Apakah Pengertian Strategi, sebuah Definisi Penting dalam Manajemen

pengertian strategiMasih banyak orang atau karyawan level Staff, Supervisor atau bahkan seorang Manajer pun belum paham benar tentang Definisi Strategi.  Pengertian Strategi sangat Komprehensif dan merupakan Debat tiada Habis dalam sebuah Diskusi atau Meeting Organisasi.  Adakalanya Strategi adalah sebuah Tindakan yang Kreatif dan Inovatif namun dilain sisi, Strategi diartikan sebagai Kegiatan yang Efektif dan Efisien.  Ada saatnya Strategi merupakan sebuah Inovasi namun dilain hal, Strategi hanya Implementasi Kegiatan Rutin sehari-hari.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang Definisi dan Pengertian Strategi, ada baiknya Anda mengetahui mengapa Strategi diperlukan? Khususnya dalam Kegiatan Bisnis dan Organisasi.

1.  Tanpa Strategi maka Anda akan mengisi waktu dengan…

  • Apa yang Anda inginkan
  • Apa yang Bos Inginkan
  • Tindakan Reaktif

2.  Tanpa Strategi, dengan mudah Anda menghabiskan Sumber Daya dan Waktu.

3.  Tanpa Strategi Anda akan melakukan Kegiatan Partial yang Tidak Efektif.

Beberapa Pengertian Dasar tentang Strategi adalah

1.  Rencana (Plan) yang Dikembangkan dengan Sadar dan Tujuan Tertentu.  Strategi merupakan sebuah Rencana yang Sengaja dibuat dan dikembangkan dalam lingkup Departemen atau Divisi dan Corporate untuk Tujuan dan Misi Tertentu.

2.  Taktik (Ploy) mengatasi Manuver Kompetitor.  Strategi dapat berupa sebuah Rencana Praktis atau Taktik dalam Menghadapi Persaingan Pasar atau Kompetitor, dengan mencari tahu melakui Analisis SWOT

3.  Pola (Pattern) Tindakan dengan Sengaja atau Tidak.  Tindakan yang bersifat dengan sengaja bisa didefinisikan pula sebagai Strategi, baik dalam kelompok kecil atau individu.

4.  Posisi (Position) Organisasi yang dikomparasi langsung dengan Kompetitor.

5.  Sebuah Perspektif (Perspective) melihat Dunia.  Cara pandang Organisasi dalam percaturan pasar Dunia.

Henry Mintzberg seorang professor di Universitas McGill Canada mendefinisikan Pola Struktur berbeda dan Pemikiran tentang Strategi berdasarkan Pemahaman dari Jenis-jenis Sekolah terhadap Deskripsi Strategi.  Secara Umum Henry menggambarkan perbedaan Strategi ibarat orang buta yang mencoba mendeskripsikan Gajah dari perspektif berbeda.

Ada 2 Kategori Sifat Strategi menurut Hendry, yakni

  • Prescriptive (Menentukan atau Menunjukkan)
  • Descriptive (Menggambarkan)

Strategi yang bersifat Prescriptive atau Memberi Petunjuk dan Bersifat Menentukan adalah :

  • Design (Pola, Konstruksi), Strategi sebagai Proses Penggambaran yang bertujuan pada Pencapaian selaras antara Kekuatan (Strengths), Kelemahan (Weaknesses), Kesempatan (Opportunities) dan Ancaman (Threats)
  • Planning (Perencanaan), Strategi sebagai Proses Formal yang sudah terstruktur dalam bentuk Aturan atau SOP.
  • Positioning (Posisi), Strategi merupakan Proses Analitik untuk mencapai Posisi pada Kondisi Pasar dan Industri.

Sedangkan Strategi yang bersifat Descriptive atau Bersifat Menggambarkan diantaranya adalah

  • Configuration (Konfigurasi, Susunan, Bentuk), Strategi menjadi Proses Transformasi antar lini organisasi yang ada.
  • Cognitive (Pengartian), Strategi sebagai Proses Mental dan Interpretasi Kreatif pada setiap Individu dalam Organisasi.
  • Cultural (Budaya), Strategi merupakan Proses Sosial yang berakar pada Budaya Perusahaan dan Fokus pada Kepentingan Bersama dan Integrasi Umum
  • Entrepreneurial (Wirausaha), Strategi sebagai Proses yang Visioner dengan seorang Pemimpin sebagai Central dan penuh Intuisi.
  • Environmental (Lingkungan), Strategi terjadi karena adanya Proses Reaksi terhadap Kondisi Lingkungan yang sangat berpengaruh dalam Proses Internal Organisasi.
  • Learning (Pembelajaran), Strategi muncul karena budaya Belajar Organisasi, sehingga terjalin adanya Formulasi dan Implementasi.
  • Power (Kekuatan), Strategi sebagai Proses Negosiasi, baik Individu atau Kelompok dan sangat fokus pada Kepentingan Personal.

ikhtisar.com

Leave a Reply