Bagaimana Cara Anda agar Efektif Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Optimis, Yakin atau Percaya Diri adalah padanan kata, yang berarti bahwa Anda memiliki Perasaan akan keberhasilan dalam melakukan sesuatu.  Anda sebagai profesional harus memiliki Level Percaya Diri yang baik, bukan Terlalu Percaya Diri (Over Confidence).  Percaya Diri memberikan Anda Mental Kuat bahwa Potensi Diri Sendiri sanggup menghadapi Problematika, menghadapi Lingkungan dan Kehidupan.  Cara Pandang Anda terhadap Orang lain pun akan Positif dan Bijak serta Dewasa pada saat Anda mempunyai Percaya Diri.  Percaya Diri membuat Anda berani mengambil Tindakan dan Keputusan dan berani melakukan Perubahan yang tidak terhindarkan.  Percaya Diri menjadikan Anda sebagai anggota masyarakat yang baik dalam Hubungan Sosial. Bagaimana Anda dapat Mengembangkan Percaya Diri yang baik.  Kutipan dari Dr. Norman Vincent Peale-The Power of Positive Thinking  “Orang-orang menjadi begitu luar biasa ketika mereka mulai berpikir bahwa mereka bisa melakukan sesuatu. Saat mereka percaya pada diri mereka sendiri, mereka memiliki rahasia kesuksesan yang pertama”.  Maka berikut Cara Efektif Anda Meningkatkan Percaya Diri Sendiri.

1.      Pandang Diri Sendiri Secara Positif

Cara pandang yang keliru kepada Diri Sendiri secara alam bawah sadar membangun Rasa Minder, Rasa Takut bahkan Rasa Bersalah berlarut-larut.  Anda merasa bahwa Keberuntungan tidak pernah berpihak pada diri sendiri.  Perasaan yang salah ini menjadikan Anda selalu Rendah Diri dan selalu merasa berada di belakang orang lain atau tertinggal dari kebanyakan orang.  Yang lebih buruk lagi, Anda merasa ini adalah “kutukan” yang tidak terhindarkan dari Garis Hidup dan Kehidupan Anda.  Sedemikian cara awal agar Percaya Diri Anda meningkat adalah memandang diri sendiri secara positif. Yakinlah bahwa setiap orang memiliki berbagai macam kelebihan dan kekurangan. Tidak hanya kekurangan Anda pun sosok unik yang pasti berbeda dengan orang lain. Apa yang tidak dimiliki orang lain bisa jadi Anda memilikinya, demikian pula sebaliknya.  Ubah cara pandang Anda terhadap diri sendiri terlebih dahulu untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Percaya Diri.

percaya diri2.      Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan

Anda tidak akan pernah mengalami peningkatan percaya diri ketika Ketrampilan dan Pengetahuan masih seperti dahulu.  Tidak ada Wawasan dan Ilmu baru yang Anda miliki, sementara orang lain semakin Hebat dan Handal dalam Bidang Baru.  Perluas Ilmu Pengetahuan dan Wawasan Anda, karena Informasi dan Pengetahuan adalah Kekuatan Anda menghadapi Lingkungan dan Orang-orang sekitar.  Banyak Membaca, Menulis, Berdiskusi dan Bertukar Pikiran dengan orang lain, sehingga Pengalaman Anda lebih cepat terakumulasi dari Komunikasi tersebut.  Tekuni Bidang Ketrampilan yang Anda paling sukai dan Tambah terus Ketrampilan Baru yang Selaras dengan Pengetahuan Anda.  Dalam banyak hal pula, Ketrampilan Komunikasi adalah Jembatan untuk Anda menambah Wawasan, ketrampilan ini berguna bagi Hubungan Individu atau Hubungan Publik.

3.      Terbuka terhadap Kritik dan Saran

Tidak mudah menerima Kritikan, namun mungkin Anda dapat belajar menerima Saran.  Setelah itu Anda akan mampu menjadi seseorang yang Bijaksana dalam menerima Umpan Balik Positif.  Kritik dan Saran dapat Anda jadikan sebuah Inputan Positif dengan Sudut Pandang Positif pula.  Walau memiliki Kelemahan, bukan berarti orang lain segan memberikan Masukan kepada Anda, justru cobalah membangun Komunikasi dengan orang yang tepat yang selalu memberi saran perbaikan kepada Anda.  Keterbukaan juga sebuah sifat dan karakter yang baik dalam membina Relasi dam Kerjasama Tim.  Sifat Terbuka membuat Anda Percaya Diri tanpa Berlebihan.

Tingkatkan Percaya Diri Anda untuk Membangun Karir yang lebih baik, selain akan memperkuat Jaringan Anda, Percaya Diri merupakan Modal Tanpa Akhir dalam Kehidupan Sosial.

Leave a Reply