Beginilah Cara Anda Berbicara tentang Gaji untuk Pengembangan Karir

bicara gajiSiapakah yang tidak menginginkan penghasilan atau gaji yang tinggi dan sangat memadai dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan Anda.  Dengan rata-rata angka inflasi yang cukup tinggi, mengakibatkan banyak produk sektor ekonomi membumbung tinggi harganya.  Sembako dan lainnya makin berpacu dengan kenaikan gaji Anda.  Pada akhirnya akan terjadi perlombaan yang tidak ada ujungnya.  Keinginan sudah menjelma menjadi kebutuhan, dan nilai kebutuhan membentuk kelompok tertentu dari kasta pekerja profesional yang ada saat ini.  Kembali pada nilai gaji yang Anda inginkan, dan terkait dengan pengembangan karir profesional Anda, maka berikut beberapa taktik yang dikutip dari jobstreet.com tentang negosiasi gaji.

1. Ikuti trend gaji dunia kerja.

Sebagian kandidat jika Anda tidak mengetahui standar gaji terupdate pada saat negosiasi gaji akan berakhir kekecewaan setelah mengetahui standar gaji yang ada. Coba lakukan riset dan Tanyakan kepada rekan – rekan Anda perihal standar gaji untuk posisi dan industri suatu perusahaan.

2.  Ketahui Nilai Anda.

Jangan pernah berharap perusahaan akan menawarkan gaji yang besar kepada Anda, tentu saja mereka akan menawarkan gaji dibawah rata-rata terlebih dahulu. Ketahui seberapa besar kemampuan, bakat, dan pengetahuan Anda dan sampaikan hal ini kepada pihak perusahaan bahwa kemampuan Anda dapat membawa keuntungan untuk perusahaan.

3.  Jangan informasikan gaji Anda.

Jangan beritahu berapa besar gaji Anda sebelumnya karena dapat mengurangi kekuatan nilai tawar. Katakan kepada pihak perusahaan bahwa Anda bersedia untuk melakukan negosiasi gaji jika memang pihak perusahan bersedia menerima Anda.

4.  Hindari menyebut Angka pasti.

Jika pihak perusahaan menanyakan berapa besar gaji yang Anda harapkan maka hendaknya tidak menyebutkan nominal tertentu. Jika Anda menyebutkan nominal dibawah standar minimum gaji mereka maka Anda akan mendapatkan gaji rata-rata terendah dan jika Anda menyebutkan nominal terlalu tinggi maka Anda akan dianggap tidak sesuai dengan standar perusahaan. Berikan rata-rata gaji yang Anda inginkan kepada pihak perusahaan sebagai maneuver.

5.  Jangan terburu-buru.

Mendapatkan tawaran tertentu? Jangan terburu-buru menerima jika tawaran tersebut hanya melalui telepon. Penawaran melalui telepon tidak sepasti penawaran secara langsung. Jika Anda mendapatkan sebuah penawaran pastikan penawaran tersebut menjadi nyata dengan mengatur jadwal pertemuan dengan perusahaan tersebut.

6.  Cari Alternatif lain.

Jika pihak perusahaan sudah menentukan suatu penawaran akhir, coba tanyakan apakah mereka dapat memberikan kelebihan dalam bentuk bukan uang. Jika mereka bersedia , cari tahukemungkinan untuk mendapatkan tunjangan lebih, bonus, kenaikan jabatan, saham atau kenaikan gaji secara tertulis.

Apapun hasil negosiasi Anda, ingat pelajaran yang Anda dapatkan. Siapa tahu Anda dapat menggunakannya pada kesempatan yang lain.

Leave a Reply