Buat Apa menjadi Pemimpin?

Ketika menjadi Pemimpin tidak mendatangkan Keuntungan niscaya tidak akan banyak orang yang berbondong-bondong ingin menjadi Pemimpin.  Pemimpin Perusahaan, Pemimpin Organisasi Sosial dan Masyarakat, Pemimpin Agama sekalipun tentu akan memperoleh Keuntungan.  Keuntungan Materiil maupun Keuntungan Imateriil, dimana yang utama adalah Kekuasaan dan Prestise (Nama Besar).  Pemimpin akan dikagumi banyak orang, memiliki posisi menguntungkan untuk membantu orang lain dan pada akhirnya Pemimpin akan senang dengan pekerjaannya.

Pemimpin Puncak Perusahaan Dunia akan memperoleh Gaji bahkan bisa mencapai 1000 kali dari Gaji Karyawannya, selain Penawaran Opsi Saham dan Pembagian Keuntungan Perusahaan.  Menjadi Pemimpin dapat pula sebagai Batu Loncatan untuk naik ke Jenjang yang Lebih Tinggi.  Pemimpin akan mendapat keuntungan berupa Informasi yang tidak didapatkan orang lain, mengontrol anggaran keuangan dan masih banyak lagi.

Tidak salah Anda menetapkan Diri menjadi Pemimpin, Kecil atau Besar, Faktor Kepemimpinan sangat berperan besar dalam Sukses Pribadi dan Organisasi Anda.  Maka tidak akan percuma Anda menjawab pertanyaan “Buat Apa menjadi Pemimpin?”.

Perbedaan Pemimpin dan Manajer
Pemimpin mungkin identik dengan Manajer, namun secara mendalam Anda perlu pemahaman yang berbeda antara Kepemimpinan dan Manajemen.  Manajemen secara garis besar adalah mencakup Merencanakan, Mengorganisasikan, Memimpin dan Mengontrol.  Seorang Manajer akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk Perencanaan, Pengorganisasian dan Pengendalian.  Sedangkan Kepemimpinan berusaha menciptakan Perubahan dan Perbedaaan, dimana Manajemen berfokus pada Keseimbangan dan Stabilitas.  Pemimpin Efektif akan menginspirasi orang lain bekerja keras sedangkan Manajer akan memastikan orang lain dibayar sesuai kerjanya.

  • Manajemen lebih Formal dan Ilmiah daripada Kepemimpinan, dan akan memanfaatkan Sumber Daya yang ada secara Efektif.
  • Manajemen menggunakan Alat dan Teknik yang Jelas berdasarkan Analisa dan Uji Coba sedangkan Kepemimpinan memiliki Alat yang Kurang Eksplisit.
  • Kepemimpinan memerlukan banyak orang yang Bekerja Sama dan Motivasi dalam Jaringan Kerja tersebut.
  • Pemimpin sering kali menunjukkan Semangat, Hasrat dan Inspirasi kepada orang lain mencapai Kinerja Maksimal.  Manajemen tidak banyak melibatkan Emosi dan lebih Konservtaif dalam Pencapaian Tujuan.
  • Pemimpin sering menggunakan Imajinasi dan Kreatifitas dalam sebuah Perubahan sedangkan Manajer akan memanfaatkan Cara Standar dan Mapan dalam penyelesaian Masalah.
  • Kontribusi seorang Pemimpin adalah Menciptakan Visi Organisasi dengan menspesifikasikan Tujuan yang Luas dan Strategi yang Hebat mencapai Impian.  Sedangkan Kontribusi seorang Manajer adalah Implementasi dari Visi tersebut.
  • Pemimpin juga menghabiskan waktunya untuk melakukan Kegiatan Produktif, seperti Mendengarkan Langsung Keluhan Konsumen, Melayani Kebutuhan Karyawan Lapangan, Mendengarkan Pendapat dan Bertukar Saran dengan Rekanan.

Jangan pernah meremehkan Aktivitas Manajemen hanya karena Anda menganggap Kepemimpinan sangat penting.  Kendati orang perlu diberi Inspirasi, Motivasi, dibujuk dan dipengaruhi namun pula mereka perlu dikelola dengan baik.  Kepemimpinan adalah Bagian Integral dari Manajemen, tetapi Kepemimpinan tidak dapat menggantikan Manajemen.  Anda butuh Pemimpin dan Manajer sekaligus.  Jika Anda ingin menjadi Pemimpin maka jangan pernah sia-siakan waktu Anda.  Hari ini Kepemimpinan berarti memberikan Ide Cemerlang dan esok mungkin berarti memberikan Senyum dan Jabat Hangat pada Tim Anda.  Kegiatan Kepemimpinan akan melibatkan beragam aktivitas untuk mencapai Tujuan dan menciptakan Terobosan.  Apakah Anda masih bertanya Buat Apa menjadi Pemimpin?.

Leave a Reply