Bagaimana Cara Membantu Karyawan Anda mengatasi Gangguan atau Perubahan

Membantu Karyawan Anda menghadapi Perubahan

Membantu Karyawan Anda menghadapi Perubahan

Setiap bisnis akan melalui berbagai gelombang dan fluktuasi, naik turun, atas bawah adalah fenomena dalam perjalanan bisnis.  Seorang usahawan akan sangat “senang” manakala menemukan dan menghadapi berbagai tantangan, gangguan dan perubahan.  Mereka ditantang untuk selalu Kreatif dan Inovatif menghadapi pasar.  Sedangkan sebaliknya, bagi seorang karyawa atau pekerja, perubahan adalah sesuatu yang “sangat” ingin dihindari.  Perubahan jam kerja menjadi lebih panjang, kenaikan salary yang minim, jobdesc yang bertambah dan lainnya, selalu menjadi issue sensitif khususnya bagi karyawan.  Perubahan adalah sesuatu yang ditunggu oleh seorang usahawan agar dia mampu menjembatani kesenjangan yang timbul.  Kebalikannya bagi karyawan, bahwa stabilitas ritme kerja adalah dambaan mereka.  Sebagai sosok penting dalam pertumbuhan perusahaan Anda wajib tahu bagaimana mengelola Manajemen Strategi perusahaan untuk membantu karyawan menghadapi adanya gangguan, perubahan atau dinamika bisnis.  Membuka wawasan dan pola pikir bisnis kepada karyawan adalah tugas dan tanggung jawab seorang pemimpin perusahaan.

Tantangan seorang pebisnis adalah menghadapi bermacam rentang usia kerja, mulai generasi Baby Boomer, Gen X, Gen Y hingga Gen Z saat ini.  Baby boomer mungkin saat ini sudah berusia 50-an dan memasuki masa purna tugas, akan tetapi pengalaman dan ketahanan mereka sangat diperlukan untuk membawa suasana bijak dalam organisasi.  Demikian pula untuk generasi berikutnya hingga gen millenial yang sangat dinamis.  Kondisi tradisional perlu di-combine dengan era digital dan teknologi.  Berikut ini adalah salah satu cara Anda membantu berbagai macam pekerja sehingga mereka siap menghadapi gangguan atau perubahan.

  1. Pastikan Budaya Perusahaan Anda sudah Cocok

Budaya perusahaan adalah landasan utama dalam pembangunan organisasi bisnis.  Dengan landasan yang kokoh, Anda akan siap menbuat karyawan menerima berbagai perubahan yang sangat cepat.  Teknologi yang berkembang setiap semester perlu diantisipasi dengan kesigapan karyawan mempelajari dan mengimplementasikan dalam pekerjaan.  Perusahaan hanya akan berkembang jika karyawan bersedia dan bersemangat untuk membuat mereka menerima pergeseran atau transisi, meskipun itu adalah tantangan. Ini memberinya keyakinan bahwa timnya akan menyesuaikan diri dengan apa pun masa depan membawa.

  1. Pastikan Kehadiran Anda ditengah Karyawan

Karyawan dapat dengan sangat mudah merasa kewalahan oleh serangan perubahan yang cepat.  Ambiguitas di level top manajemen akan membuat situasi makin buruk. Inilah mengapa kehadiran Anda yang diketahui karyawan menjadi cara untuk menjaga mereka selalu bergerak maju. Anda harus memberikan energi kepada mereka, meyakinkan bahwa proses adalah sesuatu yang harus dijalani, dan pelanggan adalah segalanya bagi perusahaan.

Pemimpin perusahaan harus hadir ditengah karyawannya untuk merangkul mereka, agar tenang dan nyaman menghadapi gangguan dan perubahan yang akan terjadi.  Kehadiran Anda akan membawa arus semangat bahwa tujuan perusahaan melakukan perubahan adalah demi tumbuh kembang berkelanjutan.

  1. Adopsi Teknologi dengan Bijaksana

Cara terbaik untuk mendapatkan karyawan hilang rasa takut dan mau mengembangkan keterampilan teknologi adalah melalui penggunaan teknologi itu sendiri. Memanfaatkan sebanyak mungkin sarana teknologi untuk komunikasi, pelatihan awal dan pelatihan ulang kepada karyawan adalah cara efektif membuat penerimaan terhadap perubahan.  Terlepas dari berbagai macam model teknologi dan cara penggunaannya, namun yang terpenting adalah bagaimana Anda dapat menjangkau tim lebih cepat.

Karyawan memiliki mental yang berbeda dengan usahawan.  Meski tidak sedikit karyawan yang mampu mengembangkan sense of business, akan tetapi tantangan besar adalah membuat karyawan menerima ketidakstabilan, perubahan atau gangguan dalam dinamika perusahaan.  Jika Anda mampu membantu karyawan menghadapi perubahan dan gangguan, maka perusahaan akan sustain dalam jangka panjang.  Kehadiran Anda, Budaya Perusahaan dan Pemanfaatan Teknologi adalah cara efektif untuk melakukannya.

Leave a Reply