Apakah Kepemimpinan Anda Terlihat?

Anda seorang CEO tapi apakah Anda Tampak dan Bertindak seperti layaknya seorang pemimpin?

Tunjukkan Kepemimpinan Anda dengan beberapa cara berikut.

Sebagian besar anggota tim tahu ketika mereka sedang melakukan pekerjaan dengan baik. Mereka sering memiliki keahlian tertentu, dan mereka memiliki batas waktu (deadline) yang jelas. Tidak sulit dalam melihat Performa dan Kinerja seorang Pengikut atau Karyawan.

Sedangkan bagi para pemimpin, hal itu sedikit berbeda. Bagaimana Anda menunjukkan bahwa Anda sedang memimpin? Berikut adalah lima kompetensi menunjukkan bahwa Anda pemimpin yang baik. Keterkaitan satu dan lainnya, dan masing-masing dirangkai dengan pertanyaan untuk membantu Anda berpikir mengenai peluang untuk menampilkan kepemimpinan.

1.  Keterlihatan (Visibility)
Anda akan sangat canggung jika menjadi seorang pemimpin yang jarang bertemu dengan anggota tim.  Anda tidak pernah terlihat dalam presentasi-presentasi formal atau mengumumkan sesuatu kondisi kritis dan genting, maka akan menjadi preseden kurang baik sebagai pemimpin.  Para pemimpin perlu dilihat oleh pengikut, secara sederhana adalah “Mengelola dengan Berkeliling-Managing by walking Around“. Semakin sedikit Anda melakukan Observasi dan Pengelolaan Lingkungan Sekitar, jelas Kesempatan bisa hilang, atau ekspresi yang kuat dari kepemimpinan berkurang.

Sebagai seorang Pemimpin, kapankah Anda merasa keluar dari zona kenyamanan? Mungkin hal itu terjadi ketika Anda harus menyampaikan Berita Buruk atau Tidak Populer, atau Menengahi Konflik antara dua Laporan Langsung, atau Melakukan Tugas Penting yang Anda tidak suka.  Banyak Anda temui bahwa seorang CEO enggan untuk mengumumkan Prestasi Tim nya jika masih dalam skala Kecil atau Menengah, dimana dia mendelegasikan hal itu kepada Eksekutif lain untuk melakukannya.  Bagaimana Anda dapat terlihat oleh Tim ketika hal ini yang cukup sederhana pun dilakukan oleh orang lain.

Jawabannya adalah

  • Jangan Berpura-pura untuk Terlihat Jauh
  • Tanyakan pada diri Anda apa yang membuat tidak nyaman
  • Bantu diri Anda melakukan persiapan menghadapi ketidaknyamanan
  • Pertimbangkan beberapa Perilaku yang Anda inginkan
  • Posisikan diri dalam Ruang Mental yang berbeda
  • Maka Anda akan terlihat Lebih Produktif dan Tidak Stres.

2. Persiapan (Preparation)

Banyak pemimpin besar hebat dalam mempersiapkan Perangkat Kepemimpinan (Fakta-fakta, Angka Perencanaan, atau Bahan Presentasi). Namun terlalu banyak pemimpin, tidak mempersiapkan secara teratur kebutuhan sehari-hari dalam kepemimpinannya. Hal Ini adalah Kesalahan, karena kebanyakan pemimpin akan menghadapi Tantangan yang Kompleks, Aktivitas yang menyita waktu tiada henti, dan Meningkatnya tekanan untuk memenuhi tujuan di mana mereka tidak memiliki control dan monitoring langsung. Sedikit persiapan rutin cukup untuk pergi jauh.

Kepemimpinan bagaikan kegiatan Atletik yang melibatkan seluruh anggota tubuh, melibatkan energi fisik, mental dan emosional.  Kepemimpinan adalah aktivitas dan praktik seluruh tubuh serta memerlukan persiapan semua orang.  Tanyakan pada diri Anda sebelum menjalankan seluruh agenda kepemimpinan, bagaimana cara saya  mempersiapkan diri untuk seluruh hal ini?.

3. Kenyamanan (Comfort)

Kenyamanan Anda tergantung sejauh mana Persiapan yang telah biasa ANda lakukan dalam menjalani kegiatan-kegiatan sebagai pemimpin.  Ketidaknyamanan akan meningkat seiring kurangnya persiapan.  Anda perlu berlatih dengan melakukan persiapan sederhana yang berulang sebagai kegiatan rutin.  Kenyamanan ini tidak berhubungan dengan Kesenangan dan Relaksasi, dimana Anda dapat melakukannya melalui tangan orang lain, namun merupakan Perwujudan Lengkap Kepemimpinan.

Tanyakan pada diri Anda, bagaimana Anda dapat merasa nyaman dengan Tanggung Jawab dan Tuntutan Kepemimpinan.  Carilah keraguan yang mungkin ada dalam pemikiran Anda, naluri yang muncul karena perasaan apa yang harus terjadi, atau rasa takut akan masalah yang seharusnya tidak dihadapi.  Ketika Anda tidak mengatasi rasa ketidaknyamanan maka akan terlihat dan dirasakan pula oleh orang lain.  Kepemimpinan Anda akan tampak lemah dan tidak produktif.

4. Pendengaran (Listening)
Pemimpin efektif adalah Sering Mendengarkan daripada Sering Berbicara.  Bukan berarti Anda tidak berhak dalam mengemukakan Pendapat namun lebih  bijak jika Anda lebih sering menahan diri tidak berbicara sebelum mendengarkan lebih banyak dari sekitar Anda.  Kesulitan jaman modern ini adalah mendengarkan orang lain, walaupun banyak pula pemimpin yang berhasil melakukannya.  Kompetensi sebagai Pemimpin yang Mendengar adalah cara termudah Anda dalam Menunjukkan Kepemimpinan.  Pikirkanlah cara Anda mudah mengingat sesuatu bahwa Anda harus mendengar lebih banyak dibandingkan berbicara lebih banyak.  Semakin sering mendengar akan makin membuat Kepemimpinan Anda Terlihat.

5. Kombinasi (Blend)
Pada fase ini Anda harus memiliki analisa yang akurat kapan harus TERLIHAT dan kapan harus MENJAUH.  Dimulai dengan Visibilitas dimana Anda akan berbaur dan masuk dalam orang-orang Anda dan menarik diri keluar jika melihat potensi resiko yang ada seperti adanya Kabar Buruk, Isu-isu Negatif dan mungkin Perspektif yang menantang Status Quo.  Kepemimpinan tidak selalu mengenai Anda, namun dapat pula mengenai orang-orang disekitar Anda, maka temukan momen yang tepat Kapan Masuk dan Kapan Keluar sehingga orang lain mendapatkan perhatian yang mereka butuhkan.  Bagaimana cara Anda menaikturunkan volume kehadiran kepemimpinan. 

Kepemimpinan adalah proses belajar terus menerus yang tiada henti dan akan selalu berkembang dengan semakin dinamisnya perilaku dan tingkah manusia.  Jaman modern lebih sulit dalam menerapkan kepemimpinan karena makin terbukanya informasi dan pengetahuan bagi setiap orang.  Hal ini menjadi tantangan Anda dalam Memperlihatkan Kepemimpinan yang Efektif dan Produktif.

ikhtisar.com

Leave a Reply