Inilah Cara Anda agar Berhasil dalam Negosiasi Gaji

berhasil negosiasi gajiBanyak kandidat yang selalu senang dan bergairah jika mendapatkan tawaran pekerjaan, namun sedikit pemberi kerja yang senang pada negosiasi gaji.  Sudah umum bahwa pemberi kerja akan mencari kualitas baik dengan harga murah, dan berlaku sebaliknya bagi pencari kerja, yakni mendapatkan gaji tinggi dengan pekerjaan ringan. Sungguh dilema ternyata.  Dalam hal ini Anda perlu tahu bagaimana mendapatkan gaji yang optimal sesuai dengan posisi yang ditawarkan, tidak terlalu tinggi namun tidak juga terlalu rendah.  Berikut ini cara efektif dan sederhana bagi Anda untuk berhasil dalam negosiasi gaji. 

1.  Persiapkan Angka Anda.

Adakalanya Anda akan mendapatkan penawaran awal melalui telepon, sehingga akan menjadi sebuah kejutan pada saat hal tersebut terjadi.  Anda perlu persiapkan berapa nilai gaji yang pantas dan berapa nilai yang Anda harapkan.  Tetapkan angka kisaran Anda, sehingga ketika telepon berdering dan bertanya ekspektasi Anda, maka tidak ada kata ragu Anda untuk menjawabnya. 

2.  Angka Anda mengacu pada Nilai Pasar.

Anda tetap harus jujur dengan penghasilan saat ini, namun jangan dijadikan sebagai dasar angka negosiasi.  Anda perlu menolak untuk berdiskusi mengenai gaji Anda sebelumnya untuk posisi yang ditawarkan.  Jika pemberi kerja masih bertahan ingin tahu, Anda cukup berujar bahwa Anda bekerja saat ini dengan gaji lebih rendah karena alasan tertentu yang terkait dengan visi misi Anda.  Fokuslah pada apa yang Anda inginkan dan barometernya adalah nilai pasar untuk posisi Anda. 

3.  Jujur dengan Gaji Anda sebelumnya.

Anda mungkin akan menyebutkan angka yang Anda terima lebih tinggi daripada sesungguhnya, dengan tujuan pemberi kerja akan menawar lebih tinggi.  Namun hal ini akan menjadi bumerang ketika mereka melakukan verifikasi kepada perusahaan Anda.  Jujurlah dengan pendapatan Anda, dan negosiasikan nilai Anda sesuai harapan dan keinginan. 

4.  Verifikasi dan Validasi Nilai Pasar.

Terkadang hasil survey tidak selalu benar apa adanya.  Anda perlu memastikan dan memverifikasi nilai sesungguhnya dengan bertanya kepada pihak yang dapat dipercaya.  Asosiasi pekerja profesional dapat menggambarkan nilai gaji sebenarnya di pasar.  Anda pun dapat memperjelas kisaran gaji yang diinginkan dengan posisi yang ditawarkan. 

5.  Hindari Skala Gaji yang Anda inginkan.

Anda tidak boleh kecewa jika penawaran kerja akan mengacu pada skala terendah yang Anda tawarkan.  Jika demikian adanya maka hindari untuk memberikan skala nilai tawar Anda.  Tetapkan Angka sesuai dengan keinginan Anda.  Pemberi kerja akan fokus pada nilai terbawah yang Anda tawarkan, sebagaimana Anda fokus pada nilai tertinggi yang Anda inginkan. 

6.  Serius dengan Penawaran.

Setiap penawaran gaji jangan Anda jadikan sebuah permainan, karena pemberi kerja melihat Anda tidak serius dengan penawaran.  Pemberi kerja akan mencari kandidat lain jika Anda menolak menyebutkan ekspektasi yang diinginkan, karena mereka tengah mencari orang yang serius dengan pekerjaan ini dan mau membuka perbicangan mengenai negosiasi gaji. 

7.  Yakin dengan tawaran Negosiasi Anda.

Anda tidak perlu khawatir jika memberikan skala penawaran maka pemberi kerja akan menarik penawarannya.  Selama Anda menunjukkan kompetensi dan profesionalitas dalam pekerjaan sebelum dan pekerjaan yang ditawarkan, maka mereka tidak akan menarik penawarannya.  Mungkin juga penarikan penawaran terjadi karena Anda mempunyai kualitas jauh diatas kebutuhan mereka. 

8.  Pertimbangkan Kompensasi lainnya.

Terkadang gaji menjadi ukuran utama Anda, namun pemberi kerja banyak juga yang memberikan penawaran dalam bentuk lain.  Jangan kesampingkan penawaran lainnya, seperti kesehatan, tunjangan pensiun, pajak dan lainnya.  Kompensasi dan Benefit adalah ukuran sebenarnya bagi Anda dalam mencari pekerjaan baru. 

Negosiasi gaji adalah momen yang tepat bagi Anda menunjukkan performa kerja sebelumnya dan kualitas Anda untuk menduduki posisi yang ditawarkan.  Negosiasi gaji adalah sebuah komunikasi yang terbuka dan jujur, namun Anda dapat berpijak pada keinginan dan harapan Anda akan sebuah nilai gaji.  Mencari gaji yang lebih tinggi merupakan cara Anda untuk berkembang dalam karir.

Leave a Reply