Apakah yang Anda lakukan dalam Manajemen Perubahan (Change Management)

Ketika Anda tengah mewawancarai calon karyawan atau tengah membuat Tim Anda fokus pada apa yang penting bagi mereka, maka Anda perlu melontarkan sebuah pertanyaan yang memprovokasi untuk berpikir dan berbicara.  Satu pertanyaan penting adalah “Apa yang membuat Anda bangga dalam hidup”.  Ini sangat penting dalam penggalian diri mengenai apa yang Paling Penting (Most Impotant), Pencerahan Diri (Self Enlightment), Karir Mandiri (Self Career) , Pendidikan Mandiri (Self Education), Teman-teman atau Keluarga.  Dan bagi banyak orang untuk Fokus pada satu hal yang paling penting sangat sulit ditengah kondisi yang sangat sibuk dengan hiruk pikuk Rutinitas atau Daily Activity.  Dan bagi orang yang memasuki masa pensiun, hal ini juga akan menjadi pertanyaan penting, ejauh mana reputasi mereka nanti, baik sebagai Profesional, Spesialis, Pemimpin atau Manajer Perusahaan.  Apakah mereka berkonsentrasi dengan dalam pekerjaan dan termotivasi tentang pekerjaan.

Buku berjudul “Who Moved My Cheesse” karya Dr. Spencer Johnson menyediakan serangkaian pernyataan yang dapat memprovokasi pembaca dalam pemahaman apa yang menghentikan mereka dari Menerima, Merangkul, dan Melihat ke Depan untuk Berubah (Change).  “Keju” adalah sebuah metafora untuk apa yang ingin Anda miliki dalam hidup – apakah itu Pekerjaan, Hubungan Cinta,Uang, Kepemilikan Sesuatu, Kesehatan, atau Pikiran Spiritual.  “Maze” adalah Tempat Anda mencari apa yang diinginkan – Organisasi Anda Bekerja, Keluarga atau Masyarakat di Lingkungan Tinggal.

Ketika Anda melihat guratan dinding sebagaimana tertulis dalam Buku tersebut, Anda akan menemukan bagaimana cara menghadapi perubahan, sehingga sedikit stress dan lebih berhasil dalam pekerjaan dan hidup.  Apa yang Anda liat dari cerita ini adalah:

  1. Change Happens (Perubahan Terjadi).  Dalam buku dijelaskan bahwa Keju terus digerakkan, dipindahkan.  Artinya perubahan akan semakin meningkat baik Teknologi Informasi, Populasi, Aliran Modal, Arus Migrasi, Kemampuan Akses Pengetahuan dan lainnya akan terus terjadi.
  2.  Anticipate Change (Antisipasi Perubahan).  Kompetisi akan semakin Agresif dan Ketat, sehingga setiap Perubahan yang Terantisipasi baik akan memenangkan Pertempuran Pasar.  Antisipasi dapat terjadi dalam Pembinaan Individu, Pengembangan Karir dan Analisa Pergerakan Pasar.
  3. Monitor Change (Perhatikan Perubahan).  Dalam buku dijelaskan bagaimana Keju selalu dicium agar tahu kapan siap matang, dan terjemahan dunia nyata adalah bagaimana melihat bahwa Organisasi Anda masih dalam liang sementara kehidupan sekitar telah berubah.
  4. Adapt to Change Quikly (Cepat Beradaptasi dengan Perubahan).  Biasakan Anda selalu membawa perlengkapan ketika lingkungan berubah, ibarat sedia payung sebelum hujan.  Anda tidak akan pernah tahu kapan perubahan terjadi, sehingga lebih baik membiasakan selalu membawa perbekalan.
  5. Change (Berubah lah).  Anda yang sudah meniatkan diri untuk berubah dan mempersiapkan diri menghadapi lingkungan yang berubah memiliki tingkat sukses lebih dibandingkan yang tidak.  Ketika segala persiapan sudah ada, namun Anda masih tidak yakin untuk melakukan Perubahan, semua hanya akan menjadi wacana.
  6. Enjoy Change (Nikmati Perubahan).  Jangan Anda melakukan Trial and Error dalam perubahan lingkungan, justru kesempatan Anda menikmati perbedaan dengan kegembiraan seteah menguasai dan melakukannya secara berulang.
  7.  Be Ready to Quikly Change again and again (Siap Berubah setiap saat).  Teknologi berkembang secara eksponensial dan jika tidak siap menghadapinya maka Anda akan punah.  Selalu pasang kuda-kuda siaga ketika Anda berjalan, berlari ataupun tengah duduk menikmati alunan musik.

Perubahan akan selalu terjadi dan Anda yang siap menghadapinya akan memenangkan Kompetisi.  Apakah yang Anda lakukan ketika Anda tidak Takut menjadi pertanyaan mendasar menghadapi Perubahan (Change).  Manajemen Perubahan (Change Management) adalah dasar keberhasilan dan Kesuksesan Anda dalam Karir dan Bisnis.

Leave a Reply