Berbagai Macam Gaya dan Tipe Cara Belajar bagi Pengembangan Diri

Berbagai Macam Gaya dan Tipe Cara Belajar bagi Pengembangan Diri
Berbagai Macam Gaya dan Tipe Cara Belajar bagi Pengembangan Diri

Pengembangan diri dilakukan untuk membuat Anda tetap nyaman terhadap perubahan.  Proses belajar adalah cara untuk memudahkan Anda beradaptasi terhadap adanya perubahan tersebut.  Perubahan tidak mungkin dihindari, maka dari itulah yang harus Anda lakukan adalah selalu belajar mengembangkan diri, menjadi lebih paham, lebih berwawasan, dan lebih siap dengan berbagai kondisi.

Pengembangan diri selalu dilakukan dengan cara belajar, belajar sesuatu yang baru ataupun mengulang pelajaran yang pernah ada, atau disebut berlatih kembali.  Semakin Anda sering berlatih (baca:belajar) maka akan semakin mudah Anda berhadapan dengan bermacam perubahan lingkungan.  Demi tetap berada dalam koridor pengembangan diri yang solid, Anda perlu paham berbagai macam gaya dan tipe cara belajar.  Cara belajar ini adalah panduan bagi Anda untuk pengembangan diri sendiri atau petunjuk jika Anda mempunyai anggota tim dalam pekerjaan, sehingga memudahkan bagi Anda membuat arahan kerja kepada anggota tim.  Teori yang dikembangkan oleh Howard Gardner, seorang Psychologist dari Harvard University, dikenal juga dengan sebutan Multiple Intelligences, sudah mulai dipergunakan sejak tahun 1983.

1.  Visual (Spatial)

Seseorang yang cenderung mempergunakan tampilan kasat mata, berupa gambar, lukisan, foto, warna dan lainnya untuk memudahkan penangkapan informasi oleh otak.  Orang Visual atau Spatial adalah orang yang menterjemahkan kata-kata melalui tampilan gambar atau karakter.  Alat bantu yang sering digunakan orang dengan tipe belajar Visual adalah :

  • Gambar
  • Layout, Kerangka Ruang
  • Warna
  • Mind Maps

2.  Solitary (Intrapersonal)

Tipe pribadi yang Solitary (Intrapersonal) merupakan individu yang senang menyendiri, bekerja sendiri dan belajar mandiri atau otodidak.  Mereka adalah tipe yang mempunyai keyakinan dan nilai terhadap hal-hal yang menjadi ketertarikannya. Jika Anda bertipe demikian maka yakinkan diri Anda apa yang tengah dipelajari dengan mempertegas atau menggarisbawahinya.  Anda mempunyai pengaruh cukup kuat dengan keyakinan diri sendiri untuk berhasil.

3.  Aural (Auditory-Musical)

Tipe pembelajar yang senang dengan musik, ritme, dan suara dalam belajar.  Tidak jarang Anda mungkin melihat seseorang yang sedang menggunakan head set saat membaca buku atau saat sedang menulis laporan.  Tipe seperti ini sering memakai alat bantu seperti tape recorder, untuk memudahkannya memvisualisasikan.

4.  Social (Interpersonal)

Tipe Ini adalah orang yang senang belajar berkelompok atau bersama-sama.  Tipe ini adalah kebalikan dari tipe intrapersonal, yang cenderung menyendiri.  Pola pembelajaran yang mereka senangi adalah bentuk Role Playing.  Jika Anda mempunyai kecenderungan seperti ini, maka bekerja dalam grup untuk belajar perilaku atau prosedur perlu sering dilakukan.  Dengan demikian akan mudah bagi Anda memahami berbagai variasi bentuk kerja yang ada.

5.  Verbal (Linguistic)

Model pembelajar Verbal (Linguistic) adalah orang yang senang dengan kata-kata atau tulisan.  Mereka akan menulis atau mengucapkan apa yang sedang dipelajarinya. Kemampuan berkata-kata atau menulis bermanfaat dalam negosiasi, penjualan dan lainnya.  Orang-orang Verbal senang tampak dramatis atau bombastik dalam komunikasi mereka, meski bukan sifat atau tingkah laku mereka.

6.  Physical (Kinesthetic)

Tipe Physical menggunakan anggota tubuh, seperti tangan, jari jemari, atau indera lainnya dalam belajar. Misalkan saat berlatih presentasi, maka tangan dan bahasa tubuh mereka akan sangat dinamis bergerak kesana kemari.

7.  Logical (Mathematical)

Cara belajar lainnya adalah Tipe Logical (Mathematical) yang lebih mengedepankan logika berpikir, alasan, sebab akibat dan sistem kerja baku.  Mereka akan menilai seseorang dari tindakan yang dilakukan dan alasan melakukannya.  Tipe ini sering menggunakan detil-detil poin yang harus dikerjakan.  Kemampuan dalam melihat proses berjalan membuat merek paham Gambaran Besar yang ada.

Pengembangan Diri adalah tanggung jawab Anda, yang selalu harus dilakukan setiap saat.  Dengan memahami berbagai macam gaya dan tipe belajar, Anda akan mudah memilih jenis hal-hal baru yang dipelajari.  Belajar adalah bagian dari pengembangan diri Anda, untuk sukses dalam kehidupan pribadi ataupun kehidupan sosial lainnya.

One thought on “Berbagai Macam Gaya dan Tipe Cara Belajar bagi Pengembangan Diri

  1. Momo April 20, 2016 at 2:24 PM

    terimakasih atas penjelasannya 🙂 saya jadi lebih mudah mengerti 🙂

Leave a Reply