Penting Memahami Beberapa Mitos tentang Karir Pilihan Anda

mitos dalam pemilihan karirAnda tidak perlu mendengarkan banyak orang mengenai Pilihan Karir Anda, karena semua yang akan melakukannya adalah Anda sendiri, dengan konsekuensi masa depan sebagai pertaruhannya.  Karir adalah jalan Anda dalam membangun masa depan, dan Karir harus ditentukan dengan hasrat, semangat dan gairah Anda sebagai seseorang dengan Kompetensi tertentu.  Anda jangan berpikir bahwa orang-orang tahu cara yang tepat menentukan karir pilihan, kenyataannya mereka banyak tidak puas dengan karir dan pekerjaan saat ini.  Berikut dari about.com tentang mitos yang beredar mengenai pemilihan karir dan sumber daya yang dapat Anda pergunakan dalam pengambilan keputusan.

1.  Pilihan Karir adalah Mudah dan Sederhana.

Memilih karir tidak sesederhana yang Anda kira, karena melibatkan proses dan Anda perlu meluangkan waktu untuk mempelajarinya sebelum memutuskan.  Perencanaan karir adalah tahapan berjenjang yang melibatkan pembelajaran tentang diri dan profesi Anda.

2.  Konselor dapat memberitahukan Karir yang Anda pilih.

Konselor hanya mampu memberikan petunjuk dan arahan jenis-jenis karir terbaik bagi Anda, namun tidak dapat menentukan mana yang harus dipilih.  Keputusan adalah mutlak Anda yang tentukan, sedangkan mereka membantu memfasilitasi keputusan tersebut.

3.  Anda tidak dapat hidup dari hobi.

Karir adalah pekerjaan yang Anda senangi dan dilakukan dengan penuh gairah.  Hobi adalah jenis pekerjaan yang Anda tanpa paksaan akan melakukannya.  Anda akan sangat trampil dengan hobi Anda meski didapatkan dengan belajar mandiri, namun demikian proses pengembangan ketrampilan dari hobi adalah sebuah kemudahan dibanding pekerjaan yang Anda paksakan.  Hobi Anda melukis, apakah Anda tidak yakin bahwa lukisan tersebut sangat berharga? Tentu banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menghidupi diri dengan menjual lukisan.

4.  Anda harus memilih dari daftar karir terbaik.

Banyak daftar karir profesional terbaik, menurut ulasan para analis.  Namun demikian ulasan tersebut selalu mengacu pada data-data prediksi yang terkadang tidak sesuai dengan ekspektasi Anda.  Anda harus menyesuaikan kondisi pekerjaan yang Anda minati dengan nilai dan kemampuan untuk berkarir, tidak perlu terpengaruh dengan data “hot jobs”.  Pekerjaan yang sedang booming telah melulu sesuai dengan kompetensi Anda.

5.  Uang akan membahagiakan Anda.

Ketika gaji dan kompensasi menjadi penting, tidak melulu menjadi faktor penentu karir yang Anda pilih.  Masih banyak hal yang harus dipertimbangkan, seperti waktu luang, kebebasan, wewenang dan delegasi, serta lainnya.  Namun demikian Anda tetap perlu mempertimbangkan pendapatan yang diperoleh dari sebuah pekerjaan.

6.  Karir akan membuat Anda bertahan selamanya.

Meski Anda tidak puas dengan pilihan karir, bukan berarti Anda harus stuck dan bertahan pada posisi tersebut.  Anda dapat merubah pilihan karir dan menetapkan jenis perusahaan yang diinginkan.  Banyak orang berpindah perusahaan yang berganti karir selama kehidupan mereka.

7.  Perubahan Karir akan membuang ketrampilan Anda.

Ketrampilan adalah aset Anda yang tidak akan hilang meski berganti karir dan profesi, kompetensi Anda tidak akan terbuang percuma meski berpindah perusahaan dan profesi, karena skill and knowledge adalah Anda, dan selalu terbawa kemana Anda pergi.

8.  Jika Rekan atau Saudara puas dengan Karir mereka maka Anda pun akan sama.

Karir rekan dan teman Anda yang tampak sukses dan mereka puas, belum tentu akan berlaku sama dengan Anda.  Setiap orang berbeda dan sebuah pekerjaan pun akan berlaku berbeda bagi setiap orang.  Ketika Anda melihat teman yang memiliki karir seperti yang Anda inginkan, coba periksa lebih jauh, karena belum tentu sesuai dengan sifat dan karakter Anda.

9.  Yang penting tentukan Pekerjaan Anda.

Pemilihan karir diawal adalah sebuah permulaan yang baik, namun setelah itu akan banyak pekerjaan yang harus Anda lakukan.  Rencana karir adalah sebuah peta perjalanan, dimana Anda memulai sebuah perjalanan panjang dalam karir profesional Anda.  Karir adalah gol dari hidup Anda sendiri, sehingga tidak cukup sekedar memilih pekerjaan dan menerima konsekuensinya kemudian.  Pelajari Career Plan Anda sebelum menemukan dan menetapkan jenis pekerjaannya.

10.  Sedikit yang Anda pelajari tanpa melakukan sebuah pekerjaan.

Sebenarnya Anda dapat mempelajari sebuah pekerjaan dari sumber manapun, seperti pengalaman dari rekan kerja, saudara, atau dunia internet yang begitu banyak macam sumber informasi.  Anda dapat berkumpul dan berkomunikasi dengan mereka yang pernah bekerja dibidang tersebut, sehingga memperoleh informasi jelas tentang pekerjaan Anda sebelum memutuskan terjun dalam bidang tersebut.

Leave a Reply