Apakah Strategi itu?, Tiga Level Strategi sebagai Dasar Definisi bagi Anda

definisi strategi dalam 3 levelAnda pasti sering mendengar kata-kata Business Strategy atau Strategi Bisnis dalam dunia kerja.  Bukan hal aneh mendengar istilah tersebut setiap saat.  Atasan Anda akan bertanya, “Strategi nya apa? Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan bisnis?”,  atau anak buah Anda akan mengajak diskusi mengenai Strategi Tim dan Divisi.  Namun pernah Anda lebih jauh mempelajari pengertian strategi sendiri?.   Ataukah sekedar cukup tahu tanpa harus paham akan maksud dan tujuannya?

Sebenarnya apakah strategi itu? Dan apakah Anda “ngeuh” bahwasanya dalam sebuah struktur organisasi akan ada perbedaan strategi yang dibutuhkan untuk masing-masing levelnya?

Ringkasan dan mindtools.com ini dapat menambah wawasan Anda mengenai pengertian dan definisi strategi bagi organisasi Anda.  Secara umum strategi dibagi menjadi 3 level, yakni Corporate Strategy, Business Unit Strategy dan Team Strategy.

Definisi Strategi

Strategi telah menjadi penelitian banyak orang ahli, para Business Leader, para Business Theorist.  Namun sampai saat ini belum dapat dipastikan pengertian dan definisi sebenarnya apa itu STRATEGI.  Mengapa demikian, karena satu alasan dimana setiap orang berpikir bahwa strategi dapat dilihat dari berbagai sudut pandang.

Beberapa pandangan mengatakan bahwa dalam menyusun strategi Anda perlu melakukan Analisa kondisi saat ini, mengantisipasi perubahan pasar dan industri, dan menyusun rencana masa depan agar berhasil dan sukses.  Sementara dilain pihak, ada orang yang menyatakan bahwa masa depan sangat sulit diprediksi maka strategi sebaiknya berjalan dan tumbuh secara organik atau natural.

Gerry Johnson dan Kevan Scholes, penulis “Exploring Corporate Strategy,” mengatakan bahwa strategi akan menentukan arah dan ruang lingkup sebuah organisasi dalam jangka panjang, dan mereka mengatakan bahwa itu harus menentukan bagaimana sumber daya dikonfigurasikan demi memenuhi kebutuhan pasar dan stakeholder.

Michael Porter, seorang ahli strategi dan profesor di Harvard Business School, menekankan perlunya strategi untuk mendefinisikan dan mengkomunikasikan posisi yang unik dari organisasi, dan mengatakan bahwa itu harus menentukan bagaimana sumber organisasi, keterampilan, dan kompetensi dikombinasikan untuk menciptakan keunggulan kompetitif.

Corporate Strategy

Dalam bisnis, Corporate Strategy (Strategi Perusahaan) mengacu pada strategi keseluruhan organisasi yang terdiri dari beberapa unit bisnis, yang beroperasi di berbagai pasar. Hal ini menentukan bagaimana perusahaan secara keseluruhan mendukung dan meningkatkan nilai unit usaha di dalamnya; dan menjawab pertanyaan, “Bagaimana kita membangun struktur bisnis secara keseluruhan, agar semua bagian-bagiannya menciptakan nilai lebih bersama-sama daripada mereka akan secara individual?”

Perusahaan Anda dapat melakukan ini dengan cara membangun kompetensi internal yang kuat, berbagi teknologi dan sumber daya antar unit bisnis, dengan meningkatkan efektivitas modal dan biaya, dengan mengembangkan dan memelihara brand perusahaan yang kuat, dan lain sebagainya.

Business Unit Strategy

Strategi dalam ruang lingkup unit bisnis terkonsentrasi kepada bagaimana suskes memenangkan pasar.  Namun demikian strategi unit bisnis tetap selaras dengan strategi pada level perusahaan.  Analisa yang kompetitif termasuk mengumpulkan data-data intelijen kompetitif adalah titik awal membuat Business Unit Strategy.  Anda dapat mencari tahu kompetensi inti, sehingga Anda dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dari berbaga cara.

Strategi dalam unit bisnis akan sangat tampak pergerakannya karena terkait langsung dengan pekerjaan masing-masing orang.  Ketika orang-orang memahami bagaimana mereka dapat membantu unit bisnis mereka “menang,” Anda memiliki dasar menentukan tenaga kerja produktif dan termotivasi. Dengan demikian, penting bagi Anda untuk mendefinisikan secara jelas misi, visi dan nilai-nilai dari unit bisnis.

Team Strategy

Eksekusi menjadi langkah terpenting dalam mencapai tujuan perusahaan.  Tahapan eksekusi akan dilakukan orang-orang Anda.  Eksekusi pada level Corporate ataupun Business Unit membutuhkan kerjasama dan kekompakan, dan dari masing-masing tim akan mempunyai kontribusi  kepada unit bisnis dan perusahaan.

Dalam Team Strategy Anda dapat menggunakan batasan kerja masing-masing seperti KPI (Key Performance Indicator).  Team Strategy haruslah sebuah Best Practices bagi individu mencapai obyektif mereka.  Beberapa aktivitas seperti Supplier Management, Quality Improvement atau Operational Excellence adalah faktor-faktor yang akan menciptakan dan melaksanakan strategi tim yang efektif.

Leave a Reply