Bagaimana Cara menjadikan Orang sebagai Pelanggan Setia Bisnis Anda

Ketika Anda mendapati orang lain tidak membeli Produk dan Jasa Perusahaan, maka segeralah melakukan Improvisasi dan Inovasi dengan Layanan Anda.  Kebanyakan Orang bukanlah Pelanggan, sehingga mereka akan menjadi penghalang dalam keberhasilan perkembangan Bisnis Organisasi Anda. Bagaimana Anda dapat menjadikan mereka sebagai Pelanggan, dimana disisi lain Anda harus fokus pada Pelanggan yang telah ada sebelumnya.  Dikutip dari Harvard Business Review, tulisan dari Alessandro Di Fiore dari European Centre of Strategic Innovation, maka Anda perlu berfokus pada Non Pelanggan Perusahaan.

Non Pelanggan adalah Pasar yang sangat Besar dalam sebuah Bisnis Perusahaan, dan Anda perlu melakukan Segementasi dan Penelitian Pasar tentang mereka.  Lakukan beberapa Aktivitas untuk dapat melibatkan Data Non Pelanggan ini sebagai Sumber Order baru bagi Bisnis Organisasi Anda.

1.  Ekonomi.

Secara Ekonomi Produk Anda terlalu mahal dan tidak terjangkau, sehingga banyak orang yang masih ragu untuk mendapatkannya.  Inilah salah satu dasar pemikiran yang perlu Anda ciptakan, berupa Produk yang Terjangkau bagi banyak orang.

2.  Fungsional.

Fungsi dari Produk dan Jasa Layanan Anda tidak banyak bermanfaat dari apa yang mereka perlukan.  Daerah Urban, mungkin memerlukan sebuah Produk yang Praktis, sedangkan daerah migran memerlukan Produk dan Jasa yang Lengkap dan Komplit.

3.  Edukasional

Produk dan Jasa Layanan Anda terlalu canggih, sehingga mereka tidak paham bagaimana menggunakannya. Ketika Produk dan Jasa Tersebut memang perlu diluncurkan, maka Anda perlu melakukan Sosialisasi dan Edukasi kepada Masyarakat yang terkait, demi mendapatkan posisi pasar yang jelas.

4.  Akses.

Jarak yang cukup jauh dari domisili mereka membuat ketidaktertarikan akan sebuah Produk dan Jasa yang ada.  Dengan kondisi jaman teknologi informasi ini, maka sebuah Webstore dapat menjadi salah satu solusi.  Jasa Delivery Service juga sudah menjadi sebuah Alternatif dalam Pemasaran Produk.

innovation products5.  Sosial.

Nilai arti sebuah Produk sangat berpengaruh pada Prinsip Individu, terkait agama, sosial dan politik.  Produk yang diciptakan tidak boleh menyinggung nilai-nilai SARA, untuk mendapatkan Pelanggan Baru.

6.  Emosional.

Mungkin saja Produk dan Jasa Anda tidak disukai, karena sifat sentimentil saja.  Maka dari itulah perlu adanya Segmentasi dalam pembuatan sebuah Produk dan Jasa yang Inovatif.

Menjadikan Orang Lain sebagai pelanggan merupakan sebuah Strategi Manejemen yang Sederhana namun efektif.  Anda perlu mempelajari Perilaku Pasar, terlebih dari Data Non Pelanggan yang Anda miliki.  Lakukan beberapa Penelitian dan Analisa untuk mendapatkan Pasar atau Pelanggan yang lebih banyak dan berkualitas.  Lakukan beberapa Aktivitas dari Kategori tersebut sehingga Anda mampu memberikan Produk dan Jasa yang diinginkan, seperti misal Arena, salah satu perusahaan pakaian renang, yang menciptakan Produk dari sisi Fungsional dan Sosial, yakni Baju Renang yang mempunyai Kantong Udara diperuntukkan bagi kebanyakan orang yang tidak bisa berenang, serta Baju renang khusus Wanita Muslim.  Ini adalah salah satu pemanfaatan Kategori Produk dan Jasa yang dapat Anda ciptakan.

ikhtisar.com

Comments

Leave a Reply