Bagaimana Anda tetap Produktif selama Perjalanan Dinas

produktif dalam perjalanan dinasPerjalanan Dinas sudah menjadi bagian dalam sebuah manajemen strategi membangun hubungan kerja dengan anggota tim atau dengan pelanggan di daerah lain. Hubungan kerja mungkin dapat dilakukan dengan cara komunikasi lainnya seperti telepon, surat elektronik atau tele-conference. Namun demikian, tatap muka langsung, melihat gelagat cara bicara, bahasa tubuh dan lainnya adalah cara efektif mempertahankan kerjasama tim yang solid. Sedemikian, maka perjalanan dinas ke daerah-daerah masih perlu dan tetap dibutuhkan sebagai konsolidasi dan koordinasi langsung.

Permasalahan yang mungkin muncul saat terjadi perjalanan dinas adalah bagaimana Anda tetap produktif selagi melakukan perjalanan atau sudah berada di tempat yang dituju sementara tugas dan kewajiban di daerah asal tetap termonitor baik.

1.  Perjalanan Dinas yang Cerdas

Sebelum Anda melakukan perjalanan dinas, maka pastikan rencana perjalanan Anda, sehingga tetap efektif dan efisien. Siapkan jauh hari sebelumnya, mulai dari obat-obatan pribadi, peralatan elektronik, kebutuhan mandi dan lainnya. Siapkan tiket perjalanan dan tempat menginap yang mudah terjangkau dan tidak memakan waktu lama untuk bertemu dan berkomunikasi dengan tim Anda.

Jika Anda melakukan perjalanan ke luar negri maka pastikan Anda tidak terganggu dengan proses-proses imigrasi dan administrasi lainnya, seperti paspor, visa dan lainnya.

2.  Dekat dengan Teknologi

To do list dapat Anda buat dalam telepon genggam dibandingkan tertulis dalam buku. Akses Anda terhadap data melalui teknologi sangat krusial, agar tidak tertinggal akan informasi penting yang berdampak pada pekerjaan yang Anda tinggalkan. Komunikasi dengan rekan kerja atau kolega jangan sampai terputus hanya karena Anda kurang mempersiapkan baterai telepon, dan jika perlu Anda dapat membawa powerbank meski baterai telepon sudah penuh 100%.

3.  Pastikan Kebutuhan Kerja Anda

Sementara Anda meninggalkan pekerjaan, maka pastikan orang-orang terkait memiki informasi yang mereka perlukan. Tidak salah kiranya Anda memberikan rencana jadwal perjalanan sebelumnya, sehingga mereka pun dapat mempersiapkan diri jika Anda tidak ada. Lakukan serah terima (hand over) pekerjaan yang ditinggalkan sementara Anda melakukan perjalanan dinas.

4.  Penuhi Kebutuhan Emosional Anda

Perjalanan dinas terkadang dapat membuat energi mental Anda terkuras dan berakibat stress. Untuk itulah tetap diperlukan komunikasi dengan keluarga atau teman dekat agar saling berbagi. Hubungi mereka disaat Anda tengah lelah dengan pekerjaan dan lakukan percakapan yang santai mengenai perjalanan Anda.

Perjalanan dinas juga membutuhkan energi fisik yang prima, agar tetap sehat dan bugar, Anda perlu beristirahat pada waktunya, makan makanan yang sehat, selain itu jika memungkinkan tetap melakukan aktivitas fisik, seperti olah kebugaran, berenang atau jogging.

Jika Anda seperti kebanyakan orang, perjalanan dinas bisa menjadi pemicu stres, dan dapat menghambat produktivitas Anda dan membuktikan sebagai biaya yang mahal bagi organisasi. Namun, Anda dapat mengambil sejumlah langkah efektif saat bepergian.

Mengurangi stres perjalanan adalah dengan penjadwalan perjalanan dan mengambil langkah-langkah untuk menghindari proses yang lama di bandara atau terminal. Tingkatkan efisiensi dengan menggunakan teknologi. Pastikan rekan kerja tahu keberadaan Anda, dan tetaplah berpegang pada jadwal kerja untuk mengurangi tekanan saat Anda bepergian. Akhirnya, tetap berkomunikasi dengan teman dan keluarga, makan yang baik, berolahraga, dan menyisihkan potensi downtime.

Leave a Reply