Apakah Pengertian dan Dimensi Strategi

Pengertian Strategi menurut Henry Mintzerg, Seorang Profesor dari Universitas McGill Canada yang digambarkan dengan 2 Kategori dan 10 Macam Model, telah membawa Anda kepada Pengertian Strategi secara lebih Jelas dan Lengkap.  Dengan demikian pada tahap selanjutnya Anda perlu mengerti tentang Dimensi Strategi yang meliputi : Process (Proses), Content (Subtansi) dan Context (Hubungan).

Gambaran Umum dari Dimension of Strategy adalah Kondisi yang berada disekitar Aktivitas Strategi itu sendiri, seperti Tujuan Organisasi, Proses-proses Strategi dan Isi atau Subtansi Strategi.

1.  Tujuan Organisasi adalah Inputan dalam Pembuatan Strategi, agar berjalan sesuai dengan Proses sebagaimana mestinya.  Tujuan Organisasi menjadi petunjuk bagi rencana kerja pelaksanaan strategi tersebut.

2.  Proses Strategi adalah Aktivitas-aktivitas yang berjalan Simultan untuk mencapai Tujuan Organisasi.

3.  Substansi Strategi adalah Hasil Akhir dari setiap Proses Aktivitas yang telah dijalani dengan Tepat dan Akurat.

Organizational Purpose –> Strategy Process –> Strategy Content

Strategy Process (Proses Strategi)

Proses-proses yang meliputi sebuah Strategi dapat berjalan secara Berkesinambungan adalah Kombinasi dan Korelasi antara Manusia sebagai Pelaku, Strategi sebagai Alat dan Organisasi sebagai Wadahnya.  Manusia yang menjalankan Strategi disebut Strategist, dimana Anda perlu mengembangkan dan menjalankan Pola Pikir yang Strategis. Proses Berpikir yang Strategis menjadi kewajiban seorang Strategist.  Selanjutnya Strategi menjadi Formasi Utama agar proses berjalan sesuai dengan Rencana yang disepakati.  Setelah itu, Organisasi menjadi Wadah agar pelaksanaan Proses Strategi berlangsung Tepat Sasaran dan mendapat Dukungan dari Manajemen.  Implementasi Strategi akan mengarah pada Manajemen Perubahan yang cukup berpengaruh pada Organisasi Umumnya dan Individu Khususnya.

Strategy Content (Substansi Strategi)

Strategi akan mempengaruhi banyak Level Organisasi, mulai dari Level terbawah sampai Puncak, mulai dari Internal Organisasi sampai dengan Eksternal.  Pada akhirnya Strategi adalah sebuah Mekanisme yang terkait pada semua bagian Organisasi, seperti Functional, Operational, Corporate dan Partnership.  Masing-masing Bagian tersebut akan membentu sebuah Strategi tersendiri yang merupakan bagian ter-Integrasi kepada seluruh Strategi Organisasi.

Strategy Context (Relasi Strategi)

Relasi dalam sebuah Strategi sebagaimana Strategy Content merupakan Hubungan Timbal Balik Internal dan Eksternal.  Hubungan Internal terlibat antar Departemen atau Manajer dan Divisi, sedangkan Hubungan Eksternal melibatkan Antar Industri sejenis dan Antar Negara terkait.

ikhtisar.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>