Bagaimana Cara Anda dapat Mengatur Diri untuk Sukses dalam Karir

mengatur diri untuk suksesKesempatan tidak datang kedua kalinya, mungkin sering terdengar dalam pembicaraan mengenai pekerjaan atau bisnis.  Kesempatan mungkin sulit ditemukan, namun Anda dapat menemukannya dengan pendekatan yang berbeda.  Berikut ini adalah cara bagaimana Anda mengatur diri untuk meraih sukses dalam karir.

1.  Miliki Pola Pikir yang Tepat

Kesempatan ada disekitar Anda, setiap saat dan dimanapun.  Anda hanya perlu mencari dan terus mengamatinya.  Biasakan diri Anda dengan setiap hari dengan kemungkinan kesempatan dan peluang, dengan menuliskan pada catatan kecil, telepon genggam atau cara lainnya.  Tulis semua potensi kesempatan yang ada, dan rapikan pada waktu kemudian.

2.  Mencari dan Menemukan Peluang

Usaha Anda tidak boleh terhenti, terlebih menemukan peluang yang tersembunyi.  Banyak kesempatan dan peluang yang tidak muncul ke permukaan, dan hanya melalui jaringan tertentu.  Peluang kerja, kesempatan proyek baru dan inisiasi lainnya yang mungkin dapat memenuhi hasrat dan gairah kerja Anda, yang masih tersembunyi dan harus digali.  Mencari kesempatan dapat dimulai dari organisasi Anda, mengamati lowongan interanal, rencana perombakan struktur organisasi.  Anda dapat berpikir bagaimana caranya untuk bisa maju dari posisi saat ini.

Peluang juga dapat diperoleh dengan membina relasi sesama rekan sekantor, atau teman kerja di perusahaan lain, atau sekedar update informasi berita terbaru industri.  Kenali pula orang-orang yang cukup berpengaruh dalam sebuah organisasi.

3.  Identifikasi Kekuatan dan Kelemahan

Mencari peluang juga perlu memperhatikan dan memahami apa yang menjadi modal utama Anda.  Kekuatan dan Kelemahan perlu dipetakan dengan jelas, sehingga Anda tahu mana peluang untuk Anda dan mana kesempatan yang tidak harus diambil.  Kesempatan dan Peluang harus relevan dengan kapasitas Anda, dan Anda paham ketrampilan yang menunjangnya.

4.  Identifikasi Faktor Lainnya  yang Penting

Faktor yang harus Anda pertimbangkan diantaranya adalah Gaya Hidup yang sesuai, Kompensasi dan Benefit yang didapat, Keamanan Kerja, Selaras dengan Tujuan Hidup Anda.  Faktor penting lainnya ini sangat mendukung apakah Anda akan meneruskan mengambil peluang ataukah belum saatnya. Kesempatan untuk berkembang dalam organisasi baru, berupa adanya pelatihan dan kursus, dan juga apakah peluang tersebut menarik bagi Anda ataukah tidak.  Meskipun dengan kompensasi lebih besar, namun Job Description tidak sesuai dengan Kapasitas dan Ketertarikan Anda, maka akan sia-sia hasilnya jika dipaksakan.

5.  Persempit Pilihan Anda

Mungkin suatu waktu Anda dihadapi dengan beberapa pilihan.  Dengan memahami akan kekuatan, kelemahan dan ketertarikan Anda, waktu yang diperlukan untuk memutuskan mana pilihan terbaik yang harus Anda kejar akan lebih efisien.  Fokus pada beberapa pilihan yang sesuai dengan kriteria Anda tersebut

Hal yang layak jika Anda meluangkan waktu untuk menyelidiki peluang-peluang karir dalam organisasi atau industri. Dengan melakukannnya, Anda dapat menemukan peluang yang sangat cocok dengan minat atau keterampilan, mencari tahu tentang promosi dan lowongan pekerjaan sebelum orang lain, dan mengidentifikasi cara memperluas pengetahuan dan keterampilan.  Untuk melihat peluang karir, langkah berikut akan memandu Anda pada pencarian yang baik:

  • Memiliki pola pikir yang benar.
  • Mencari peluang.
  • Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan Anda.
  • Mengidentifikasi faktor-faktor lain yang penting bagi Anda.
  • Mempersempit pilihan Anda.
  • Siapkan Diri Anda, dan ambil tindakan.

Perlu diingat bahwa menemukan peluang besar adalah sebuah proses berkelanjutan, bukan tujuan! Mata dan Pikiran Anda tetap terbuka, dan bersabar dan gigih. Anda tidak pernah tahu pintu mana yang akan terbuka ketika Anda mulai mencari!

Leave a Reply