5 Tips Jika Ingin Berkarir Menjadi Arsitek Hebat

5 Tips Jika Ingin Berkarir Menjadi Arsitek Hebat
5 Tips Jika Ingin Berkarir Menjadi Arsitek Hebat

Untuk menjadi seorang arsitek tidaklah mudah. Seorang arsitek membutuhkan KETRAMPILAN khusus untuk sukes. Berikut tip jika ingin berkarir menjadi arsitek. Arsitek akan melakukan pekerjaannya seperti MEMBUAT atau MERANCANG berbagai bangunan.  Bangunan rumah mewah, apartemen, dan gedung pencakar langit yang banyak ditemukan di kota besar.

Beberapa kemampuan yang harus dimiliki seorang arsitek di antaranya yaitu kemampuan MENGGAMBAR dan kemampuan MATEMATIS. Tidak hanya itu, seorang arsitek juga perlu memiliki KREATIVITAS dan DEDIKASI yang tinggi terkait dengan pekerjaannya.  Pekerja arsitek tidak bisa hanya sementara, butuh WAKTU dan KONSISTENSI, sebelum nama Anda terkenal.

Menurut arsitek dari Arya Cipta Graha yaitu Cosmas Gozali, agar bisa menjadi seorang arsitek yang hebat, ada baiknya untuk mengerti karakter manusia serta memahami bagaimana FILOSOFI dan SEJARAH. Cosmas Gozali memiliki beberapa cara atau tips bagi yang ingin berkarir menjadi arsitek dan menjadi arsitek yang hebat. Simak 5 tipsnya berikut ini.

(1) GO LOCAL

Cara pertama menjadi arsitek yang harus diketahui adalah go local. Para arsitek sebaiknya MENGANGKAT dan MENGGALI budaya-budaya lokal masyarakat dalam rancangan desain mereka. Dengan begitu karakteristik masyarakat yang ada di daerah-daerah tertentu akan lebih dikenal oleh banyak orang.

Selain itu, para arsitek pun dapat mengenali ide-ide baru yang diterapkan pada berbagai rancangan desain LOKAL. Bermain LOKAL merupakan langkah STRATEGIS dalam proses PERSONAL BRANDING Anda kelak.  Arsitek baru tidak serta merta akan dikenal banyak investor besar.  Anda perlu Start Small dan lanjutkan dengan konsisten agar bisa Finish Big.  Ini konsep pertama berkarir menjadi arsitek, mulai dari lokasi lokal dan segmen terbatas, dan kembangkan jadi besar dan ternama.

Mengembangkan kemampuan arsitektur Anda dengan pedoman budaya lokal akan memudahkan Anda diterima, dibandingkan langsung Go Nasional atau Go International.  Mulai dari penggarapan rumah ukuran beberapa puluh meter persegi.  Berlanjut ke rumah mewah, hingga ruko dan apartemen.

(2) Mengetahui KONTEN

Tips kedua cara menjadi arsitek adalah mengetahui konten. Cosmas Gozali mengungkapkan bahwa seorang arsitek harus mengenal dan mengetahui konten yang diperlukan. Konten-konten yang harus diketahui yaitu mulai dari INOVASI, Basic Knowledge, Technical Knowledge, Regulation hingga Management Contract.

Setiap daerah punya KARAKTERISTIK masing-masing, baik orang-orangnya ataupun regulasi pemerintahnya. Semakin paham Anda apa saja syarat prasyarat dalam pengembangan bangunan dan perangkatnya, akan semakin mudah pula Anda berkarya dan dikenal luas.

Arsitek mahir bukan hanya paham menggambar, namun paham pula seluk beluk bisnisnya.  Terutama adalah regulasi dan proses terkait dengan pengembangan lahan dan bangunan.  Tidak ada salahnya Anda berGAUL dengan pihak pemerintahan atau REGULATOR, sebagai jaringan kerja yang berdayaguna.

