Pentingnya Berjiwa Besar sebagai Modal Sukses Anda

percaya diri adalah jiwa besarDefinisi sukses tentu berbeda satu dan lainnya, ada yang menganggap materi sebagai satuan kesuksesan, ada pula yang menjadikan profesi sebagai sukses mereka.  Sukses yang umum adalah mendapatkan sesuatu yang Anda inginkan, baik secara individual ataupun otentik.  Berkaca dari sukses banyak orang besar dunia, berikut tip yang dapat menjadi pelajaran Anda mencapai kesuksesan, apapun bentuk dan definisinya menurut Anda. 

1. Berpikir “above the line”

Anda tidak pernah mundur dengan keadaan yang tengah dihadapi, namun selalu mencari akar permasalahannya dan mencari tahu solusi.  Jangan pernah melihat dunia dengan batasan tertentu, sehingga pasrah dan menyerah dengan kondisi.  Anda bertanggung jawab terhadap pilihan kehidupan, termasuk pula di dalamnya masalah, tantangan, ujian dan kesukaran lain yang timbul.

2. Memasang Target dan Beraksi

Jangan hanya bermimpi dan melamun tanpa melakukan apapun.  Sukses adalah hasil dari aksi nyata  yang Anda lakukan.  Kesulitan dan Cobaan yang timbul adalah bagian dari perjalanan sukses Anda meraih impian.  Anda berkeinginan mempunyai sebuah rumah dengan taman dan kolam didepannya, namun tidak pernah berusaha membeli perlengkapan dan alat-alat pertamanan.  Sukses adalah mimpi yang dilakoni dengan tindakan nyata, bukan lamunan dan mimpi menjelang tidur. 

3. Berani Bicara dan Membela Diri

Mengalah bukan berarti selalu kalah, karena adakalanya juga Anda harus mengambil langkah mundur untuk sebuah keberhasilan.  Akan tetapi jika Anda selalu mengalah dan tidak pernah berani mengungkapkan perasaan maka itu tanda Anda belum siap untuk sukses.  Sukses tidak jauh dari kekuasaan yang dimiliki.  Kemampuan negosiasi, komunikasi dan ekspresi kepada orang lain menjadi tanda sebuah proses kesuksesan yang Anda bangun.  Membela yang benar meski ada potensi kehilangan pamor dan posisi menjadi ciri lainnya bahwa Anda layak sebagai pribadi sukses.  Orang sukses akan berkontribusi dengan caranya sendiri pada waktu yang tepat. Anda pun tidak akan menghindar dari masalah. 

4.  Investasi pada kepentingan Diri Sendiri

Beberapa hal yang tercermin dari orang-orang yang kurang sukses adalah mereka ragu untuk berinvestasi untuk dirinya. Investasi tersebut bisa berupa waktu, uang atau pun energi untuk mengembangkan diri sendiri. Orang-orang seperti itu akan merasa cukup nyaman ketika menempatkan kepentingan orang banyak di atas kepentingan pribadi hingga lupa bahwa ia juga butuh waktu untuk dirinya sendiri. Ketika mereka menjadi kurang berhasil secara individu, mereka akan mengklaim bahwa mereka cukup berbuat layak dengan melakukan banyak hal untuk orang lain. 

5. Menerima Perubahan

Orang yang sukses tidak akan tinggal diam, tenggelam dalam gelombang perubahan. Anda akan bergerak bersama aliran perubahan tersebut. Anda akan mengikuti tren, dan menyambutnya. Anda cukup fleksibel dan gesit. Sedangkan orang tidak akan berkembang apabila ia hanya larut dengan ekspektasi masa lampau yang tidak terpenuhi dan terus-menerus mengeluh. 

6. Menghargai Kepentingan Pribadi

Orang sukses tahu apa yang penting untuk dirinya sendiri, prioritas, nilai-nilai dan misi hidupnya. Dengan kata lain, ia tahu prioritasnya dan tidak akan menunda melakukannya untuk hal-hal lain yang bukan prioritas. Mereka adalah nahkoda dari perahu kehidupan yang mereka bawa berlayar, mereka tahu persis ke mana arahnya, kapan mulai berjalan maupun berhenti. 

7. Percaya dengan Kemampuan Sendiri

Mereka yang ragu dengan kapasitas diri sendiri, tentu akan sangat jauh dari cita-cita sukses mereka sendiri. Sebagai orang sukses Anda harus percaya bisa sukses. Tentunya Anda tetap mempunyai gap kompetensi, namun Anda bisa menerima hal tersebut, kemudian memaafkan kekurangan dan menerima diri sendiri. Anda hidup dengan optmisme dan tahu bagaimana cara belajar dari kesalahan. 

8. Memberikan Jawaban dan Janji

Sukses Anda berarti keyakinan bahwa apa yang Anda janjikan akan terlaksana.  Orang sukses tidak memberikan dan menginginkan jawaban yang cuma-Cuma atau mudah.  Orang sukses berani memberikan janji meski dengan waktu dan sumber daya terbatas. Professional sukses memiliki sesuatu yang bernilai untuk ditawarkan kepada orang lain pada situasi apapun. Sukses adalah menghargai orang lain, penuh akal dan keingintahuan, serta bahagia tanpa harus mencari tahu cara orang lain.

Leave a Reply