Cara Anda Mengatasi Bully di Tempat Kerja, Jangan Mudah menjadi Target Bully

Cara Anda Mengatasi Bully di Tempat Kerja, Jangan Mudah menjadi Target Bully
Cara Anda Mengatasi Bully di Tempat Kerja, Jangan Mudah menjadi Target Bully

Mungkin bukan jamannya saat ini kegiatan yang namanya BULLY masih merajalela dalam pekerjaan Anda.  Namun jangan pula menganggap enteng permasalahan ini, karena banyak metode dan modus Bully yang terselubung dan mungkin Anda tidak ketahui.  Semisal rekan kerja senior sering meminta Anda, meski dengan cara yang sopan dan santun, namun jika keseringan, maka itu pertanda Anda tengah di ”KERJAI” atau di BULLY.  Cara Anda Mengatasi Bully di Tempat Kerja, adalah Jangan Mudah menjadi Target Bully.  Itulah Rumus Dasarnya.  Bully sendiri pengertiannya bukan saja MEMPERMALUKAN atau MENGERJAI, namun juga bisa berupa Gangguan, Gertakan, Mengutak-atik dan lainnya bahkan sampai tindakan Intimidasi.  Perilaku yang membuat Anda tidak nyaman dan berpotensi merusak kinerja dapat disebut sebagai BULLY.

Anda tidak Sendiri, Perilaku Bully ada pada semua Lingkungan Kerja

Penelitian di Amerika sendiri yang dilakukan The Zogby Study, menyatakan bahwa pada tahun 2010 terdapat data tindakan-tindakan BULLY yakni

  • 50% orang tidak pernah mengalami Bullying (Intimidasi) atau melihatnya, 35% mengalami Intimidasi dan 15% Menyaksikannya.
  • 72% Atasan mengaku pernah melakukan Intimidasi (Bullying)
  • 62% Pria adalah Pengganggu dan Wanita sebagai target mereka yakni 58%, sedangkan Wanita Pengganggu menjadikan wanita lain sebagai target mereka dikisaran 80%.
  • 81% Pemberi Kerja tidak melakukan apapun terhadap tindakan Bullying.
  • 45% Orang mengalami gangguan kesehatan seperti Stress, Cemas, Panik karena tindakan Bullying (Intimidasi).

Bagaimana Mengatasi Intimidasi (Bullying) ditempat Kerja

#Batasi Toleransi Anda terhadap Tindakan yang diterima

Ada batasan tentunya mana permintaan yang pantas Anda layani mana pula yang hanya ingin mempermainkan diri sendiri.  Yakinkan diri Anda bahwa tindakan tersebut masih dalam kewajaran dan sesuai etika kerja yang berlaku.  Anda perlu batasi toleransi perilaku yang maih bisa diterima, sehingga Anda tidak menjadi target bulan-bulanan atau intimidasi pada akhirnya.

#Lakukan Konfrontasi terhadap Perilaku Pengganggu

Jika memang tindakan tersebut sudah melampaui batasan, maka lakukan perlawanan dengan alasan yang kuat tentunya.  Seorang pengganggu akan merasa tertekan dan terpojokan pula jika mereka dilawan kembali.

#Dokumentasikan Aktivitas Bully

Siapkan perangkat audio dan video Anda jika terjadi kegiatan bullying atau intimidasi yang sudah berlebihan.  Dokumen ini menjadi bukti otentik yang diperlukan untuk mengungkap kebenaran terjadinya intimidasi tidak wajar oleh seseorang.

#Rekan Kerjapun perlu Diperingatkan

Rekan kerja Anda dapat pula menjadi sasaran intimidasi, maka berikan mereka peringatan untuk selalu siap dan waspada dengan kemungkinan yang terjadi.  Mereka perlu diajarkan pula untuk mempersiapkan diri untuk melawan jika perlu dan mendokumentasikan perilaku intimidasi.

#Informasikan kepada Manajemen dan Departemen HR

Yang terpenting agar perilaku bully tidak merajalela, segera berikan informasi kepada manajemen dan departemen SDM khususnya agar diselesaikan lebih lanjut.

Dunia kerja adalah tempat kedua setelah rumah Anda, sehingga perlu diciptakan dan dibangun menjadi sebuah lingkungan yang nyaman dan kondusif.  Cara Anda Mengatasi Bully di Tempat Kerja, pastinya Jangan Mudah menjadi Target Bully.  Anda akan bekerja dengan rekan-rekan secara profesional sesuai Job Descriotion dan Tanggung Jawab masing-masing.

Cara Anda Mengatasi Bully di Tempat Kerja
Cara Anda Mengatasi Bully di Tempat Kerja

Source : http://humanresources.about.com/od/difficultpeople/qt/work_bully.htm

Leave a Reply