(3) Mahir PRESENTASI

Karir menjadi arsitek, juga dituntut mampu menyampaikan IDE dan KREASI Anda.  Jangan sampai calon klien hanya disuruh baca SLIDE atau BROSUR yang Anda buat.  Komunikasi sangat penting dalam pengembangan SKILL and KNOWLEDGE Anda sebagai arsitek.

Tips ketiga dalam menyampaikan presentasi cukup krusial. Ini bisa dikatakan begitu PENTING sebab terdapat kaitan langsung dengan klien. Seorang arsitek harus bisa mempresentasikan hasil karyanya dengan sebaik mungkin.

Klien akan merasa SENANG dan PUAS dengan penyampaian presentasi yang bagus. Hal itulah yang dapat meyakinkan klien dan memberikan pemahaman kepada mereka.  Klien akan mengerti mengenai apa yang akan dikerjakan oleh sang arsitek. Agar mahir dalam presentasi, Anda harus kuasai hal-hal tersebut diatas.  Pahami budaya lokal setempat, dan kuasai produk dan proses yang akan disampaikan.

(4) Menjaga RELASI

Selanjutnya adalah menjaga relasi atau hubungan yang baik. Menjaga relasi atau hubungan baik dengan siapa saja merupakan hal yang sangat penting bagi seorang arsitek.  Tujuannya tidak hanya saat ini, namun agar kelak bisa berdayaguna kembali.

Relasi dapat siapa saja, karena seorang arsitek hebat lebih punya NILAI JUAL karena faktor RELASI dan KONEKSI kerja, dibandingkan branding melalui media marketing communication.  Jika ingin berkarir menjadi arsitek, sewajarnya Anda kenal kontraktor bangunan besar setempat, atau distributor bahan bangunan yang berkualitas.  Relasi yang terkait dengan pekerjaan arsitek Anda harus dibangun dan dibina sejak dini.

Ketika Anda sukses bermain dalam scoop kota lokal, dan ingin berkembang menjadi regional, maka intensitas dengan relasi menjadi sangat KRUSIAL.  Investor akan mencari tahu kredibilitas Anda, mulai dari kontraktor besar, atau distributor utama, hingga klien Anda sebelumnya.

(5) Tampil UNIK

Tips terakhir menjadi arsitek hebat yaitu tampil unik. Tampil unik artinya seorang arsitek menampilkan keunikannya yang ditunjukkan melalui packaging.  Terkadang keunikan yang dibuat khusus bagi para kliennya agar mereka puas dengan hasil kerja Anda.

Uniqueness ibarat sebuah karya special edition dengan jumlah terbatas. Tampil unik dalam arsitektur sama halnya dengan keunikan dalam gaun rancangan seorang designer, diproduksi TERBATAS dan untuk SEGMEN tertentu pula.

Bagaimana Anda bisa tampil unik, tentu dimulai dengan permainan lokal tadi.  Anda bisa kembangkan ide-ide melalui desain bangunan lama.  Unik tidak berarti BARU dan belum pernah ada, namun bisa juga MODIFIKASI yang jarang ada.

Berkarir menjadi arsitek tentu menyenangkan, jika Anda bisa mengakomodir keinginan klien.  Mulailah dengan BUDAYA LOKAL, dan kembangkan kreasi Anda menjadi KEUNIKAN khusus.  Bagi Anda yang berprofesi sebagai arsitek atau berkeinginan menjadi seorang arsitek sangat disarankan untuk mengetahui dan memperhatikan dengan baik tips tersebut. Tips-tips tersebut bisa membantu seorang arsitek untuk mengembangkan karirnya.

One thought on “5 Tips Jika Ingin Berkarir Menjadi Arsitek Hebat

  1. Gaya Minimalis February 21, 2017 at 4:13 AM

    Baik terimakasih Atas Postingannya Salam Sukses deh Keren Ni

Leave a Reply