Cara Kontrol yang Aneh

Anda mungkin sangat ingin tahu tentang apa yang dikerjakan orang lain, baik dia tim Anda atau dari Departemen lainnya.  Adalah sebuah kewajaran jika sifat manusia selalu ingin banyak tahu.  Sehubungan dengan keingintahuan Anda, terlebih terhadap anggota Tim sendiri, terkadang perilaku Anda sungguh berlebihan dan dapat membuat mereka menjadi “gila”.  Salah satu sifat aneh Anda dalam proses kontrol adalah Anda percaya bahwa dengan memberikan “Kritik Membangun” berarti telah menolong Tim Anda, dan terkadang Anda mengambil alih proyek karena merasa orang lain tidak sanggup melakukannya.  Anda tidak melihat bahwa cara Anda hanya memperlihatkan adanya gejala kecemasan yang berlebihan.  Pikiran telah membawa tingkat stress tinggi dan melimpah.  Mungkin pikiran Anda ada benarnya namun banyak hal yang perlu diperbaiki.  Daripada harus mengurusi pikiran irasional tersebut lebih bijak jika Anda mencoba menelaah lebih dalam pribadi sendiri dibandingkan mencoba mengontrol orang lain.  Berikut tanda bahwa Anda tengah melakukan Cara Kontrol yang Aneh.

1.  Anda percaya jika seseorang berubah tentang satu atau dua hal maka Anda akan lebih bahagia.  Namun percayalah bahwa ketika Anda membantu mereka untuk berubah tentang perilaku, maka hal ini akan terjadi dan berulang dikemudian hari.

2.  Anda mengatur mereka cocok dengan harapan Anda (walau sering tidak realistis).  Anda tidak percaya dengan ketidaksempurnaan dan Anda berpikir mereka juga harus menjadi baik.

3.  Anda menilai perilaku orang lain sebagai Benar-Salah, Agresif-Pasif, sampai mereka jatuh sesuai harapan Anda.  Cara ini menunjukkan Kontrol Berlebihan.

4.  Anda menawarkan Kritik Membangun (constructive criticism) sebagai upaya terselubung untuk memajukan Agenda Pribadi.

5.  Anda mengubah diri Anda atau apa yang Anda percaya agar orang lain menerima Anda.  Anda mencoba mengelola kesan orang lain terhadap diri Anda.

6.  Anda menyajikan skenario terburuk dalam upaya mempengaruhi seseorang jauh dari perilaku mereka dan jauh dari orang lain.

7.  Anda sangat ketat dengan waktu sehubungan sebuah Ambisi dan menjadi biasa-biasa saja untuk tidak mengetahui sesuatu.

8.  Anda campur tangan dalam menjelaskan sesuatu atau menghentikan perilaku orang lain.

Anda percaya bahwa dengan membuat orang lain sebagaimana kehendak pribadi akan lebih membangun kebahagiaan pribadi dan tim.  Anda percaya bahwa jika orang lain bertanggung jawab terhadap perasaan Anda.  Namun pahamilah bahwa Anda hanya bertanggung jawab pada diri sendiri, dan membina hubungan baik selalu dimulai dengan Diri Anda sendiri daripada mencoba mengubah dan mengendalikan orang lain.  Berikut beberapa ide yang dapat Anda gunakan menjadi pribadi yang lebih baik tidak berlaku Aneh dalam Kontrol.

  • Jadilah Peka terhadap orang lain.
  • Jangan berkompromi dengan Kehormatan dengan mengubah Keyakinan
  • Realistik terhadap Harapan Anda bagi orang lain
  • Tinggalkan perilaku Omong Kosong Pasif-Agresif
  • Terimalah sebagian besar kondisi nyata
  • Rangkullah Konfrontasi, terkadang itu hanya satu-satunya yang dapat Anda lakukan
  • Bertanggung jawab terhadap kebahagiaan pribadi

Anda akan lebih berhasil dan bahagia jika fokus pada perbaikan diri sendiri dibandingkan mengendalikan orang lain atau mengubah perilaku orang lain.  Hubungan kerja lebih sehat dan kondusif pada saat Anda menempatkan orang lain diposisi mereka.

Leave a Reply