Apakah yang Wajib dilakukan Seorang Manager dalam Tugas dan Tanggung Jawabnya

Pelajaran pertama yang harus dipahami sebagai seorang Manajer adalah Manajer yang baik tidak melakukan semuanya “Don’t Do Anything”.  Aturan utama seorang Manager adalah mengkoordinir orang-orang mengerjakan pekerjaannya.  Bukan berarti setiap manajer hanya duduk seharian dibelakang meja.  Kita ketahui bahwa banyak manajer yang bekerja lebih lama dan lebih keras daripada orang-orang dalam timnya.  Dan untuk menjadi Manajer yang Handal, maka apakah yang Wajib dilakukan Seorang Manajer ?

  • Membangun Tim (Build A Team)
  • Memotivasi Orang (Motivated People)
  • Menjalankan Bisnis (Run The Business)
  • Membuat Perubahan dan Memperbaiki Sesuatu (Make Changes and Fix Things)
  • Hubungan ke “Atasan” dan “Kolega” (Manage Upward and Sideways)

manager doBuild A Team

Tugas pertama sebagai manajer adalah membangun tim, yang mana biasanya ketika menjabat manajer, seseorang telah memiliki orang dalam timnya.  Lakukan perubahan, yaitu “Penambahan” dan “Pengurangan”.

Jangan tergesa-gesa, pelajari dan amati kondisi tim yang ada sebelum pencampuran orang baru dan orang lama.  Tidak perlu membuktikan bahwa anda adalah “Manager”.  Luangkan waktu sebelum perubahan besar.

Motivated People

Hal pertama untuk membuat tim produktif adalah dengan memotivasi mereka.  Motivating People adalah hal yang sangat menantang bagi kebanyakan Manajer karena adanya perbedaan yang unik dari setiap anggota tim.  Manajer hanya perlu mencari cara-cara unik bagi setiap orang, karena motivasi tidak berlaku absolut terhadap person.

Run The Business

Ketika seorang manajer memotivasi timnya, dia harus tetap fokus dengan bisnis itu sendiri.  Manajer harus mengendalikan banyak hal, terutama yang berhubungan dengan personel dan keuangan agar perusahaan tetap eksis.  Manajer harus membuat keputusan hampir setiap hari tentang hal yang benar dalam melakukan sesuatu dan mempertahankan fungsi timnya dalam perusahaan.  Tidak peduli berapapun pencapaian tim anda, kecuali terjadi sinkronisasi dengan tim lainnya.

Make Changes and Fix Things

Banyak hal salah terjadi setiap hari, dan tugas seorang manajer adalah konsisten dalam memikirkan adanya perubahan.  Kunci utama seorang manajer adalah memperhatikan adanya kesalahan dan melakukan perbaikannya.

Manage Upward dan Sideways

Manajer harus menjaga tim sebaik mungkin agar kondusif, sedemikian dia harus berkomunikasi dengan organisasi diatasnya.  Atasan anda tidak perlu sampai turun tangan kepada tim anda dalam hal instruksi atau delegasi.  Your boss, and any bosses above him/her, need to go through you and not directly to your team.  Seorang manajer harus mampu meyakinkan bosnya akan kapasitas tim.

Selain itu seorang manajer perlu membina hubungan ke samping yaitu kolega dan rekanan se-level.  Fungsi tim anda akan maksimal jikalau mereka berhubungan baik terhadap departemen lainnya.  Anda menjaga kerjasama yang baik dengan rekanan akan membuka jalan bagi anggota tim bekerja efektif dan efisien.

ikhtisar.com

Leave a Reply