Belajar Sendiri Menghadapi Assessment Promosi Jabatan

Belajar Sendiri Menghadapi Assessment Promosi Jabatan
Belajar Sendiri Menghadapi Assessment Promosi Jabatan

Ketika Anda memilih karir sebagai Karyawan tentunya Anda tidak ingin berhenti hanya pada Level dan Jabatan tertentu saja.  Anda tentu sangat berkeinginan dan umumnya semua orang juga berharap memiliki Karir Profesional yang Progressif dan Dinamis.  Progressif artinya menapaki Tahapan-tahapan Jabatan yang terus menerus naik serta Dinamis berarti selalu mendapatkan Wawasan dan Pengalaman baru setiap ada Tanggung Jawab atau Wewenang baru.  Menjawab tantangan karir kiranya Anda perlu Belajar Sendiri Menghadapi Assessment Promosi Jabatan, yang mungkin sewaktu-waktu akan menghampiri Anda.

Persiapan menghadapi Posisi Baru bukan hanya dilakukan ketika Anda sudah di undang ikut dalam Assessment atau tengah menjalani Proses Promosi Jabatan.  Anda perlu mempersiapkan diri setiap saat karena Assessment bukan hanya berguna bagi Program Promosi melainkan juga membantu Anda dalam membangun Karir melalui Proses Pembelajaran yang Berkelanjutan (Continuous Learning).

Belajar terus menerus adalah wajib bagi Anda yang berkarir sebagai Karyawan, karena selain kompetisi sesama karyawan, Anda juga akan berkompetisi dengan Orang lain dari Luar Perusahaan.  Persiapkan diri Anda sebaik mungkin menghadapi tidak hanya Kompetitor namun juga Proses Promosi itu sendiri.

Menghadapi program promosi, Anda dapat belajar mandiri atau mengikuti Program Pencarian Minat dan Bakat melalui Lembaga-lembaga Psikologi.  Namun umumnya dalam Proses Assessment cukup dipahami dan dipelajari beberapa hal berikut:

  • Tujuan dan Nilai Hidup (Values), Sesuatu yang Anda anggap Penting dan merupakan Bagian Utama yang harus didapatkan atau diperoleh dalam hidup, seperti Status Ekonomi, Otonomi (Wewenang), Pencapaian Materi, dan lainnya.  Value yang JELAS dan TEGAS akan membantu Anda memahami arahan pengambilan keputusan terkait Pengembangan Diri atau Karir.
  • Minat (Interest), Sesuatu yang Anda senang melakukannya dan memiliki kelebihan akan hal tersebut seperti Jalan-jalan, Kongkow, Membaca, Menulis, membuat Karya Tangan (Handcraft).  Minat dipadupadankan dengan Value akan membangun sebuah Path yang jelas berupa rencana-rencana matang.
  • Ketrampilan (Skills), Kemampuan Anda secara Teknis (Hard skills) atau Non Teknis (Soft skills) untuk memberikan Hasil Kinerja atau Performa yang baik sesuai standar atau komitmen.  Skills atau Ketrampilan dapat dipelajari, sehingga tidak ada yang perlu Anda khawatir jikalau menghadapi sebuah pekerjaan baru.
  • Pengalaman (Experiences), Hasil Kinerja yang relevan dibeberapa waktu lalu.  Tidak perlu rasanya Anda menonjolkan prestasi kerja keuangan sementara yang diperlukan adalah seorang analis pemasaran.
  • Kepribadian (Personality), merupakan Sifat dan Perilaku Anda dalam menjalani Tugas dan Fungsi atau Karir Pekerjaan.  Kepribadian ini menjadi landasan Anda untuk mampu atau tidak beradaptasi pada Lingkungan Baru.  Kepribadian menjurus dan sangat relevan dengan ketrampilan non teknis atau Soft Skills.

