Aturan Main seorang Pemimpin yang harus Anda Ketahui

aturan main seorang pemimpinSetiap orang tahu bahwa menjadi pemimpin adalah role model dalam membangun sebuah hubungan yang kuat, antara dia dan pengikutnya.  Pemimpin adalah orang yang mempunyai pengikut, dan pengikut merupakan hasil dari pengaruh seseorang yang disebut dengan pemimpin.  Pemimpin tanpa pengikut bukanlah sebuah kepemimpinan yang jelas, dan demikian pula sebaliknya. Pemimpin yang hebat akan selalu membangun kekuatan dengan para pengikutnya, dan inilah yang menjadikan kepemimpinan terbentuk dengan mudah. Tindak tanduk seorang pemimpin akan membawa mereka menjadi pemimpin sejati atau sebaliknya, hanya seorang pemimpin karena posisi dan jabatan.  Berikut dikutip dari inc.com, beberapa aturan main menjadi seorang pemimpin yang perlu Anda ketahui, demi pengembangan karir dan karakater Anda menjadi lebih baik.

1.  Pemimpin adalah contoh berjalan atau contoh yang berlaku seperti ucapannya, walk to talk.

Sebagaimana seorang manager paham bahwa pernyataan “Lakukan seperi yang saya minta (do what i say)”, tidak akan lebih efektif dibandingkan dengan “Lakukan sebagaimana saya melakukannya (do as i do)”.  Pengikut akan lebih paham apa yang dilakukan pemimpinnya daripada apa yang diperintah oleh kata-kata.  Role Model adalah yang pertama, Perintah adalah yang kedua. 

2.  Pemimpin adalah orang yang membangun hubungan personal yang kuat.

Membangun hubungan dengan sesama individu didalam tim mereka adalah salah satu konsen dari seorang pemimpin.  Tidak hanya mereka dengan orang-orang dari anggota tim namun hubungan antar anggota tim itu sendiri.  Sehingga tercipta hubungan kohesif di dalam tim pendukungnya.  Membangun hubungan positif diantara Anda sebagai pemimpin dengan anggota tim dapat dilakukan dengan interaksi positif 5 kali lebih banyak daripada interaksi negatif.  Semisal tersenyum terhadap 5 perkara yang didiskusikan dan hanya sinis pada 1 hal saja.  Interaksi positif negatif inilaha yang akan memperkuat hubungan Anda dan anggota tim.

Leave a Reply