Hal-hal Penting dalam Sebuah Solusi bagi Manajemen Strategi Perusahaan Anda

hal penting dalam solusiSolusi adalah Aktivitas Penting dalam penyelesaian Masalah yang ada, dan merupakan kegiatan yang bersifat Praktis, Taktis serta Strategis.  Solusi harus mencerminkan Kemudahan dalam Implementasinya, Efektif dan Efisien dalam Eksekusinya serta berdampak dalam Jangka Panjang untuk diterapkan dalam kondisi yang serupa.  Solusi adalah Fundamental Perbaikan Berkelanjutan yang harus bersifat Kokoh dan berdasarkan Kriteria serta Analisa yang tepat, sehingga tidak menjadi sebuah Solusi Instan.

Berikut beberapa Hal yang dapat Anda lakukan sebagai seorang Manager atau pimpinan perusahaan untuk menjadikan Solusi yang Kokoh.

1.  Evaluasi Periodik.  Dalam membuat Solusi Kokoh Anda perlu melakukan Evaluasi yang bersifat Jangka Panjang, baik tahunan atau lima tahunan, kepada masing-masing karyawan disetiap level organisasi.  Bagi karyawan dengan prestasi kerja memuaskan diharapkan mendapat penghargaan dan apresiasi atas kinerjanya tersebut.

2.  Penghargaan Jangka Panjang.  Setelah Anda melakukan evaluasi secara periodik dan memberikan sebuah apresiasi, maka perlu pula dipertimbangkan sebuah apresiasi yang bersifat Jangka Panjang.  Beberapa contoh seperti kepemilikan saham sebagai bonus tahunan yang dapat dicairkan pada saat pensiun.  Ini akan berdampak dalam pencapaian performa Jangka Pendek untuk Sustainable Growth Organisasi Perusahaan.

3.  Identifikasi Faktor Kunci.  Penghargaan bagi karyawan yang berkontribusi besar terhadap performa Orgasnisasi sangat dimungkinkan terjadi jika dilakukan pada Faktor Kunci, misalkan sebuah Perusahaan Distribusi yang bertumpu pada Angka Penjualan memberikan Pelatihan Pemasaran pada Salesman Terbaik.  Jika Kualitas sebagai hal paling penting, maka hargai orang yang memberikan Pelayanan Pelanggan Terbaik.  Jika Kerja Tim sebagai Hal Utama maka apresiasilah orang yang mampu bekerja Efektif dan Efisien. Jika Anda tengah mengejar Pangsa Pasar, lakukan apresiasi bagi orang yang mampu menambah Jaringan Pasar.  Anda perlu pastikan Faktor Terpenting dalam Organisasi Anda.

4.  Apresiasi Ide Jangka Panjang.  Sebuah ide mungkin tidak berdampak dalam beberapa bulan, namun mungkin berimbas pada tahun berikutnya, dan jika Anda menemukan orang yang memiliki Ide Hebat, Cerdas dan Berdampak Jangka Panjang, Apresiasi mereka dengan sejumlah Bonus dan Pengakuan.

5.  Evaluasi Keputusan.  Keputusan yang Anda ambil terkait Investasi Modal seperti Penelitian (Riset) Pasar, Produk dan Jasa, Peralatan Baru dan lainnya perlu dimonitor secara reguler dan mempunyai Visi Jangka Panjang, sehingga tidak hanya mengikat karyawan Anda dalam Evaluasi Triwulanan.

6.  Kompensasi sesuai Kinerja Perusahaan.  Jepang dengan konsep Kompensasi dan Benefit yang bersifat Corporate adalah sebuah contoh yang efektif meningkatkan Produktivitas Kerja setiap Karyawan.  Kesejahteraan Karyawan bergantung pada Pencapaian Perusahaan membuat setiap individu lebih Produktif.  Berikan pandangan jelas tentang Visi dan Misi Perusahaan pada setiap individu untuk Produktif, Inovatif dan Kreatif.

Membuat Solusi harus memiliki Dampak Jangka Panjang secara Individu dan Kelompok.  Solusi Kokoh menjadi dasar Kinerja Perusahaan dalam Jangka Panjang.  Tentu pula Anda tidak dapat mengabaikan Kinerja Jangka Pendek, karena semua bermuara pada Performa Jangka Panjang.  Seorang Manager harus mempertimbangkan Keseimbangan antara Profit Organisasi dan Pertumbuhan nantinya.  Jika Anda menyadari bahwa kehidupan itu adlaah berat maka segalanya akan tampak jauh lebih mudah.

ikhtisar.com

One thought on “Hal-hal Penting dalam Sebuah Solusi bagi Manajemen Strategi Perusahaan Anda

  1. etinus September 30, 2014 at 11:28 AM

    Mantap

Leave a Reply