Bagaimana Cara Anda Cerdas dalam Memilih Seorang Pemimpin Yang Baik

Bagaimana Cara Anda Cerdas dalam Memilih Seorang Pemimpin Yang Baik

Bagaimana Cara Anda Cerdas dalam Memilih Seorang Pemimpin Yang Baik

Ikhtisar.com – Setiap lini kehidupan mulai dari organisasi masyarakat hingga organisasi bisnis selalu membutuhkan sosok pemimpin. Sosok ini sangat penting bagi keberlanjutan dan kesuksesan organisasi tersebut. Dia adalah orang nomor satu yang paling bertanggung jawab terhadap berjalannya organisasi dan segala hal yang dihasilkan dari organisasi tersebut.

Sebagian besar organisasi memilih sosok pemimpin dengan cara voting atau pemilihan umum. Untuk itu meski anda hanya seorang anggota, namun perlu memiliki kecerdasan dalam memilih pemimpin yang baik. Berikut ini 5 tips bagi Anda Cerdas Memilih seorang Pemimpin yang Baik.

1.  Mengenal Kepribadian calon Pemimpin

Dalam memilih pemimpin yang baik, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali kepribadian calon pemimpin. Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai calon pemimpin yang akan anda pilih. Kenalilah bagimana dia bersikap di masyarakat dan lingkungan organisasi yang akan dipimpinnya.

Kepribadian seseorang bisa terlihat bagaimana dia berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Jika dia disukai oleh banyak orang, ini bisa menjadi indikasi bahwa dia memiliki kepribadian yang baik. Namun jika sebaliknya, bisa jadi dia bukan pribadi yang baik. Sosok pemimpin harus memiliki kepribadian yang baik agar bisa diterima oleh semua kalangan.

2.  Memiliki Tujuan dan Tahu Cara Mencapainya

Pemimpin yang memiliki visi merupakan pemimpin yang mempunyai pandangan hidup jauh dan bertekad membawa kelompoknya ke arah yang lebih baik. Pilihlah pemimpin yang memiliki visi dan misi realistis dan bukan hanya janji semata yang mustahil untuk direalisasikan.

3.  Seseorang yang Adil

Pastikan bahwa calon pemimpin yang akan anda pilih adalah orang yang adil. Dia cenderung akan menempatkan segala sesuatu pada porsinya yang tepat. Meski keadilan adalah hal yang relatif, namun anda bisa mengetahuinya dengan cara bagaimana dia bersikap dan menentukan keputusan.

4.  Dapat Dipercaya

Kepercayaan kepada seorang pemimpin mutlak sangat diperlukan agar organisasi tersebut bisa berjalan dengan lancar. Sosok pemimpin harus memiliki jiwa amanah sehingga dia tidak mungkin akan melakukan tindakan korup yang menguntungkan dirinya sendiri dan merugikan orang banyak.

5.  Sosok yang Bertanggung Jawab

Tidak semua pemimpin bisa bertanggung jawab dengan baik. Meski dia telah mengatakan bahwa dia bertanggung jawab, namun kadangkala tidak ada tindakan nyata yang bisa dilakukan. Ingatlah bahwa bertanggungjawab tidak hanya di dalam ucapan saja, melainkan juga dilakukan dalam bentuk tindakan.

Misalnya ketika seorang pemimpin bisnis mengetahui bahwa aktifitas bisnisnya mengganggu kenyamanan masyarakat di sekitarnya. Maka tindakan tanggung jawab yang harus dilakukan adalah melakukan pendekatan dan memberikan kompensasi kepada masyarakat agar mereka menerima keberadaan bisnis tersebut.

Demikianlah 5 tips Cara Anda Cerdas ketika Memilih sosok Pemimpin yang Baik. Setiap pemimpin pasti memiliki gaya leadership yang berbeda-beda. Sebagai seorang anggota atau pihak yang mengambil suara untuk pemilihan seorang pemimpin, anda wajib menyesuaikan gaya kepemimpinannya dengan kebutuhan organisasi tersebut.

Leave a Reply