Cara Melakukan Negosiasi Win-win untuk mencari Kompromi yang Adil

Negosiasi win win untuk Kompromi yang Adil
Negosiasi win win untuk Kompromi yang Adil

Apakah Anda merasa ada seseorang yang berusaha mengambil keuntungan dari Anda? Dan apakah Anda merasa perlu mempertahankan eksistensi diri, atau menselaraskan dengan orang lain, demi mendapatkan sumber daya yang diharapkan? Disinilah Anda perlu belajar cara melakukan negosiasi yang win-win agar tercapai kompromi yang adil.

Tujuan negosiasi menang-menang adalah untuk menemukan solusi yang diterima oleh kedua belah pihak, dan membuat masing-masing pihak merasa bahwa mereka sudah menang.

  1. Goals

Dalam seni bernegosiasi ada hal penting yang harus dijelaskan, yakni tujuan Anda melakukan negosiasi. Apa yang Anda inginkan dari negosiasi tersebut dan apa pula yang diharapkan orang lain dari hal yang sama. Pengetahuan Anda akan keinginan masing-masing akan memudahkan proses negosiasi berjalan.

  1. Pertukaran

Dalam negosiasi yang patut dicatat pula adalah, apa saja yang bisa ditukar dalam proses ini? Apa yang masing-masing pihak punya dan dapat menjadi nilai tawar dalam bernegosiasi. Dan perhatikan pula hal apa yang Anda miliki yang memang layak menjadi bahan pertukaran dalam negosiasi.

  1. Alternatif

Jika negosiasi tidak berjalan baik, maka apa langkah berikutnya yang harus dilakukan. Alternatif lain apa yang bisa membuat proses tetap berlangsung baik. Apakah alternatif tersebut baik atau tidak, dan sejauh mana pentingnya negosiasi harus terjadi jika tidak ada kesepakatan bersama. Jika tidak tercipta kesepatakan, apakah Anda akan kehilangan peluang di masa datang ataukah sebaliknya? Alternatif harus dimiliki masing-masing pihak agar terjadi negosiasi win-win.

  1. Sejarah Relasi

Bagaimana sejarahnya mengenai hubungan Anda dengan orang tersebut? Apakah relasi masa lalu dapat berpengaruh pada negosiasi ataukah tidak berpengaruh? Apakah ada isu tersembunyi yang dapat berdampak buruk pada hasil negosiasi dan apa yang perlu dilakukan untuk meminimalisirnya?

  1. Dampak yang Diharapkan

Sebuah negosiasi selalu akan berujung pada dampak yang akan diterima masing-masing. Masing-masing pihak ingin memperoleh keinginannya, dan tentu akan ada dampak yang harus dihadapi.  Apakah Anda sudah siap dengan dampak yang terjadi setelah negosiasi? Dan apakah Anda juga sudah menduga reaksi dari orang lain mengenai dampaknya?

  1. Konsekuensi

Setelah bernegosiasi akan muncul pula hal lainnya yaitu konsekuensi dari hasil yang terjadi. Konsekuensi apa yang akan dihadapi jika Anda menang atau kalah dalam bernegosiasi? Dan konsekuensi apa pula yang akan dirasakan orang lain ketika itu?

Negosiasi yang win-win mengharuskan kedua pihak berpikir positif tentang hasil akhir yang diperoleh. Dengan demikian akan membuat setiap pihak legawa dan tetap saling menjaga hubungan kerja yang baik. Negosiasi yang win-win dapat berujung pada kompromi yang adil satu sama lain.

Leave a Reply