Atribut dan Sifat Inovator Terbaik bagi Bisnis

Atribut dan Sifat Inovator terbaik
Atribut dan Sifat Inovator terbaik

Atribut dan Sifat Inovator Terbaik bagi bisnis adalah sifat sering berbagi.  Apa saja yang sering mereka bagikan bagi lingkungan. Seorang inovator terbaik akan berada pada koridor Keterbukaan, Kenyamanan dalam Ambiguitas dan Eksplorasi Keterampilan.

Semua orang pasti paham bahwa inovasi itu penting, bahkan meski kita tidak yakin cara melakukannya atau apa hasilnya. Seiring meningkatnya permintaan akan inovasi, semakin banyak orang akan mengklaim dirinya “inovatif”.  Dan kebanyakan bisnis perlu mempekerjakan orang-orang dengan wawasan, kreativitas dan kemampuan berinovasi untuk memulai aktivitas tersebut.

Kondisi ini menghadirkan dilema nyata: siapa pun dapat mengklaim dirinya inovatif, dan hasilnya seringkali sulit untuk dievaluasi. Berdasarkan banyak pengalaman, kita dapat memberi tahu tentang sejumlah sifat atau atribut yang dimiliki oleh inovator sejati. Sifat Inovator Terbaik pada dasarnya ada tiga keterampilan atau atribut.  Anda dapat selidiki dalam setiap wawancara atau tatap muka, dan ketiga hal itu penting untuk inovasi yang sukses.

## 1. Pemikiran seorang Pemula

Kebanyakan orang diajar untuk membawa semua pengetahuannya tentang suatu keadaan atau masalah yang harus dihadapi saat memecahkan sebuah tantangan. Kita saat ini hidup di zaman keahlian dan pengalaman – dalam pengetahuan wawasan ke-ekonomi-an.

Tapi dalam wawasan yang benar-benar menarik dan kontra-intuitif, ternyata inovasi yang paling menarik dan mengganggu adalah saat Anda melihat masalah atau peluang.  Yang seolah-olah Anda belum pernah melihatnya sebelumnya.

Menggunakan pengetahuan dan pengalaman masa lalu bagus untuk perubahan bertahap.  Namun untuk perubahan dramatis Anda perlu melihat masalah dengan mata segar dan tidak terbebani.

Steve Jobs menyebut hal ini “pikiran seorang pemula” yang merupakan gagasan dari Buddhisme. Yang dibutuhkan adalah kemampuan untuk mundur (step back) dan bertanya mengapa masalah ini ada.  Apa yang jadi penyebabnya dan apa solusi yang ada atau jalan apa yang belum dieksplorasi.

Untuk mengetahui apakah inovator Anda unggul dalam “pikiran seorang pemula”, tanyakan pada mereka tentang pendekatan untuk memecahkan masalah baru yang menarik. Mereka yang memiliki pikiran pemula akan melakukan

  • Melangkah mundur (step back)
  • Membingkai ulang masalah (re-frame)
  • Mencari cara baru dan menarik untuk melihat/memecahkan masalah

Sifat Inovator Terbaik yang sering mereka bagikan adalah mengembangkan Pikiran seorang Pemula.  Setiap masalah akan dilihat dengan cara sederhana dan selalu berpikiran selayaknya orang baru.  Seorang pemula adalah orang yang terbuka dengan berbagai macam metode, pola atau sistematika.

## 2. Kenyamanan dengan Ambiguitas

Bisnis modern berjalan dengan aturan dan proses yang jelas, dan tentang pengetahuan dan keahlian yang didefinisikan dengan baik. SOP, Policy, Program akan menjadi dasar bisnis berjalan.  Ini berarti kebanyakan orang sangat nyaman dalam kondisi tertentu. Sebenarnya kondisi tersebut menjadi sifat kedua, dan beroperasi di luar kondisi tersebut mungkin tidak nyaman.

Sifat Inovator terbaik tidak pernah diam dengan kondisi yang stabil atau stagnan.  Meski bisnis tetap berjalan pada track-nya dengan revenue dan profit mencapai target, mereka tidak akan tinggal diam.  Inovator akan bergerak bebas demi memperoleh ketidaknyamannya.

Inovasi, bagaimanapun, sering membawa orang keluar dari zona nyaman mereka, mengenalkan alat baru dan cara berpikir baru, dan hasilnya terkadang suram dan tidak pasti. Orang yang tidak nyaman beroperasi di daerah abu-abu atau dengan data yang tidak pasti atau ambigu tidak bertahan lama dalam aktivitas inovasi.

