Siapkan Diri Anda menjadi Bintang Bersinar dalam Profesi, berikut langkah-langkahnya

Sebelumnya Anda telah diajak untuk mempelajari Langkah Awal menjadi Bintang dalam Profesi Anda, yakni dengan mencoba menerapkan langkah berikut:

  • Mempunyai Standar Kerja yang Tinggi, jauh berbeda dengan Kebanyakan orang dalam Organisasi Anda.
  • Mencerminkan Sikap dan Perilaku yang Selaras dengan Budaya dan Nilai-nilai Perusahaan, sehingga dapat terlaksana Simultan dalam keseharian.
  • Pandai Beradaptasi dan Mengatur Frekuensi Kerja yang Tepat, tidak tergesa-gesa dan tidak panik dalam Situasi apapun.
  • Tidak melakukan Komplain di muka Forum dan Orang banyak, karena Anda sanggung menyampaikannya secara Personal.
  • Bekerja demi Keberhasilan semua pihak dalam Tim Anda.  Tidak mendahulukan Diri Sendiri daripada Kesuksesan Organisasi.

Selanjutnya Anda perlu menambah beberapa Perilaku dan Sikap berikut ini sehingga Bintang Anda akan makin bersinar dalam Lingkungan Departemen atau Organisasi Korporasi.

1.  Mengetahui Bagaimana Harus Memberi dan Menerima Hadiah.

Pengertian Memberi dan Menerima adalah bentuk Sikap Pengertian dalam Menghargai Hasil Kerja Orang lain dengan sekedar Mengucapkan Kata Terima Kasih atau sekedar Memo berisi Penghargaan akan Prestasi yang telah dicapai Rekan atau Tim Anda, pun sebaliknya ketika Atasan Anda memberi Hadiah atas Keberhasilan, dengan Sikap Rendah Hati mampu Menerimanya tanpa Rasa Bangga Berlebihan atau Over Confident.

jokes sense2.  Sikap untuk Mampu Mengatasi Kritik.

Tidak setiap Orang mampu san sanggup menerima dan menghadapi Kritik atas Hasil Kerja mereka.  Bahkan banyak orang merasakan Tamparan ketika mendapat Kritik.  Sebagai Karyawan yang mementingkan Pengembangan Diri dan Karir serta mengedepankan Keberhasilan Tim, Kritik dan Masukan bukan lah sebuah Nilai Buruk dalam Performa berikutnya.  Kritikan justru menjadi Umpan Balik Positif demi Sukses berikutnya.  Kritik dalam Profesi Anda adalah sebuah Introspeksi Diri untuk terus Belajar dan Berkembang.

3.  Memiliki Selera Humor.

Tekanan dan Stress dalam Bekerja tentu sangat mengganggu Emosi Anda, dan mungkin tanpa sadar Anda telah Berlaku Reaktif dalam Pekerjaan.  Dengan sedikit Rasa Humor dan Guyonan Ringan, Stress dan Tekanan Kerja dapat direduksi lebih Mudah.  Bangkitkan Selera Humor Anda dalam menghadapi Tekanan Kerja.  Namun jangan menjadi Humor Berlebihan pada saat Anda tengah menjalani Evaluasi dan Review Kinerja.

9.  Seorang Problem Solver.

Seorang Bintang selalu mempunyai Inisiatif dalam memberikan Solusi Tepat Guna.  Sikap dan Perilaku Pantang Menyerah dalam Memecahkan masalah Organisasi merupakan ciri seorang Karyawan Bintang.  Latihlah Diri Anda untuk mampu berpikir Kreatif dan Inovatif dalam Problem Solving.  Seorang Bintang selalu muncul bak penyelamat didetik-detik akhir.  Namun Anda tidak perlu menunggu saat-saat Genting ketika Persoalan Penting harus segera diselesaikan.  Jadilah seorang Problem Solver maka Anda telah menjadikan Bintang Anda makin Bersinar.

10. Dapat dipercaya.

Integritas adalah Nilai Utama Keberhasilan, dimanapun dan kapanpun Anda berada.  Bintang adalah Panutan dan Sorotan, Bintang adalah Pemberi Cahaya dalam Kebimbangan Tim.  Bintang tidak pernah menyebar isu dan gosip, terlebih privasi perusahaan.  Sikap dan Hati yang Jujur dan Dapat Dipercaya menjadikan Anda seorang Bintang yang Bersinar.

Manjadi Bintang tidak cukup jika Anda tidak mampu Bersinar, karena Bintang yang Redup bak Mutiara didalam Lumpur.  Bangkitkan Semangat Anda menjadi Bintang Bersinar dalam Profesi, demi Sukses Diri dan Karir.

ikhtisar.com

Leave a Reply