Bagaimana Anda dapat Menghadapi Orang-orang dengan Emosi Negatif

Bagaimana Anda dapat Menghadapi Orang-orang dengan Emosi Negatif
Bagaimana Anda dapat Menghadapi Orang-orang dengan Emosi Negatif

Setiap orang akan dikaruniai akal dan pikiran, hati dan perasaan, serta emosi.  Emosi dapat menjadi bagian yang mendukung karakter dan perilaku Anda, dan sebaliknya juga dapat berakibat buruk.  Sebelum berdampak lebih buruk maka sebaiknya Anda pelajari bagaimana mengendalikan emosi sehingga tidak berdampak negatif bagi kelangsungan hubungan Anda dengan orang lain.  Dengan Anda paham bagaimana mengendalikan emosi, maka akan mudah pula Anda berhadapan dengan orang lain.

1.  Ingat Data Statistik Perilaku Emosional

Sebuah studi mengatakan bahwa orang dengan perilaku negatif adalah orang yang sedang berada dalam kondisi STRESS dan mudah didatangi PENYAKIT karenanya.  Kesehatan mental sangat dominan pengaruhnya pada kesehatan fisik.  Jika seseorang senang melakukan bullying kepada rekan kerjanya, pertanda bahwa dia tengah dalam kondisi yang buruk.

2.  Kendalikan Respon Emosi Anda

Orang-orang dengan mental emosi negatif akan selalu mudah dipengaruhi oleh orang dengan perilaku emosi positif.  Jika Anda mampu mengendalikan emosi saat berhubungan dengan orang lain, Anda telah menciptakan kekuatan mental dalam diri, meski emosi adalah hal yang lumrah pada setiap manusia.  Dengan menjadi master dalam pengendalian diri, Anda telah mampu berhadapan kepada orang-orang yang kontraproduktif atau bahkan destruktif pikirannya.

3.  Fokus pada Pokok Masalah

Saat Anda berkomunikasi dengan orang-orang negatif, biasanya mereka akan melempar issue yang sebenarnya tidak relevan dengan pokok pembicaraan.  Ini adalah taktik mereka dalam meredam ketidakmampuannya dalam berhubungan dengan orang lain.  Fokuskan diri Anda pada pokok masalah atau isu pembicaraan yang ada, bukan dengan beralih atau bahkan teralihkan pada hal lainnya.

4.  Tetap Tenang

Jangan pernah kehilangan kendali akan emosi Anda, karena kemampuan Anda dalam menjaga emosi ini yang bakal menjadi modal besar kolaborasi dan hubungan kerjasama.  Meski mereka memberikan respon kurang baik dalam sebuah diskusi, tetaplah tenang dan jangan kehilangan fokus atau perhatian pada mereka.

5.  Minta Pendapat Orang lain

Anda bukan satu-satu yang pernah berhadapan dengan orang negatif dan sulit diajak kompromi.  Maka cari tahulah bagaimana orang lain mampu menghadapi masalah yang sama dengan orang yang sama.  Pengalaman rekan kerja Anda lainnya yang pernah berhadapan pada situasi tersebut akan bermanfaat bagi Anda dalam menghadapi masalah yang sama kelak.

6.  Meditasi

Belajar meditasi atau penenangan diri secara reguler akan berguna bagi pengendalian emosi Anda, tidak peduli situasi dan kondisi yang dihadapi.  Meditasi membantu Anda membangun kesabaran berhadapan dengan orang yang sulit.

7.  Bersikap Normal

Cara mudah menghadapi partner yang sulit, cukup dengan berlaku atau bersikap normal.  Sulit memang, namun langkah-langkah sebelumnya cukup membuat Anda lebih kuat menghadapi mereka.  Perilaku atau Sikap Normal Anda hendaknya sama dengan sikap menghadapi teman atau rekan kerja lainnya.

8.  Komunikasi yang Baik

Meski mereka akan condong negatif atau membawa pengaruh buruk, Anda perlu menjaga komunikasi yang baik dengan mereka.  Biarkan mereka berbicara sampai selesai, mengeluarkan semua pendapat dan keinginannya, serta melepaskan emosi atau perasaan mereka.  Berikan kesempatan pada mereka sebagai pembicara utama dan Anda sebagai pendengar yang baik.

9.  Abaikan

Jika semua hal diatas sudah Anda lakukan, dan rasanya masih belum berhasil memberikan solusi terbaik, maka langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah : ABAIKAN.  Hindari kemungkinan komunikasi dan atau kerjasama dengan mereka, dan jika tidak mungkin, cukup abaikan saja mereka.

Perilaku atau Sikap seseorang adalah cerminan kesehatan fisik dan mental.  Orang sakit akan cenderung emosional dibandingkan orang sehat, dan sebaliknya orang sehat dapat sakit jika terpengaruh emosinya.  Menjaga emosi perlu berjalan selaras dengan menjaga fisik.  Bagaimana Anda dapat Menghadapi Orang-orang dengan Emosi Negatif berpengaruh kuat pada kesehatan fisik.

Leave a Reply