Inovasi adalah perilaku anti mainstream yang tidak bermain dalam kondisi normal atau konvensional.  Jika sebuah proses berjalan normal selama beberapa bulan, maka ini menjadi tanda bagi inovator bertindak.

Untuk berinovasi, Anda harus merasa nyaman menemukan sesuatu yang baru, meninggalkan peta panduan dan menemukan solusi baru. Untuk menentukan apakah inovator merasa nyaman dengan ambiguitas, mintalah mereka menjelaskan situasi mereka bekerja tanpa lingkup atau pedoman yang jelas.

Anda harus melihat bagaimana mereka menemukan dan menafsirkan data kualitatif atau data tidak biasa.  Bagaimana pemikiran atau reaksi mereka terhadap cara kerja seperti itu. Mereka yang menolak bekerja di luar pengamatan tidak akan banyak menambahkan aktivitas inovasi.

## 3. Experimen dan Eksplorasi

Inovasi terjadi ketika orang yang termotivasi mengeksplorasi kebutuhan, melihat masalah dengan cara baru dan menggabungkan teknologi dan solusi berbeda.  Tujuannya adalah untuk menciptakan produk atau layanan baru. Semua pekerjaan ini membutuhkan ketertarikan dalam mengeksplorasi pasar dan teknologi baru dan bereksperimen dengan solusi baru.

Sebagian besar penemuan ini akan berakhir dengan kegagalan, atau tidak akan berjalan dengan baik. Sifat Inovator Terbaik mengerti bahwa mengeksplorasi solusi baru dan bereksperimen dengan teknologi baru adalah suatu keharusan yang sebagian besar tidak akan produktif.

Untuk menemukan karyawan yang merasa nyaman dengan bereksperimen dan mengeksplorasi, mintalah orang tersebut bercerita pengalaman mereka dalam meneliti teknologi baru.   Mintalah mereka bercerita pengalaman dengan kegagalan atau kebuntuan yang mau tidak mau terjadi. Jika respons mereka positif dan paham akan nilai ekplorasi dan investasikan waktu, maka Anda telah menemukan orang yang nyaman dengan eksplorasi dan eksperimen.

## Membangun Tim

Anda akan menemukan bahwa hanya sedikit orang yang memiliki ketiga atribut atau sifat ini pada tingkat yang sama, sehingga membangun sebuah tim benar-benar diperlukan.  Anda butuh orang yang saling melengkapi satu sama lain, yang satu mempunyai “pemikiran pemula” sementara yang lain mendorong eksplorasi dan eksperimen.

Tim Anda akan merasa sulit untuk berinovasi yang benar-benar menarik sampai mereka memikirkan kembali dan membingkai kembali bagaimana mereka melihat masalah, meluangkan waktu untuk mengeksplorasi dan bereksperimen dan memberi mereka kemampuan untuk bekerja dalam konteks yang ambigu dan mungkin tidak pasti.

Inovasi adalah bentuk perubahan sebuah bisnis proses yang sudah berjalan dengan normal.  Kondisi normal akan menjadi tanda-tanda bahaya yang serius Anda hadapi.  Karyawan dengan atribut dan sifat inovator terbaik adalah aset utama yang harus dibangun.

## Ciri-ciri Inovator Umumnya

Sifat Inovator sudah dijelaskan dengan gamblang.  Selanjutnya untuk memperkuat pemahaman Anda mencari karyawan yang inovatif,  maka perlu dilihat perilaku mereka.  Karyawan yang inovatif dan selalu berpikir melakukan inovasi mempunyai ciri-ciri berikut :

  • Memiliki kegigihan, keyakinan, dan kerja keras serta fokus pada tujuan.
  • Mereka akan selalu terbuka terhadap ide dan potensi baru yang biasa dilakukan orang.
  • Berani mengambil risiko, belajar dari kesalahan dan tetap bangkit kembali.
  • Pandai melihat pola dan melakukan analisa prediksi masa datang.
  • Mengkombinasikan hal-hal yang tidak terkait memiliki nilai tambah.
  • Penuh rasa penasaran tidak berhenti mencari jawaban dan selalu bertanya “why”

Jika diantara 2 atau 3 ciri tersebut ada pada karyawan Anda, maka mereka dapat dikondisikan menjadi inovator dalam bisnis.  Kolaborasi dengan beberapa orang lainnya akan membangun tim yang inovatif.

Leave a Reply