Beberapa Tips dan Trik menjalani Proses Assessment dalam promosi Jabatan Anda yakni:

  • Menghadapi Soal Pengetahuan Umum, maka lakukan pengisian sebanyak Anda bisa dan secepat mungkin karena keterbatasan waktu.  Penilaian yang diambil adalah Wawasan dan Pengetahuan Anda terhadap Lingkungan sekitar.
  • Menghadapi Soal Logika dan Ilmu Ruang juga lakukan sebanyak mungkin Anda bisa, jangan berlama-lama dalam satu soal.  Anda perlu juga menggunakan Insting atau Perasaan dalam memilih jawaban karena beberapa soal memiliki Pola yang berbeda.
  • Menghadapi soal-soal Kepemimpinan maka perlu Konsistensi menjawab soal, bukan mencari Pilihan Ideal.  Karena soal-soal ini sangat berhubungan dengan Pribadi Anda dalam menghadapi Kasus dan Lingkungan Kerja.  Tidak ada Benar Salah dalam soal ini, Anda hanya harus konsisten bukan ideal.
  • Menghadapi Soal Menggambar, Anda perlu lakukan latihan yang cukup di rumah sebelumnya, usahakan membuat gambar dengan sekali menggaris bukan Abstrak, karena yang dinilai juga sejauh mana Anda konsisten dengan Langkah Awal.
  • Menghadapi Soal Urutan Angka Berbaris yang utama adalah sejauh mana Anda mampu menjawab dengan benar, dan jumlah baris yang berhasil dijawab dari setiap kolom menunjukkan pola yang merata (stabil) dan jika mampu buatlah pola naik bertahap.  Jangan sampai terbentuk pola Naik Turun, karena mencerminkan emosi yang LABIL.

Self Assessment (Penilaian Diri Sendiri) akan membantu Anda menghadapi Jenjang Karir dengan lebih Siap dan Matang serta memudahkan User Anda melakukan Identifikasi yang sesuai dengan Jabatan atau Wewenang yang dicari.  Anda tidak perlu menjadi Orang Ideal, namun tempatkan diri Anda merupakan Orang yang paling Tepat dalam posisi tersebut.  Lakukan latihan berkala atau rutin untuk menjaga Performa Mental dan Jiwa Anda sedemikian Program Promosi yang memerlukan Assessment dapat terjadi sewaktu-waktu.

Inventarisasi Nilai dan Tujuan Hidup

Self Assessment meliputi beberapa hal yang terkait dengan diri pribadi Anda dan Anda perlu lakukan pula Inventarisasi, diantaranya Inventarisasi Nilai-nilai serta Tujuan Hidup Anda sehingga Proses Assessment akan memberikan Gambaran apakah Anda memiliki Kecocokan Pola dengan Jabatan yang dicari. Inventarisasi Nilai Hidup membantu Anda dalam menjawab beberapa pertanyaan berikut:

  • Apakah Gaji Tinggi penting bagi Anda?
  • Pentingkah bagi Anda berhubungan kepada orang lain dalam Bekerja?
  • Kontribusi bagi Lingkungan seperti apa yang penting Anda berikan ?
  • Apakah Status Jabatan Prestise penting bagi Anda?

Selain itu Anda perlu juga lakukan Inventarisasi Minat, Pengalaman, Ketrampilan dan Kepribadian Anda sehingga ketika berhadapan dengan Assessment Promosi Jabatan tidak lagi mencari-cari bentuk karena Anda adalah Unik dan Spesifik.  Jadilah Diri Sendiri dan jangan berusaha menjadi Orang lain.  Inilah pentingnya Belajar Sendiri Menghadapi Assessment Promosi Jabatan, karena Anda tidak pernah tahu kapan rejeki itu akan tiba.

Tipe Intelektualitas sebagai persiapan Assessment
Tipe Intelektualitas sebagai persiapan Assessment

One thought on “Belajar Sendiri Menghadapi Assessment Promosi Jabatan

  1. Tomas Miguel Dos Santos,SE March 19, 2014 at 9:40 AM

    Kepada Yth
    Bapak/Ibu Dosen
    di
    Tempat
    dengan hormat,
    bersama ini saya minta bantuan kepada bapak /ibu dosen untuk membantu kami yang bernah mengikuti tes assessment tapi hasil belum dapat ketahui oleh itu kami menyusulkan bapak /ibu dosen yang kami sudah bernah mengikuti assessment perlu di kasih sertifikat sebagai tanda bawah pernah mengikuti Assessment sehingga bisa dipromosi jabatan dan karer

Leave a Reply