Bagaimana Cara Memaksimalkan Hasil Training Anda

Banyak diantara Anda yang telah menginvestasikan Waktu dan Materi demi Pengembangan dan Perbaikan Diri (Self Developmentan and Improvement).  Investasi Anda berupa mengikuti Pelatihan seperti Seminar dan Workshop, dan berupa Pembelian Buku, Kaset, Audio Video dan lainnya.  Invetasi ini demi bersungguh-sungguh agar Anda mendapatkan yang lebih baik dari apa yang Anda lakukan.  Pelatihan adalah satu kesempatan Terbaik Perbaikan Diri Anda karena adanya Informasi dan Evaluasi Langsung dari Pekerjaan Anda.  Banyak diantara Anda menghadiri Pelatihan untuk sebuah Pengetahuan dan Ketrampilan, namun sedikit Manfaat yang didapatkan.  Berikut beberapa cara yang perlu Anda pelajari dalam Memaksimalkan Hasil Pelatihan (Training) Anda.

1.  Mendengarkan dengan Pikiran Terbuka.  Anda tidak perlu melakukan Justifikasi dalam sebuah Training atau Pelatihan.  Lebih baik Anda mendengarkan untuk Lebih Paham dan Mengerti daripada Mengkritisi.  Lakukan Evaluasi Diri secara konstan melihat sejauh mana Anda mampu menyerap dan menerapkan Pengetahuan dan Ketrampilan secara Efektif dibandingkan sekedar tahu tentang Pengetahuan dan Ketrampilan tersebut.

2.  Berpartisipasi 100 persen.  Tunjukkan Antusias Anda dalam sebuah Pelatihan, dengan mengajukan pertanyaan, mempertegas keraguan dan menuliskan apa yang tersirat dari pikiran Anda.  Bermurah hati dengan Berbagi Ide dan Saran pada saat diminta sehingga akan menguntungkan semua orang.

3.  Mencatat dan Merekam.  Poin penting dan Contoh dalam Pelatihan sangat berguna bagi Anda dalam mencari Retensi Maksimum dari apa yang Anda temukan dalam Pelatihan.

4.  Membangun Jaringan dengan orang lain.  Pada saat mengikuti Pelatihan, Anda tidak perlu duduk bersama orang yang Anda kenal.  Cobalah untuk bergabung bersama orang lain untuk membangun Jaringan dan Teman Baru.

5.  Beradaptasi dengan Situasi dan Kondisi.  Pengetahuan dan Ketrampilan mungkin berlaku sama, namun pada saat diterapkan tentu akan tergantung Kondisi dan Keadaan yang berbeda.  Penerapan Pengetahuan dan Ketrampilan perlu disesuaikan dengan Gaya dan Pribadi Anda sehingga lebih Strategis dalam Implementasinya.

6.  Terapkan Hasil Pelatihan Anda.  Setelah Anda beradaptasi dengan Pelatihan, maka langkah selanjutnya adalah dengan Menerapkan Hasil Pelatihan Anda kepada Orang lain.  Dengan adanya Implementasi maka Anda kan melihat lebih Strategis Hasil Pelatihan tersebut untuk mencapai Tujuan yang diharapkan.

7.  Bagikan Pengetahuan dan Ketrampilan Anda.  Penerapan Pelatihan yang mencapai Kesuksesan perlu Anda tularkan kepada orang lain dengan Berbagai Pengalaman, Strategi, Pengetahuan dan Ketrampilan.  Keuntungan Hasil Pelatihan Anda akan lebih maksimal dengan adanya Berbagi Pengetahuan yang sama kepada orang lain yang tidak mendapat kesempatan yang sama.

Pelatihan adalah salah satu cara Anda meningkatkan Ketrampilan dan Pengetahuan untuk Pengembangan Diri, dan dengan melakukan hal-hal tersebut diatas, Hasil Pelatihan Anda akan lebih Maksimal bagi Pribadi dan Orang Lain.

ikhtisar.com

Leave a Reply