Apakah Pelajaran Kepemimpinan dari Bill Gates pada Tahun 2015

Apakah Pelajaran Kepemimpinan dari Bill Gates pada Tahun 2015
Apakah Pelajaran Kepemimpinan dari Bill Gates pada Tahun 2015

Bill Gates mungkin tidak melegenda seperti halnya Steve Jobs atau sepopuler Mark Zuckerberg, namun tidak dapat dipungkiri bahwa Bill Gates adalah tokoh sangat berpengaruh dalam dunia teknologi.  Meski berangkat hampir bersamaan dalam pengembangan teknologi komputer antara Gates dan Jobs, namun masing-masing mempunyai keunggulan berbeda dan mempunyai keahlian unik dalam dunianya.

Bill Gates yang tercatat sebagai orang terkaya dunia memberikan wawasan kepada Anda bagaimana menjadi seorang pemimpin yang sukses dengan berpijak pada potensi diri sendiri.  Pada Oktober tahun 2015, saat berusia 60 tahun, Bill Gates mengajarkan Anda tentang Definisi Kepemimpinan yang bisa dijadikan pembelajaran.

1.  Carilah Penawaran Terbaik untuk Anda

Saat microsoft masih berumur 6 tahun, Gates sudah membuat terobosan dengan membeli operating system yang dimodifikasi pada akhirnya menjadi MS-DOS yang Anda kenal sebelumnya.  Microsoft mengembangkan software khusus yang akan digunakan IBM pada saat itu dan diinstall pada PC pertama yang diciptakan.  Setelahnya sejak tahun 1981 MS-Dos berkembang di pasar merajai penggunaan operating system untuk PC. Gates dan IBM sudah melakukan kerjasama terbaik mereka untuk membuat orang-orang bekerja lebih baik menggunakan PC.  Penawaran Terbaik dengan IBM inilah yang menjadi langkah awal suksesnya Microsoft sampai saat ini.

2.  Gunakan Posisi Anda untuk Memberi

Seorang pemimpin yang baik akan sangat paham bahwa kesuksesan mereka perlu dibuktikan dengan memberikan perhatian kepada orang-orang yang memerlukannya, tergantung pada posisi mereka saat itu.  Gates menyumbang miliaran dolar untuk kesejahteraan orang-orang sekitarnya yang membutuhkan.  Dunia Pendidikan, Kesehatan Masyarakat dan Ketersediaan Teknologi adalah bagian dari upaya filantropi yang dilakukan Gates bersama Yayasannya.

Posisi sebagai pemimpin adalah posisi dimana Anda perlu menjadi pelayan bagi orang yang mengikuti.  Menjadi seorang yang paling depan bertanggungjawab terhadap kesejahteraan mereka.

3.  Banyak Membaca

Meski sudah menjadi seorang yang berkelebihan dan berkecukupan, namun Gates melalui blog nya, menjelaskan bahwa dia masih menyediakan waktu untuk membaca.  Banyak buku yang direferensikan tidak hanya tentang teknologi, namun juga mengenai kartun, humor dan sebagainya.  Seorang pemimpin yang sukses penting untuk memahami dan memperhitungkan segala macam perspektif dan tahu bahwa inspirasi bisa datang dari mana saja.  Inilah saran dari Gates agar Anda tetap banyak membaca, apapun jenis bacaannya.

4.  Jangan Lupakan Kesenangan Diri

Tiap orang akan mempunyai sisi kesenangan sendiri, dan Gates pun tidak selalu serius membahas masalah-masalah berat disekelilingnya.  Terkadang Gates masih bermain kartu Bridge atau terlibat dengan kegiatan seperti Reddit’s Secret Santa Program.  Sisi manusiawi yang ringan dan menyenangkan adalah bagian dalam perbaikan mental dan psikologi Anda sebagai pemimpin.  Bersenang-senanglah, melakukan hobi Anda, berjalan-jalan atau sekedar mengurung diri dikamar seharian, adalah cara untuk mempertahankan ritme kepemimpinan Anda tetap stabil.

5.  Jadilah Pribadi Yang Bergairah dan Kolaboratif mengejar Visi

Mengejar impian agar “a computer on every desk and in every home”, Gates wajib dan harus mengembangkan tim berisikan orang-orang terbaik.  Mencari-cari orang terbaik adalah bentuk ujian sekaligus penghargaan terbaiknya sampai pada titik dimana orang-orang akan bekerja sama dengan baik.  Gates berpikir bahwa visi adalah sesuatu yang harus dikejar dengan Hasrat dan Gairah dan dalam proses pengejarannya Anda perlu membentuk diri sebagai orang yang Kolaboratif.

6.  Jangan Berhenti Bertanya Apa yang Bisa Anda lakukan Lebih Baik

Pidatonya di Harvard pada tahun 2007, Gates berbicara tentang pentingnya mengubah Kepedulian menjadi Tindakan untuk memecahkan masalah di seluruh dunia. Dia mendesak lulusan universitas untuk tidak dipadamkan oleh kompleksitas masalah, tetapi mencari penyelesaian langkah demi langkah. “Tentukan Tujuan, Temukan Pendekatan Tertinggi, Ciptakan Teknologi Ideal, dan Buat Aplikasi Cerdas dari teknologi yang sudah ada”, demikian Gates berujar.  Lebih Lanjut Gates berkata,“Yang terpenting adalah Anda Tidak Pernah Berhenti untuk Berpikir dan untuk Bekerja” … Langkah Akhir – setelah melihat Masalah dan menemukan Pendekatan Sokusi – adalah Mengukur Dampak dari pekerjaan Anda dan berbagi Keberhasilan dan Kegagalan sehingga orang lain belajar dari Anda “.

Bill Gates memberi banyak Pelajaran Kepemimpinan bagi Anda pada tahun 2015, saat usianya sudah menginjak 60 tahun.  Meski sudah tercatat bertahun-tahun sebagai orang terkaya dunia, Gates juga tetap menginvestasikan kekayaannya untuk kesejahteraan dunia, dalam bidang Pendidikan, Kesehatan, dan Teknologi.  Dimana ada Kekuatan Besar disitulah ada Tanggung Jawab Besar pula.

Leave a Reply