Apakah Pekerjaan menjadi Kutukan bagi Eksistensi Anda?

apakah pekerjaan menjadi kutukan bagi eksistensi Anda
apakah pekerjaan menjadi kutukan bagi eksistensi Anda

Kita semua pantas memiliki pekerjaan yang sesuai dengan kehidupan kita, memiliki pekerjaan yang kita cintai, dan merasa seperti milik kita.  Makna apa yang Anda alami sebagai akibat dari pekerjaan Anda? “Manusia di seluruh dunia perlu bekerja untuk berbagai alasan, termasuk keinginan dasar manusia untuk berkontribusi pada sesuatu yang lebih besar daripada diri kita sendiri,” tulis Moe Carrick dan Cammie Dunaway dalam buku mereka, Fit Matters: How to Love Your Job.  Pekerjaan adalah naluriah yang mendasari manusia aktif, karena terkait dengan Basic Needs mereka.  Dan jikalau Pekerjaan menjadi kutukan terhadap eksistensi mereka, maka itulah saatnya Anda melakukan introspeksi pengembangan karir yang lebih baik.

Adalah kebutuhan untuk berkembang di tempat kerja bagi setiap karyawan agar mereka melakukan pekerjaan yang berarti. Hasil Penelitian menemukan bahwa 71 persen generasi milenium melaporkan bahwa pekerjaan bermakna adalah faktor karir yang paling penting. Bahkan eksekutif dalam studi Deloitte menempatkan makna (meaningful) sebagai pengaruh utama bagi pekerjaan yang memuaskan. Namun, mencari pekerjaan yang memenuhi kebutuhan pribadi Anda sehingga bermakna bisa cukup sulit didapat. Kegaduhan, drama dan sandiwara, dan kelelahan yang terkait pekerjaan, saat ini sangat membutuhkan waktu dan pikiran yang fokus. Dan lebih dari itu, bagaimanapun juga, Anda harus melakukan pekerjaan yang sesuai dengan musim karir Anda, atau istilah umumnya “Work Fit”.

Penulis Fit Matters: How to Love Your Job, menjelaskan pekerjaan yang sesuai dengan cara berikut ini:

Harapan, Nilai, Kepribadian, dan Keterampilan Anda sesuai dengan Nilai, Budaya, Tujuan, dan Pekerjaan dalam perusahaan yang sesuai. Carrick dan Dunaway mengingatkan bahwa ini bukan tentang “Sesuai-Fitting In”. Agar sesuai (Fit In) sering Anda berkompromi dengan diri sendiri, dan menjadi seperti orang lain. Sebaliknya, bila pekerjaan ini bukanlah kutukan bagi keberadaan Anda, Anda tentu bisa mewujudkan diri terbaik Anda untuk bekerja dan melakukan pekerjaan terbaik.

Jika Bekerja Tidak Sesuai

Bekerja akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda dan pengaruhnya terhadap kesejahteraan sangat signifikan. Pertimbangkan dampak stres pada kesehatan mental Anda saat bekerja.

Dalam satu studi organisasi, dampak finansial dari 25 masalah kesehatan fisik dan mental yang berkepanjangan – depresi, kecemasan, sakit punggung, radang sendi, obesitas, misalnya – sangatlah mengkhawatirkan. Hanya untuk gangguan kesehatan mental, biaya tidak langsung dari kehilangan produktivitas melebihi pengeluaran terkait dengan kesehatan dan biaya berobat. Tekanan dari pekerjaan yang tidak sesuai sangat berdampak pada bottom line bisnis.

Jika Bekerja Sesuai. . . Cocok

Carrick dan Dunaway mencurahkan seluruh bagian buku mereka untuk membantu Anda menemukan atau menilai apakah pekerjaan sesuai dengan apa yang penting bagi Anda. Nasihat mereka menunjukkan dunia yang mengganggu saat ini, dunia yang akan membantu Anda dengan mudah kehilangan diri jika Anda tidak sadar. Pertimbangkan efek buruk media sosial terhadap kita: membandingkan diri terhadap seseorang yang tampaknya memiliki kehidupan yang lebih baik atau seseorang telah menerima lebih banyak, dan terlihat dari gambaran atau wawasan mereka; Rasa Takut Kehilangan pada sesuatu yang “keren”, “baru” atau “menyenangkan”. Era digital akan semakin dalam jika Anda tidak mau berkembang atau memiliki identitas diri yang tajam.

Agar Anda menemukan pekerjaan yang sesuai, dibutuhkan Self-Examination atas apa yang Anda anggap penting. Hal ini membutuhkan pencarian umpan balik yang membantu Anda tumbuh. Hal ini menuntut Anda mencurahkan waktu untuk mengembangkan bakat dan potensi. Tanpa melakukan self-work, Anda cenderung akan menyukai keinginan yang menyesatkan Anda.

Carrick dan Dunaway menyediakan peta untuk memandu ujian-diri Anda. Enam Elemen Pekerjaan yang Sesuai, yang akan memandu Anda sehingga tidak lagi merasakan pekerjaan sebagai kutukan dari Eksistensi Diri.

  1. Meaning Fit: Menemukan signifikansi dalam pekerjaan Anda. Saat Anda bekerja dan merasakan banyak manfaat, ini berarti pekerjaan Anda mempunyai Arti (Meaning).
  1. Job Fit: Adanya keselarasan dalam tanggung jawab Anda yang tentu sebanding dengan Kekuatan dan Talenta Anda. Jika talenta Anda tidak sesuai, itu berarti Anda harus berganti Pekerjaan.
  1. Culture Fit: Percaya adanya kesesuaian antara apa yang Anda dan perusahaan pegang adalah penting. Budaya yang cocok akan meningkatkan Produktivitas setiap karyawan dan tentu akan membangun produktivitas perusahaan secara keseluruhan.
  1. Relationship Fit: Mempunyai rasa memiliki di tempat kerja karena adanya hubungan yang berarti, antara atasan dan bawahan, dan antar rekan kerja yang setara.
  1. Lifestyle Fit: Menikmati kehidupan di luar pekerjaan, karena beban kerja betul-betul dapat ditinggalkan manakala Anda pulang di sore hari.
  1. Financial Fit: Percaya adanya keadilan finansial dalam bagaimana Anda diberikan kompensasi atas pekerjaan yang dilakukan. Saat Anda mendapatkan kompensasi dan benefit yang sesuai dengan apa yang Anda berikan, tentu suasana kerja semakin menarik.

Masing-masing kita pantas memiliki pekerjaan yang kita cintai. Sama pentingnya adalah bahwa kita merasa dihargai, diinginkan, dan bisa menjadi diri kita sendiri saat berada di tempat kerja. Anda dapat menggunakan enam elemen di atas untuk memandu eksplorasi pekerjaan yang sesuai atau mengembangkan rencana untuk memiliki pekerjaan yang Anda sukai.

Leave a Reply