Bagaimana Anda dapat Memahami Orang Lain

Komunikasi adalah Pareto Utama Anda dalam menjalin hubungan personal dan membangun Organisasi lebih Efektif.  Ketrampilan Komunikasi menjadi sangat krusial dalam Pengembangan Diri dan Karir Anda.  Dan salah satu Ketrampilan Komunikasi yang penting adalah Memahami Orang Lain.  Mengembangkan Keterampilan memahami orang lain – Salah satu unsur terpenting dalam menjalin hubungan dengan orang lain yang efektif adalah memahami. Ya, keterampilan memahami adalah modal pertama untuk menarik simpatik dan respon positif dari orang lain. bahkan kemampuan memahami akan menjadikan Anda menang dalam setiap komunikasi, baik itu komunikasi antar pribadi, maupun komunikasi publik.

Tapi harus kita akui, memahami orang lain itu tidak semudah kita mengucapkannya. Ini bukan konsep melainkan sebuah keterampilan. Artinya untuk bisa memahami orang lain dengan baik, Anda perlu terus belajar dan berlatih sehingga keterampilan ini berkembang secara optimal.

Lantas bagaimana cara melakukannya? Inilah tips sederhana bagaimana mengembangkan keterampilan memahami orang lain dengan baik dan efektif.

1.  Orang selalu ingin dipahami dan dimengerti

Tidak hanya seorang anak kecil yang ingin dimengerti dan dipahami, namun setiap Pribadi tentu ingin dipahami dan dimengerti.  Inilah hal pertama yang perlu Anda pelajari dalam Pengembangan Kemampuan Komunikasi, yakni bisa mengerti orang lain dengan memandang dari sudut pandang mereka.  Ketika Anda menjalin Komunikasi dengan orang lain jangan sampai terjebak dengan meminta mereka yang memahami Anda dan Anda lupa untuk mengerti dan memahami mereka.

Mengerti Orang Lain2.  Belajar melihat dari Sudut Pandang orang lain

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya bahwa setiap orang ingin dimengerti dan dipahami, maka Anda perlu punya cara pikir, cara pandang dan tindakan yang berbeda kepada setiap orang.  Karena setiap orang pun memiliki Sikap dan Perilaku yang berbeda-beda pula.  Dan itu harus kita hargai, selama itu tidak merugikan diri kita. Jika Anda sedang berkomunikasi dengan orang lain entah itu personal maupun kelompok  maka melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain akan membuat Anda lebih bijak dalam memberikan tanggapan, bersikap atau bertindak. Anda tidak akan terpancing pada pendapat Anda sendiri. Namun Anda akan lebih bijaksana, seandainya ada beda pendapat antara Anda dengan orang lain. Selain itu dengan kemampuan melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain, maka Anda akan mampu memberikan sebuah solusi yang sesuai dengan cara berpikir dan cara pandang mereka. Hal ini akan menimbulkan respek dari orang lain terhadap diri Anda.

3.  Jadilah Pendengar yang Baik

Tidak ada satu pun orang pun yang lebih baik cara pemahamannya kecuali mereka yang senantiasa menjadi pendengar yang baik. Pendengar yang baik tidak hanya mendengar tapi mereka juga mampu menangkap dan merespon apa yang didengar dengan baik. Atau dengan kata lain pendengar yang baik adalah pendengar aktif.

Mengembangkan Keterampilan Mengerti dan Memahami orang lain adalah cara Tepat dalam Berkomunikasi. Anda tidak perlu menjadi seorang Negosiator Ulung, atau Seorang Ahli Bahasa, karena Komunikasi cukup dengan Mendengar dan Memahami.  Dengan menerapkan cara ini dalam kehidupan Anda, maka Anda akan mampu menjalin komunikasi Efektif dengan orang lain.

ikhtisar.com

Leave a Reply