Mari Ber-Brainstorming dengan Efektif tapi Menyenangkan

brainstorming effectiveSudah menjadi kebiasaan mungkin ketika Anda tengah memecahkan sebuah permasalahan, maka dilakukanlah pertukaran pikiran dan pendapat melalui kegiatan yang namanya brainstorming.  Brainstorming menjadi kebiasaan yang cukup positif pada dasarnya, namun justru akan menjadi bumerang ketika kegiatan tersebut hanya merupakan sebuah gugur kewajiban tanpa arah dan tujuan yang jelas.  Bagaimana Anda dapat memastikan kegiatan brainstorming tidak menjadi braindrizzles atau sebuah aktivitas yang biasa saja.  Mengutip dari inc.com berikut cara mudah untuk sebuah brainstorming yang efektif.

1.  Pastikan Anda mengundang otak bukan tubuh.  Organisasi akan terdiri dari beberapa macam orang yakni, pertama, orang yang selalu setuju dengan atasannya setiap waktu, dan kedua adalah orang yang mempunyai ide dan pendapat mereka.  Tipe orang yang yes-men hanyalah akan menambah kerepotan tersendiri pada sesi brainstorming, maka hindari untuk mengajak mereka.

2.  Hindari para negative thinker.  Mereka bagaikan selimut basah yang tidak menghangatkan namun justru membuat suasana makin kaku.  Pada saat Anda tengah mencari ide dan pendapat brilian sudah dipastikan mereka tidak berguna dalam forum diskusi atau brainstorming, namun jika Anda telah mendapat beberapa hasil dan memerlukan pemilahan lebih lanjut, disaat itulah para orang negatif ini diperlukan.

3. Tangguhkan Penilaian Anda. Untuk menjadi pemimpin yang efektif dalam sesi jajak pendapat, Anda tidak harus hanya memadamkan kecenderungan alami Anda dalam menilai ide-ide dan orang-orang, namun pendekatan semua ide yang ada bahkan dari seseorang yang jarang berbicarapun perlu diakomodir dengan baik.

4. Terima Ide Buruk. Jika Anda tengah brainstorming, hal terbodoh yang dapat Anda lakukan adalah mencirikan mana ide yang buruk. Akan tetapi perlu Anda pahami bahwa sebuah ide buruk pun akan menjadi pupuk bagi ide-ide bagus.

5. Lakukan untuk Kuantitas. Tujuan dari brainstorming adalah untuk mendapatkan sebanyak mungkin ide-ide dalam waktu yang sesingkat mungkin. Akan ada banyak waktu kemudian untuk memilah-milah ide mana yang baik layak dikejar.

6. Panaskan suasana. Sesi Brainstorming yag dingin tidak banyak memberikan ide terbaik, maka sediakan sedikitnya makanan dan minuman ringan.  Kopi dan Gula adalah sebuah dosis besar yang diperlukan sebelum dan selama sesi brainstorming berlangsung.

7. Tidak ada alat elektronik. Tidak perlu ada laptop, telepon , dan lainnya, dan semua tanpa pengecualian.  Ide dituliskan pada flip -chart dan tempel ke dinding.  Sesi brainstorming seperti ini akan sangat efektif terkait fokus setiap orang.

8. Lakukan dalam Waktu Singkat. Sesi brainstorming, cukup 15 sampai 20 menit. Waktu yang sangat efisien dimana setiap orang akan tetap berenergi dan mengakhiri pertemuan sebelum bosan.

9. Pertimbangkan Kemudian. Sering terjadi sebuah gagasan yang tampaknya gila diawalnya ternyata menjadi yang ide paling berguna. Biarkan untuk beberapa lama waktu berlalu agar Anda mendapatkan perspektif yang tepat dan kemudian pertimbangkanlah ide-ide yang ada sebelum memilahnya.

Leave a Reply