Beberapa hal yang harus Anda Hindari saat Bekerja

Tentunya Anda sangat berharap hari-hari kerja sejak Awal Minggu pada Senin Pagi sampai menjelang Akhir Pekan di Jumat Sore berlangsung dengan Menarik dan Enjoyable.  Bukan menafikan apa yang tengah Anda hadapi di meja kerja atau menghindari godaan rekan kerja pada saat sibuk, namun perlu kiranya bersikap Bijak sehingga Kinerja akan maksimal seiring Investasi Waktu yang Anda lakukan selama seminggu penuh.

Ada beberapa hal yang perlu Anda sikapi sehingga bisa tetap Fokus dan Produktif dalam keseharian kerja Anda, yakni:

  • Hentikan Menulis “SEMUA” Daftar Kerja (To-Do-List).  Mungkin Anda mengira ketika semua pekerjaan yang akan lakukan sudah tertulis dalam block-note membuat Anda tampak Produktif, namun sebenarnya hal ini justru menjadi bumerang dan memperburuk Tingkat Stress Kerja.  Pada akhirnya Anda tidak akan menyelesaikan semua tasks tersebut dalam satu hari.  Buatlah daftar Kerja yang Manageabledan dapat selesai dalam sehari serta sisakan untuk hari berikutnya.
  • Hentikan Meeting Singkat (Open-Ended Meetings).  Tetapkan tujuan dan prioritas meeting yang jelas sebelum Anda mengadakan Pertemuan dengan Tim.  Karena lebih dari setengah Meeting Kecil hanya berujung dengan Tujuan dan Hasil yang abu-abu.
  • Hentikan Menjawab Pertanyaan Berulang (Repetitive Questions).  Seringkali Anda harus menghadapi Karyawan atau Pelanggan yang menanyakan hal sama dan serupa, dimana ini tentunya cukup menyita waktu.  Sebaiknya Anda buat Daftar Pertanyaan dan Jawaban (Frequently Asked Questions) dan bisa disertakan dalam Buku Panduan, Brosur atau e-mail.  Ini cukup menghemat waktu kerja Anda hari itu.
  • Hentikan Cara Follow-Up yang sama saat Anda diabaikan.  Pada saat Anda mengirimkan e-mail dan si penerima tidak memberikan respon, Anda tidak perlu mengirimkan ulang e-mail tersebut.  Lakukan pendekatan lainnya seperti Telepon, Pesan Singkat, Kunjungan Langsung,
  • Hentikan Makan Siang di Meja.  Tergoda menghabiskan roti bakar dan secangkir coklat panas ketika Anda tengah menjawab beberapa e-mail adalah hal yang wajar, namun hindari melakukannya setiap hari.  Anda akan menemui ide-ide segar dan kreatif ketika Anda meninggalkan beberapa saat meja kerja.
  • Hentikan Mengunjungi Kantor Pos, Kantor Telepon dan Bank secara Reguler.  Ketika Anda harus berurusan dengan Surat, Billing Statement dan lainnya, cobalah untuk tidak mengunjungi secara langsung.  Lakukan pendekatan Efektif dan Efisien, seperti mengirimkan surat dengan Amplop Berlangganan, Membayar Tagihan di ATM atau Internet Banking.
  • Hentikan Penjadwalan dengan Telepon dan E-mail.  Anda akan menghabiskan banyak waktu ketika mempersiapkan waktu yang tepat untuk Meeting.  Lakukan dengan cara lebih efektif seperti sistem otomatis di komputer yang akan mengingatkan orang lain akan jadwal tersebut.
  • Hentikan Tanda Tangan setiap Lembar Check. Hal ini mungkin sangat penting, namun adakalanya Anda menentukan waktu yang tepat kapan setiap lembar cek akan ditandatangani, sehingga tidak akan terjadi interupsi pada saat Anda tengah sibuk bekerja.
  • Hentikan Membuat Tumpukan.  Singkirkan kertas yang jelas tidak lagi Anda gunakan daripada menumpuknya diatas meja sehingga cukup mengganggu Pandangan dan Suasana Ruang Kerja.

Hal sederhana tersebut dapat Anda terapkan sehingga Kinerja meningkat seiring Waktu yang lebih Efisien dan Aktivitas yang Efektif.

Ikhtisar.com

Leave a Reply