Bagaimana Anda dapat memperluas Pengaruh?

pengaruh kepemimpinanPemberdayaan orang-orang Anda dan Lingkungan sekitar seperti Departemen atau Divisi lain akan mengubah dengan PASTI hidup Anda.  Karir dan Sukses akan berjalan dengan Proyektif dan Kuantitatif, maksudnya Anda dapat memperkirakan Kapan dan Seperti Apa Hasil Akhir Kinerja  dan semuanya dalam bentuk Angka yang Terukur.  Maka perluaslah Pengaruh Kepemimpinan Anda dengan cara Pemberdayaan orang-orang dalam Tim Organisasi Anda.

Pemimpin tidak lepas dari Pengaruh, dan tanpa Pengaruh tidak ada Kepemimpinan.  Bangun dan Kembangkan Pengaruh Anda maka Kesuksesan dan Kemudahan menyertainya.  Ibarat secarik kertas buram yang mungkin hanya jadi Pembungkus Makanan akan menjadi sebuah Sketsa bernilai Mahal dalam coretan Artis Lukis yang Kreatif dan Intuitif.  Artinya kertas buram yang diberdayakan memberikan Nilai Lebih (Add Value) terhadap Lingkungannya.

Tidak peduli seberapa banyak Pengetahuan dan Pengalaman Anda sebagai Top Management jikalau Anda tidak dapat mencapai hasil melalui orang lain maka Anda bukanlah seorang Eksekutif Hebat.  Ketika Anda bekerja bersama dengan dan lewat orang lain maka akan didapatkah Hasil yang Jauh lebih Banyak.  Memberdayakan orang lain adalah:

  • Berbagi Diri Anda kepada orang lain
  • Berbagi Pengaruh Anda kepada orang lain
  • Berbagi Posisi Anda kepada orang lain
  • Berbagai Kekuatan dan Peluang Anda kepada orang lain

Beberapa Pertanyaan yang harus dijawab sebelum Anda mulai

  1. Apakah Anda percaya dan yakin mereka sebagai Aset berharga dalam Organisasi dan Tim?
  2. Apakah Anda yakin dan percaya dengan memberdayakan orang-orang akan memberikan hasil jauh lebih banyak daripada hasil individual?
  3. Apakah Anda aktif mencari orang-orang dengan karakter pemimpin potensial untuk diberdayakan?
  4. Apakah Anda bersedia mengangkat orang lain ke tingkat kepemimpinan lebih tinggi bahkan daripada kepemimpinan Anda sendiri?
  5. Apakah Anda bersedia membiarkan orang lain mendapatkan pujian dan penghormatan sehubungan dengan apa yang Anda ajarkan?
  6. Apakah Anda bersedia terbuka memberikan wewenang dan pengaruh bagi orang dengan potensi kepemimpinan?
  7. Apakah Anda bersedia tersingkir dari suatu pekerjaan ketika orang lain mengaturnya?
  8. Apakah Anda bersedia menyerahkan tongkat kepemimpinan kepada orang yang diberdayakan dan Anda dengan sungguh-sungguh mendukung mereka?
  9. Apakah Anda memberikan kebebasan kepribadian dan proses kepada orang lain ataukah Anda harus selalu mengendalikannya?
  10. Apakah Anda bersedia meluangkan waktu untuk mengembangkan orang dengan potensi kepemimpinan?

Pemberdayaan orang dalam organisasi Anda bukan mematikan Potensi Anda sendiri selama Anda masih Belajar dalam Pekerjaan.  Dan tidak ada kekhawatiran ketika Anda mengembangkan dan memberdayakan orang lain untuk tergantikan posisi Anda.  Bila Anda menjawab “TIDAK” lebih dari dua pertanyaan tersebut diatas maka Anda perlu menyesuaikan Sikap dan Perilaku dalam Kepemimpinan Anda.  Berikan Kepercayaan pada mereka dan limpahkan Wewenang Anda untuk Hasil dan Performa Lebih Banyak dan Lebih Baik.

Leave a Reply