Bagaimana Cara Melatih Pikiran Kreatif..?

latihan kreatifAnda sangat berharap memiliki Ide-ide Kreatif dan Inovatif dalam pekerjaan dan kehidupan sosial lainnya.  Dengan adanya ide kreatif ini Anda akan memiliki banyak cara mendapatkan kemenangan dan keberhasilan serta meminimalisasi potensi-potensi serta resiko kegagalan yang fatal.  Bagaimana Anda dapat melatih Pikiran Kreatif..?

Sebagaimana Louis Pasteur Sang Peneliti terkenal pernah berkata, “Kesempatan hanya berpihak kepada Pikiran yang Siap”.  Untuk menjadi seorang pengusaha, pekerja atau bahkan seorang mahasiswa yang Inovatif, perlu kiranya menumbuhkan Kreativitas dalam kehidupan sehari-hari sehingga Pikiran Anda siap ketika Kesempatan itu Muncul.  “Ide kreatif sering kali datang dari kombinasi yang tidak biasa,” jelas Steven Smith, seorang Profesor Psikologi. “Solusi terbaik tidak akan muncul seperti semua orang pikirkan akan tetapi muncul menjadi sesuatu yang tidak biasa..”

Kombinasi yang tidak biasa, yang disebut ” remote associations,” adalah ide-ide terkait yang tampak tidak memliki keterkaitan satu dan lainnya pada pandangan pertama. Mereka inilah inti dari Berpikir Kreatif.  Anda perlu mencoba berpikiran Out of The Box untuk mencari Ide Kreatif.  Untuk menumbuhkan kreativitas, Anda tentu ingin meningkatkan peluang tersandung pada link yang tak terduga. Berikut empat strategi yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari Anda yang akan melatih pikiran Anda untuk lebih Kreatif dalam Bisnis dan Pekerjaan:

  1. Modifikasi Rutinitas Anda. Untuk memperluas cakrawala kreatif Anda, kelilingi diri Anda dengan berbagai Perspektif dan Pengalaman. Sebuah tempat kerja yang beragam sangat membantu, tetapi tidak cukup. Di luar pekerjaan, carilah variasi dalam makanan Anda, di mana Anda hang out, jenis-jenis karya seni yang Anda lihat, Tujuan Anda melakukan perjalanan, atau buku yang Anda baca.
    “Keanekaragaman akan memperkenalkan jenis rangsangan baru,” kata Smith. “Ini membuka Anda sejumlah kemungkinan baru.” Anda lebih mungkin untuk menemukan solusi yang tidak biasa ketika Anda memiliki lebih banyak pilihan di ujung jari Anda.
  2. Lemparkan Umpan Balik. Kita sering berdiskusi mengenai ide-ide penting bersama rekan kerja dan tentu dalam konteks yang sama, namun terkadang kita sering melewatkan jawaban yang jelas dan pasti dari hasil diskusi tersebut. “Seseorang yang mungkin kurang ahli mampu memperhatikan Asumsi dan Praduga yang Tak Terlihat dalam Diskusinya,” kata Smith.  Mereka dapat membantu Anda melihat Masalah atau Ide dalam prospektif baru.  Carilah orang cerdas dengan sedikit pengetahuan tentang bisnis Anda dan berbicaralah tentang apa pun yang tengah Anda kerjakan sekarang.  Anda mungkin akan terkejut dengan Solusi yang mereka temukan untuk membantu Anda.
  3. Lepaskan Aturan Kaku. Seperti cerita Ratu dalam film Alice in Wonderland yang berpikir hal-hal yang tidak mungkin selama setengah jam setiap hari, Anda tentu pula ingin melatih pikiran Anda lebih terbuka. Berlatihlah membiarkan pikiran Anda mengembara dan datang dengan ide-ide sebanyak yang Anda bisa, bagaimanapun mereka mungkin tampak tidak masuk akal. Anda bahkan berpikir mengenai sesuatu yang Konyol atau Lucu. “Humor membantu melonggarkan penghalang pikiran Anda,” jelas Smith. Longgarkan Standar Anda saat akan menghasilkan ide-ide sedemikian akan Meningkatkan Keterbukaan dan Kreativitas. “Jika Anda memikirkan 99 hal bodoh, Ide yang tidak mungkin dan ternyata hanya satu yang bekerja dan berhasil, maka itu adalah waktu terbaik yang pernah Anda gunakan,” Smith mengatakan. 
  4. Amati Lingkungan Sekitar Anda. “Ketika Anda terkungkung dalam pikiran sendiri, ide-ide kreatif mungkin dapat meluncur dari bawah hidung Anda,” kata Smith. Orang-orang Kreatif selalu perhatian terhadap hal-hal yang menarik, bahkan ketika mereka tidak berlaku untuk apapun yang dikerjakan sekarang. Isilah Notebook atau Folder Komputer Anda dengan ide-ide Menarik, Artikel, Gambar, atau Pikiran Selewat (Selintas). Mereka mungkin akan berguna pada saat Anda tidak mengharapkannya kelak.

Berpikir Kreatif tidaklah sesulit dan serumit membangun Jembatan atau Gedung Pencakar Langit, hanya saja Anda jangan membatasi Pikiran Anda dengan hal-hal yang terlalu kompleks yang selalu menjadi bagian kerja setiap hari.  Mulailah dengan Mengubah Rutinitas dan Kebiasaan, Longgarkan Aturan Baku, Perhatikan Lingkungan Sekitar dan Mintalah Umpan Balik.

ikhtisar.com

Leave a Reply