Bagaimana Anda dapat melakukan Pemasaran Produk Baru dengan Langkah Kecil

Bagaimana Anda dapat melakukan Pemasaran Produk Baru dengan Langkah Kecil
Bagaimana Anda dapat melakukan Pemasaran Produk Baru dengan Langkah Kecil

Anda berhasil membuat sebuah produk baru dan yakin akan merajai pasar, namun ternyata jumlah stok di gudang menumpuk.  Pada awalnya hasil tes dan survei pasar mengatakan bahwa produk Anda disukai, namun Bagaimana Anda dapat melakukan pemasaran produk baru dengan langkah kecil dan meyakinkan konsumen untuk membelinya.  Inilah yang perlu Anda pelajari dari Sales 101, dimana langkah-langkah sederhana relatif efektif dan terbukti membuat produk Anda mencapai pasar dan tumbuh.

1.  Buatlah Rencana Penjualan

Sudah pasti rumusan awal dalam sebuah proyek apapun adalah membuat Plan atau Perencanaan.  Alokasikan waktu Anda, bahkan beberapa pebisnis sukses mengivestasikan banyak waktu untuk Perencanaan, mendefinisikan segmentasi pasar yang akurat.  Cari tahu sejauh dan sedalam mungkin Anda paham akan siapa calon konsumen atau pasar yang disasar.  Misalkan untuk calon konsumen wanita, apakah sudah menikah, mempunyai anak, usia anak dalam tanggungannya, usia konsumen, lokasi domisili konsumen dan lainnya. Demikian pula untuk calon konsumen Pria, apakah pekerja profesional, usia produktif, suka olah raga atau lainnya.

Perencanaan yang matang dan spesifik  akan makin memudahkan Anda mensasar target pasar dan usaha pemasaran yang efektif.  Pilihnya Sales Channel yang mudah menerima produk Anda, jangan memaksakan diri dengan Distribution Channel yang besar, namun menempatkan produk Anda dalam lini kedua atau ketiga.

Selanjutnya buatlah Pengembangan Sales Plan sebagai strategi pasar Anda.  Tuliskan dengan cara Anda yang mudah dimengerti dan dipahami.  Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah :

#Sales Goals

Target penjualan yang ingin Anda capai, dibuat dengan Spesifik dan Terukur.  Tetapkan berdasar kondisi dasar produk Anda dan dibuat menurut beberapa bagian. Misalkan Penjualan 50 unit dalam 30 hari untuk end user, dan Penjualan 100 unit dalam 30 hari untuk Reseller Lokal.

#Sales Activities

Takti atau strategi yang akan Anda lakukan untuk membuat penjualan.  Apakah direct to customer, ataukah melalui website, surat, SMS dan lainnya.  Atau mungkin Anda ingin melakukan penjualan partai besar pada retailer-retailer

#Target Account

Pastikan target konsumen Anda dan cara-cara menggapai mereka sehingga paham akan produk dan membeli produk Anda.  Semisal Anda mensasar mereka melalui Online, maka pastikan iklan yang terkait dengan produk Anda juga terpasang.

#Timeline

Buatlah jadwal yang terstruktur dari seluruh elemen diatas agar Anda dapat mendefinisikan hal-hal yang relistik terkait dengan perencanaan penjualan ini.  Timeline yang dibuat haruslah fleksibel untuk memudahkan Anda memantau pencapaian dan mengambil langkah korektif manakala target tidak tercapai.

2.  Bangun Pasar

Belajar bagaimana membawa produk Anda ke pasar dapat dimulai dengan Penjualan Langsung (Direct Selling) kepada konsumen langsung (end users).  Hal ini akan memberikan Kepercayaan Diri pada Anda dan memperoleh feedback, apakah ada Demand bagi produk Anda, dan bagaimana membuat produk yang referensif, sebelum Anda masuk dalam pasar yang lebih besar.  Dimana Anda dapat memperoleh konsumen langsung? Tentu tim pemasaran lebih cekatan menjawab situasi dan kondisi lapangan.

Setelah Anda medapat masukan langsung dari konsumen, maka perbaikilah kemasan dan harga produk sebelum masuk dalam pasar yang lebih luas.  Awalnya Anda akan memulai dari pasar kecil, lokal dan pemilik langsung, sebelum terjun dalam pasar besar, regional dan korporasi.

3.  Ekspansi Pasar Baru

Saat Anda telah berhasil memasarkan produk baru dalam lingkup lokal dan pebisnis pribadi, dan selanjutnya siap dengan mendukung pasar baru, inilah saatnya membuat penjualan yang lebih besar.  Pasar besar tergantung pada jenis produk yang Anda miliki, apakah produk tersebut cocok dimasukkan dalam saluran distribusi (Distribution Channel) seperti supermarket ataukah Anda cukup bermain Online.

Ekspansi pada pasar baru yang lebih besar perlu persiapan diantara:

#Pastikan Pembeli yang Tepat

Pasar besar berarti segmen konsumen akan makin luas dan beragam.  Pelajari lebih intensif calon konsumen Anda dan jaringan pemasaran yang tepat

#Siapkan Diri Anda

Pastikan produk Anda adalah profesional dan layak menjadi produk masal.  Katalog produk, brosur, kemasan dan tampilan adalah hal utama yang akan menjadi penilaian pasar terhadap produk Anda.

#Pahami Target Anda

Anda harus memahami siapa yang akan membantu Anda dalam pemasaran, jangan memaksakan pemasaran pada channel yang sebenarnya tidak suka dan tidak akan membawa sukses produk tersebut.  Anda hanya akan membuang banyak waktu dengan mereka.

#Ambil Program Spesial

Saat Anda masuk dalam jaringan distribusi besar, manfaatkan program-program khusus mereka. Hal ini akan memberikan nilai tambah pada produk Anda.  Misalkan sebuah jaringan supermarket besar membuat program spesial untuk Produk Lokal

#Sabar

Butuh waktu dan kesabaran untuk membuat produk Anda menjadi produk nasional.  Jangan berputus asa dan mudah frustasi, karena menyasar pasar yang besar butuh usaha yang besar pula.  Dan jadikan semuanya sebagai sebuah pembelajaran dan pengalaman.

Pemasaran produk baru merupakan sebuah proyek kerja yang tetap memerlukan Planning, Executing & Implementating dan Monitoring.  Bagaimana Anda dapat melakukan Pemasaran Produk Baru dengan Langkah Kecil harus dimulai dengan langkah kecil nan sederhana, untuk selanjutnya beranjak pada pasar besar dan langkah jauh.

Pemasaran Online Produk Baru Anda
Pemasaran Online Produk Baru Anda

Referensi : http://www.entrepreneur.com

Leave a Reply