Cara Cepat Mendapatkan Konsumen Baru bagi Bisnis Anda

Cara Cepat Mendapatkan Konsumen Baru bagi Bisnis Anda
Cara Cepat Mendapatkan Konsumen Baru bagi Bisnis Anda

Konsumen menjadi barometer keberhasilan bisnis perusahaan, dan tanpa adanya konsumen yang menggunanakan produk atau jasa Anda, percuma membangun sebuah bisnis.  Bisnis adalah penjualan dan bisnis memerlukan penjualan untuk tumbuh berkembang.  Tidak heran banyak perusahaan akan menggelontorkan dana besar untuk grab market, sebut saja startup baru seperti Go-Jek, GrabBike atau Uber dan lainnya.  Bahkan perusahaan besar pun akan melakukan hal yang sama yakni Ekspansi dengan menggarap pasar baru ataupun Take Over perusahaan lain.  Strategi pengembangan jaringan atau pasar yang sudah umum dilakukan adalah dengan Surat Penawaran atau Penambahan Jaringan Layanan.  Namun tahukah Anda bagaimana Cara Cepat Mendapatkan Konsumen Baru bagi Bisnis Anda?

Jika bisnis Anda masih StartUp maka cara cepat mendapatkan konsumen adalah dengan memanfaatkan hubungan dengan bisnis yang sudah established dengan memberikan manfaat khusus bagi pembeli dari bisnis utama.  Yang sering Anda lihat seperti penawaran CD Lagu oleh Fast Food Company.  Host bersedia melakukannya karena sebagai apresiasi kepada pelanggan, tanpa biaya produksi, sedangkan bagi Rookie mendapatkan pelanggan baru.  Cara ini mungkin sering disebut dengan istilah Cross Selling atau Product Bundling.

Mengacu pada cara tersebut diatas, berikut ini dikutip dari entrepreneur.com, adalah langkah-langkah untuk mendapatkan Konsumen Baru sebagai bagian dari pengembangan bisnis Anda.

1.  Tentukan Sasaran Konsumen Anda

Membuat profil rinci target pelanggan Anda.  Semakin tersegmen Anda dalam mengidentifikasi, semakin potensial bisnis Host yang akan Anda sasar.  Mulailah dengan segmen konsumen terbatas pada salah satu jenis Bisnis yang mempunyai segmen konsumen serupa.  Misalkan Anda akan menyasar pada konsumen wanita usia 35 tahun keatas dengan aktivitas sosial tinggi.

2.  Identifikasi Bisnis Lokal yang Potensial

Banyak jenis perusahaan lokal yang dapat Anda pilih sebagai partner.  Namun perlu diingat, bahwa Anda adalah “penebeng” maka jangan sampai memposisikan diri sebagai pemain utama, Anda adalah pemain pendamping yang akan memberikan manfaat lebih bagi Bisnis Tuan Rumah, bukan menggantikan produk dan jasa mereka.  Misalkan sebuah Toko Cerutu sebagai sasaran Bisnis Lokal, maka produk pendamping yang bisa ditawarkan adalah Sepatu Kulit, atau Pakaian Pria dan lainnya.

3.  Kembangkan Penawaran yang Prospektif bagi Konsumen

Misalkan Anda memberikan diskon besar atau bahkan gratis adalah salah satu menangkap konsumen potensial.  Ingatlah bahwa Anda tengah mencari konsumen baru, maka berikan sesuatu yang Bisnis Host tidak mempunyainya namun konsumen akan menerimanya.  Misalkan sebuah Salon Kecantikan (Bisnis Host) memberikan tawaran gratis untuk Pembersih Perhiasan oleh Toko Perhiasan (Bisnis Anda).

4.  Perencanaan bagi Keuntungan Bisnis Host

Tekankan kepada Bisnis Host Anda bahwa ini adalah cara untuk menghargai pelanggan mereka tanpa beban biaya dan hampir tidak ada usaha.  Ini juga merupakan cara untuk menjangkau pelanggan mereka tanpa membuat penjualan baru secara terang-terangan.

5.  Siapkan Surat Penawaran bagi Calon Konsumen dari Bisnis Host

Menyediakan draft Surat Penawaran yang dapat dikirimkan kepada pelanggan Host sebagai bagian dari gerakan cepat rencana Anda.  Hal ini juga akan menunjukkan kepada Host betapa mudahnya bagi mereka untuk berpartisipasi.

Beberapa bisnis akan memasukkan surat penawaran ke faktur bulanan mereka atau newsletter tanpa biaya bagi Anda. Namun ada pula yang mengharuskan Anda membayar untuk surat terpisah.  Ini adalah harga kecil untuk mendapatkan akses ke Basis Pelanggan Bisnis Tuan Rumah.

6.  Kembangkan Strategi bagi Konsumen yang tertarik untuk menjadi Repeat Customer

Setelah Anda mendapatkan respon dari Pelanggan Bisnis Host, dan terjadi konversi penjualan karena program tersebut, maka selanjutnya siapkan Strategi Bisnis Anda untuk melakukan Repeat Order.  Strategi ini adalah untuk Jangka Panjang bisnis Anda terlebih bagi StartUp Bisnis yang membutuhkan basis pelanggan yang solid.

Dengan bermain bersama para Pebisnis Lokal yang sudah mapan, dengan basis Pelanggan mereka yang cukup Solid, dapat menjadi sebuah Cara Cepat Mendapatkan Konsumen Baru bagi Bisnis Anda.  Ini adalah cara cerdas dalam melakukan pengembangan bisnis baik bisnis baru ataupun bisnis yan sudah mapan.

Leave a Reply