Cara ini Terbukti Tingkatkan Percaya Diri Anda

Cara ini Terbukti Tingkatkan Percaya Diri Anda

Cara ini Terbukti Tingkatkan Percaya Diri Anda

Setiap orang, baik seorang karyawan, profesional, ataupun seorang pengusaha pasti menghadapi kesulitan dan tantangan dengan pekerjaannya. Setiap orang menghadapi tantangan, risiko dan ketidakpastian dalam mengejar impian dan cita-cita. Dan untuk menggapainya diperlukan ketahanan atau daya tahan dengan diiringi ketrampilan dan perilaku positif. Perilaku positif tersebut diantaranya adalah Percaya Diri. Cara ini terbukti mampu meningkatkan Percaya Diri Anda dalam meraih impian dan cita-cita.

Tidak ada satupun orang sukses yang mengeluarkan ide, produk, jasa layanan atau bisnis tanpa rasa percaya diri dan keyakinan yang kuat. Kabar baiknya adalah Rasa Percaya Diri dapat dipelajari dan dilatih. Kutipan dari entrepreneur.com dapat menjadi gambaran singkat dimana Cara ini terbukti tingkatkan percaya diri Anda.

1.  Prinsip Hasil

Sebab Akibat adalah hukum ilmiah yang sudah kita pahami. Anda tidak mempunyai kendali atas peristiwa eksternal yang terjadi, namun memiliki 100% kemampuan terhadap kontrol diri bagaimana menanggapi peristiwa yang terjadi. Hasil yang Anda dapatkan akan sangat bergantung dari cara menghadapi atau merespon dari stimulus yang terjadi. Jika Anda tidak suka pada sebuah situasi tertentu dan ingin mengubah hasil akhirnya, satu-satunya cara adalah dengan secara sadar mengubah respon Anda. Bila hal ini diterapkan, ini adalah cara yang sangat berguna untuk membangun kepercayaan diri. Stimulus + Respon = Dampak (Hasil).

2.  Prinsip Kontrol

Percaya Diri dipengaruhi juga oleh kemampuan Anda dalam mengontrol diri atau merespon terhadap perilaku eksternal.   Kemampuan Anda mengontrol pengambilan sikap atau keputusan dalam hidup merupakan cara meningkatkan kepercayaan diri.

3.  Prinsip Korespondensi

Keberhasilan Anda meningkatkan percaya diri karena adanya pengaruh faktor mental dan psikologis internal terhadap faktor eksternal. Perubahan batin atau nurani ini akan memberikan kemampuan Anda melihat kondisi luar hanya sebagai bagian dari perjalanan hidup. Perasaan atau pola pikir negatif perlu diganti dengan pola pikir positif.

4.  Prinsip Batas Diri

Tidak ada yang dapat melebihi persepsi Anda sendiri, maka dengan adanya pengaruh luar yang negatif secara tidak langsung akan menurunkan moral diri Anda. Seorang atlit berhasil menjadi pemenang manakala dia mampu menghapus Batas Diri, dengan cara melakukan visualisasi. Konsep visualisasi juga dapat Anda terapkan mendorong diri melampaui batas internal sehingga mencapai tingkat rasa percaya diri lebih tinggi.

5.  Prinsip Ekspektasi

Prinsip ini diringkas dalam kutipan oleh Henry Ford, “Jika Anda berpikir bisa melakukan sesuatu atau tidak dapat melakukan hal maka Anda benar.” Alasan Ekspektasi ini adalah ketika sebuah harapan, positif atau negatif, menjadi fokus utama dari pikiran Anda, maka Anda akan cenderung membuat keputusan, bergaul dengan individu yang memungkinkan dan berperilaku dalam cara-cara yang menarik harapan (ekspektasi) itu menjadi kenyataan.

Leave a Reply