang akan dihadapi, maupun komitmen yang perlu Anda siapkan.

5.  Persempit Pilihan Karir Anda

Dari sekian banyak pilihan, persempitlah jumlah pilihan Anda menjadi 2 atau 3 saja, untuk mempermudah Anda membuat keputusan, mana pekerjaan yang paling tepat dan baik bagi kelangsungan karir professional Anda.

6.  Kumpulkan Informasi Penting dari daftar pekerjaan Anda

Setelahnya Anda dapat mengumpulkan sebanyak mungkin informasi mengenai pekerjaan tersebut, mulai dari pemilik pekerjaan, calon atasan Anda, rencana kerja kedepan, maupun kondisi pasar yang berpengaruh pada kelangsungan pekerjaan Anda nanti.

7.  Tentukan Tujuan Anda

Buatlah keputusan dari pilihan Anda tadi, untuk memastikan langkah menuju perubahan karir yang matang.  Anda tidak perlu ragu dan takut membuat keputusan manakala segala faktor yang berpengaruh telah dianalisa dengan baik.

8.  Tuliskan Rencana Karir Anda

Setelah membuat keputusan, selanjutnya Anda perlu menuliskan rencana karir berikutnya.  Bagaimana Anda akan membangun karir baru ini dan berapa lama waktu yang Anda butuhkan menggapainya.  Sehingga perubahan karir Anda adalah sebuah perjalanan yang memiliki tujuan dan harapan pasti.

9.  Lakukan Latihan demi Karir Baru Anda

Perubahan karir mungkin saja tidak banyak merubah cara kerja Anda, namun bagaimanapun juga Anda perlu berlatih dan memperkuat kompetensi akan karir baru ini.  Meskipun Anda seorang ahli hukum, namun sebuah firma baru akan memaksa Anda berlatih menghadapi kondisi baru tersebut.

10.  Tinggalkan Karir Lama Anda dan jangan pernah Melihatnya kembali

Anda telah memutuskan meninggalkan pekerjaan dan karir lama, maka tidak usah takut mengatakan “selamat tinggal” karir lama.  Pastikan Anda tidak menengok ke belakang manakala perubahan karir sudah menjadi keputusan terbaik yang Anda lakukan.

Leave a Reply