Bangun Percaya Diri Anda untuk Menanggulangi Rasa Gelisah saat Berbicara di Muka Umum

Bangun Percaya Diri Anda untuk Menanggulangi Rasa Gelisah saat Berbicara di Muka Umum

Bangun Percaya Diri Anda untuk Menanggulangi Rasa Gelisah saat Berbicara di Muka Umum

Berbicara mungkin menjadi sebuah kesenangan bagi sebagian orang, mungkin tipe orang ekstrovert sudah terbiasa dengan hal itu, namun mungkin tidak bagi tipe orang introvert.  Berbicara terlebih mengenai hal yang perlu Anda sampaikan, selalu memerlukan Rasa Percaya Diri, agar konteks pembicaraan tepat sasaran.  Dan khususnya berbicara di Muka Umum perlu latihan dan ketrampilan sehingga Anda lebih Percaya Diri dan Tidak Gelisah melakukannya.

Sebelum berlanjut mengenai Pelatihan Ketrampilan berbicara di Muka Umum, ada baiknya kita mengenali hal-hal yang membuat Rasa Gelisah muncul sebelum tampil berbicara, yang pastinya rasa gelisah ini berpotensi mengganggu performa saat tampil.  Rasa gelisah tidak melulu menyerang seorang Introvert, namun juga akan menghinggapi para Ekstrovert.

1.  Memahami Rasa Gelisah

Langkah awal membangun percaya diri Anda, adalah dengan Memahami apa yang disebut dengan Gelisah.

Rasa Gelisah adalah hal yang Normal

Jika Anda akan berbicara di Muka Umum, maka pahami terlebih dahulu apa yang disebut dengan Gelisah.  Gelisah, Panik, Berdebar-debar atau Emosi yang berkecamuk adalah bagian yang normal dan sering terjadi.  Berbicara di depan umum adalah salah satu ketakutan paling banyak terjadi, sesuatu yang menyebabkan reaksi fisik yang tidak menyenangkan bagi seorang Speaker atau Pembicara.  Data mengatakan bahwa :

  • Sebanyak 75% dari semua orang mengalami beberapa bentuk kecemasan karena harus memberikan pidato di depan orang lain.
  • Kecemasan dapat dicirikan oleh perubahan mendadak dalam suasana hati dan perilaku. Anda mungkin merasakan Rasa Takut, Pusing, Mual, atau Ingin keluar ruangan. Hal ini adalah normal dan Anda dapat melewati dan mengatasi gejala-gejala ini.
  • Kecemasan dapat memicu respon berlebihan akan rasa takut ini meskipun pidato Anda masih esok hari atau seminggu lagi.

Kegelisahan yang Situasional

Rasa Gelisah akan muncul seiring situasi dan kondisi yang dihadapi.  Kondisi yang juga dikenal sebagai Demam Panggung.  Kecemasan atau Kegelisahan Situasional adalah bentuk jangka pendek dari kecemasan saat berbicara di depan umum.  Dan seiring presentasi Anda, akan mudah dilalui rasa cemas ini.  Hal-hal yang perlu Anda pahami mengenai Kegelisahan Situasional adalah :

  • Demam Panggung, adalah hal yang normal.
  • Bahkan Pembicara Publik yang berpengalaman pun akan mengalami demam panggung.
  • Bentuk dari Demam Panggung adalah Anda mungkin merasa lemah, tidak bersemangat, atau gelisah, Jantung berdebar, mulut terasa kering, mungkin merasa kehabisan napas atau tiba-tiba mual. Ini semua adalah sensasi normal dan reaksi yang dapat diatasi.

Dalam beberapa kasus, demam panggung mungkin menjadi bagian dari pola yang lebih besar dari fobia sosial atau gangguan kecemasan sosial, tetapi banyak orang mengalami demam panggung tanpa masalah yang lebih luas.

Perilaku atau Sifat Kegelisahan

Sifat Kegelisahan atau Kecemasan merupakan bentuk neurosis; dan hal itu adalah kecemasan jangka panjang yang terkait dengan Public Speaking.  Sifat Kecemasan yang menjadi bawaan perlu diatasi dengan seksama, sering berlatih dan sering tampil bicara di depan umum.  Beberapa hal yang perlu diketahui mengenai Sifat Cemas ini adalah :

  • Sifat Kecemasan cenderung terbangun dari waktu ke waktu dan hasil akumulasi dari neurosis. Sifat ini akan timbul secara sadar atau tidak sadar.
  • Mereka yang mengalami sifat kecemasan mungkin sudah menjadi orang-orang yang secara alami Pemalu dan Rendah Diri.
  • Perempuan lebih mungkin untuk mengalami sifat kecemasan daripada pria.

2.  Mengelola Rasa Gelisah

Setelah Anda paham mengenai Rasa Gelisah dan faktor-faktor lainnya yang terkait, selanjutnya adalah Bagaimana Anda dapat mengatasi atau mengelola rasa cemas, gelisah, takut agar tidak mengganggu kinerja presentasi.

Alat Bantu Rasa Gelisah Situasional

Kecemasan situasional dapat dikelola dengan pernapasan dalam sehingga aliran darah Anda akan rata ke seluruh tubuh sebelum Anda menginjakkan kaki di panggung.  Bagaimana cara mengatasinya?

  • Berlatih pidato lebih awal dan lebih sering sehingga Anda akan akrab dan nyaman karena sudah menguasai kata-kata Anda.
  • Pemanasan lidah dan wajah dengan mengulangi kata-kata dengan cepat, tepat, dan artikulasi yang Anda bisa.
  • Aktifkan respons relaksasi alami tubuh Anda dengan berlatih beberapa pernapasan dalam untuk menenangkan syaraf Anda.

Alat Bantu Perilaku Gelisah

Sifat Kecemasan dapat dikelola dengan baik melalui citra positif dan meditasi, contohnya adalah :

  • Jika Anda khawatir pidato Anda tidak sukses, cobalah untuk membayangkan bahwa itu akan menjadi sukses.
  • Pertimbangkan untuk mencoba meditasi, untuk membantu Anda membangun rasa percaya diri lebih awal.
  • Pembicara publik dapat memiliki hari yang buruk. Jika syaraf Anda tidak mendapatkan yang terbaik, lakukanlah yang terbaik yang Anda bisa dan terimalah kinerja Anda apa adanya. Akan selalu ada waktu berikutnya.

Bangun percaya diri Anda terlebih dahulu sebelum berbicara di muka umum, dengan mengatasi dan memahami Rasa Gelisah.  Perasaan yang akan melanda siapapun yang akan tampil di depan orang lain.  Rasa Gelisah dapat terjadi karena situasi dan kondisi, maupun terjadi karena sudah menjadi Sifat Kecemasan Anda sendiri.  Banyak cara dan alat bantu yang bisa diberdayakan sehingga Anda sanggup tampil menawan dalam presentasi di Muka Umum.

Leave a Reply