Cara Ilmiah membuat Otak Lebih Baik pada Akhir Pekan

cara ilmiah membuat otak lebih baik pada akhir pekan
cara ilmiah membuat otak lebih baik pada akhir pekan

Pekerjaan yang bertumpuk, selama kurang lebih 40 jam dalam seminggu, tentunya akan Anda habiskan dengan menguras fungsi otak secara maksimal.  Meski Anda bukan orang yang dominan bekerja dibelakang meja, namun tetap saja fungsi otak akan dikuras dalam pekerjaan lapangan sekalipun.  Seorang marketer harus mampu mencari ide-ide kreatif dan inovatif untuk bisa jualan, pun demikian sebaliknya, misalkan seorang analyst apalagi, akan sangat berat beban otak mereka dalam pekerjaan seminggu ini.  Sudah terbukti secara ilmiah bahwa otak akan mengkonsumsi asupan energi nutrisi sebanyak 80%, dan ini menunjukkan betapa krusialnya fungsi otak bagi pekerjaan Anda.  Dan ada cara ilmiah yang sudah teruji untuk membuat otak Anda akan tetap lebih baik.  Otak adalah aset penting dan Anda wajib berinvestasi di dalamnya.  Salah satu cara paling sederhana untuk menjaga fungsi otak Anda adalah dengan ISTIRAHAT.  Otak yang terlalu diforsir akan kelelahan dan kepayahan, sehingga dapat menghambat kreativitas.

1.  Tidur

Tidur adalah istirahat yang paling efektif bagi setiap orang.  Selelah apapun fisik Anda, dan selelah apapun otak Anda, dengan tidur akan memberikan kesempatan regenerasi sel tubuh.  Mungkin seorang pengusaha akan berkata bahwa tidur adalah aktivitas yang tidak produktif, namun sesungguhnya tidak.  Studi Harvard, menjelaskan bahwa kurang tidur dapat mempengaruhi memori dan suasana hati, dan menyebabkan Anda salah mengingat hal-hal penting. Jadi jika Anda ingin tetap berpikiran tajam, maka tidurlah.

2.  Perbanyak Protein saat Sarapan

Protein memberikan tubuh cukup asam amino yang membentuk neurotransmitter pada otak kita. Menurut studi ilmiah mengenai memori, ketika Anda tidak cukup makan protein yang baik, otak tidak dapat menghasilkan cukup neurotransmitter seperti serotonin, yang merupakan salah satu bahan kimia utama yang mengatur suasana hati kita.  Jika Anda ingin menjadi pemimpin yang efektif maka segeralah sarapan dengan omelet atau walnut pancake.  Protein adalah teman Anda menjadi pribadi yang menyenangkan.

3.  Temukan Kesenangan dalam Olah Tubuh

Setelah bekerja penuh seminggu, Anda perlu mencari kenyamanan bagi tubuh, seperti nge-gym, atau bersepeda keliling kota. Mengapa..? karena menurut studi ilmiah, orang dengan aktivitas fisik yang lebih aktif mempunyai volume otak lebih besar.

Tentunya aktivitas olah tubuh haruslah yang menyenangkan dan nyaman bagi Anda. Tidak hanya akan berguna bagi fisik Anda, namun dapat juga untuk menemukan hobi baru.

4.  Terlibat dengan Hobi Favorit Anda

Banyak cara untuk menyegarkan pikiran, seperti menggeluti hobi.  Hobi adalah cara yang bagus untuk melepaskan uap panas otak Anda, dan pastinya menurunkan tekanan (stress).  Akan tetapi sebuah hobi tertentu dapat memberikan peningkatan fungsi otak, seperti mengisi TTS (Otak Belajar Lebih Cepat), belajar Instrumen Musik (Otak membuat Koneksi Jaringan Baru), atau bahkan bermain Video Games (Meningkatkan Kognisi).

5.  Mandi

Mandi adalah cara untuk menyegarkan tubuh, terutama setelah Anda berkeringat ketika berolah raga, atau setelah Anda penat seharian bekerja.  Namun penelitian ilmiah menjelaskan, mengapa mandi bagus untuk perkembangan otak, karena adanya aktivitas auotpilot otak yang terjadi manakala Anda di kamar mandi.  Di kamar mandi Anda melakukan sesuatu tanpa banyak berpikir (mindless) dan inilah yang membuat kreativitas sering terjadi dikamar mandi.

Otak adalah komponen utama dalam kehidupan kita, dan perlu dipelihara secara seksama.  Konsumsi nutrisi yang seimbang akan membantu otak semakin berkembang, dan diikuti dengan aktivitas lainnya pada akhir pekan agar otak semakin lebih baik.  Fakta ilmiah mengenai perkembangan otak adalah sesuatu yang perlu Anda cermati dan tidak perlu dibantah.

Leave a Reply