Pengertian Proses Strategi yang berguna dalam Tumbuh Kembang Perusahaan Anda

Sebuah Organisasi selalu mempunyai proses strategi yang sistematik, dan praktis.  Sebelumnya Anda telah mempelajari mengenai pengertian dan dimensi strategi, diantaranya Tujuan Organisasi, Proses Strategi dan Substansi Strategi.  Selanjutnya Anda perlu memahami Proses-proses yang dilakukan dalam sebuah organisasi untuk mengembangkan Strategi, dimana proses strategi ini harus berjalan simultan sehingga tujuan organisasi dapat tercapai.

Proses Strategi terbagi menjadi 3 bagian besar yaitu : Strategist (Strategic Thinking), Strategy (Strategy Formation) dan Organization (Strategic Change).  3 rangkaian ini harus berjalan berkesinambungan dan saling terkait.

strategistStrategist yakni orang yang terlibat dengan segala aktivitas strategi dengan memunculkan banyak pemikiran strategis (Strategic Thinking).  Seorang strategist memberikan banyak ide saran dalam pengembangan strategi, mulai hulu hingga hilir, dengan cara pandang sederhana.  Strategi adalah konsep sederhana yang dapat terimplementasi secara menyeluruh dalam level organisasi.

Strategy yakni Perencanaan, Taktik, Pola, Posisi dan Perspektif yang diperlukan dalam organisasi untuk mencapai tujuan dan visi misi.  Strategi adalah arahan bagi setiap pemimpin perusahaan dalam menjalankan roda ekonomi dan bisnis organisasi meraih impian dan harapan.  Strategi akan terkait dengan Sumber Daya Manusia, Financial, Operasional dan lainnya.  Inilah yang dimaksud dengan Strategy Formation, yaitu sekumpulan strategi dalam aspek organisasi.

Organization yaitu kumpulan kelompok individu yang saling bekerjasama mencapai tujuan yang sama, dengan visi misi dan strategi yang dijalankan selaras.  Organisasi menjadi kendaraan dalam proses strategi yang berjalan kerkesinambungan.

Proses Strategi yang merupakan rangkaian dari orang-orang dengan pemikiran strategis, dengan mempunyai petunjuk dan arahan yang bernama strategi serta dilakukan bersama-sama oleh sekumpulan orang dalam struktur organisasi yang jelas.

Leave a Reply