Bagaimana dapat Membangun Kepercayaan Tim Bisnis Anda

Cara Membangun Kepercayaan Tim Bisnis Anda

Cara Membangun Kepercayaan Tim Bisnis Anda

Menjalankan suatu usaha maupun perusahaan tentu tidak bisa dilakukan seorang diri. Anda memerlukan orang lain untuk membantu dari berbagai bidang. Sebab sebuah perusahaan ataupun bisnis membutuhkan tim yang solid untuk menyelesaikan banyak hal. Dari bagian kesekretariatan, produksi, administrasi, dan marketing.

Dari itulah, membangun kepercayaan dalam sebuah tim sangat penting untuk dilakukan. Dengan adanya kepercayaan maka sebuah tim akan berjalan secara baik. Komunikasi antar anggota pun akan semakin mudah dan lancar. Dengan begitu proses dan persoalan bisnis bisa terselesaikan dengan baik.

Sebagai pemimpin Anda harus mengetahui betul bagaimana cara untuk menumbuhkan kepercayaan dari tim Anda. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan. 

1.  Bangun Perkenalan yang Baik antar Anggota

Setiap orang pasti memiliki kehidupan pribadi masing-masing. Cobalah buat suatu pertemuan khusus agar mereka semakin mengenal satu sama lain. Anda bisa memancing mereka dengan games tertentu agar lebih menarik. Dengan semakin mengenal mereka pun akan semakin lancar dalam berkomunikasi dan dapat saling percaya. Sebab kepercayaan timbul karena sebuah perkenalan dan komunikasi.

2.  Buatlah Atmosfer Kekeluargaan

Sebagai pemimpin yang baik, buatlah suasana kekeluargaan dalam tim Anda. Misal dengan sering makan bersama, atau menghabiskan akhir pekan bersama dengan keluarga mereka pula. Dengan begitu akan terpupuk rasa kekeluargaan secara perlahan. Mulailah berempati dengan seseorang dengan begitu mereka akan meniru dengan sesamanya. 

3.  Tidak ada ‘Menyuruh’

Pemimpin bukan soal suruh-menyuruh tapi lebih bagaimana mengelola mereka untuk melakukan tugas agar tujuan tercapai. Hentikanlah menggunakan kata menyuruh, lebih baik pancing dan arahkan mereka untuk melakukannya. Arahkan dengan rangsangan obrolan atau dalam waktu terdesak gunakanlah kata tolong. Menggunakan cara rangsangan akan membuat mereka terjun langsung memikirkan masa depan bisnis. Dengan begitu mereka akan merasa lebih dihargai.

4.  Terbuka

Kepercayaan memang bermula dari kejujuran atau keterbukaan. Tentu tidak semua hal harus diutarakan seperti gaji. Terbukalah soal prestasi, tujuan, dan persoalan yang dihadapi tim yang sebenarnya. Anda jadi bisa mengevaluasi kinerja secara bersama-sama. Dengan keterbukaan maka akan tumbuh rasa percaya. Ajaklah untuk setiap karyawan mempresentasikan hasil kerja mereka selama ini. Dengan begitu akan tumbuh rasa percaya satu sama lain. 

5.  Mendelegasikan

Bisa juga dengan mulai mendelegasikan seseorang untuk tugas tertentu. Dengan begitu orang yang didelegasikan tersebut akan “dipaksa” untuk interaksi satu sama lain. Komunikasi dan kerja bersama akan memupuk kepercayaan satu sama lain.

Membangun Kepercayaan Tim dilakukan dengan teliti dan penuh perhitungan. Anda juga harus mulai belajar mempercayai mereka satu per satu. Kepercayaan dalam tim akan semakin mendekatkan dengan tujuan dan kesuksesan bersama. Namun perlu diingat jangan sampai kedekatan yang dibentuk menghilangkan profesionalitas dari mereka.

Leave a Reply