Apakah Introvert Itu?

Anda tentu mungkin sering mendengar orang yang tertutup dengan sebutan introvert atau orang yang terbuka dengan sebutan extrovert.  Pengertian tersebut tidak salah namun masih kurang tepat.  Banyak pengertian lainnya yang  dapat menjelaskan tentang sifat Introvert dan Extrovert.  Anda mungkin akan bernafas lega ketika menyadari bahwa ternyata Anda bukanlah orang yang berperilaku aneh karena sebagian kita menganggap orang dengan perilaku berbeda pada umumnya termasuk introvert.

Mungkin hal berikut adalah beberapa cara dan perilaku yang menggambarkan sifat introvert:

1.  Anda adalah Pembatin, dunia Anda ada di dalam benak dan akan mendapatkan energi dan peremajaan dengan menyendiri, menjauh dari orang lain.

2.  Anda tidak menyukai orang banyak dan kebisingan, lebih memilih untuk menghabiskan waktu di alam, di rumah, menulis, mengunjungi museum dan galeri seni, berjalan dan berkegiatan lain yang menjauh dari keramaian.

3.  Keputusan Anda didasarkan pada bagaimana merasakan banyak waktu daripada berpikir logis dengan memikirkan banyak hal.

4.  Anda lebih suka kondisi yang terstruktur dan teratur. Anda telah menetapkan suatu cara melakukan sesuatu dan itu sangat membantu Anda ketika bekerja melalui cara itu.
5.  Dalam pengambilan keputusan Anda ingin mendapatkan pendapat semua orang ketimbang memaksa pendapat sendiri pada setiap orang.
6.  Anda akan mengambil waktu ketika harus membuat keputusan. Jika seseorang mengajukan pertanyaan Anda akan pergi untuk menemukan jawabannya. Diam Anda adalah sesuatu yang salah dimengerti sebagai ketidakpedulian atau ketidakinginan memberikan jawaban. Sering kali Anda hanya perlu waktu untuk memutuskan.

7.  Bahkan ketika Anda berpikir harus melakukan sesuatu, Anda masih perlu merasakannya terlebih dahulu sebelum siap untuk bertindak.
8.  Anda lebih memilih kelompok kecil daripada kelompok besar yang penuh dengan orang.  Sedemikian Anda lebih bersosialisasi dengan orang terbatas dibandingkan semua orang.
9.  Menjadi super sensitif adalah salah satu kelemahan utama Anda. Segala yang orang katakan dapat menjadi sesuatu yang bersifat pribadi tentang dan atau melawan Anda.
10.  Anda senang untuk pergi dan melakukan segala hal sendiri. Ketika kebanyakan orang menuju arah kanan maka Anda akan berbelok ke kiri.  Anda cenderung merasakan kesempurnaan dengan usaha sendiri.
11. Konflik dan Adu Argumen adalah dua hal yang sangat dihindari bagaikan sebuah wabah. Hal tersebut memiliki efek negatif pada Anda, dan ketika Anda benar, maka lebih memilih pergi atau menyendiri dibandingkan berargumen sebagai respon terhadap lawan bicara.
12. Anda tidak selalu hebat pada saat ini namun pikiran Anda cenderung untuk masa depan dan kemungkinan-kemungkinan apa yang akan terjadi.

Jika Anda mengenali diri Anda sebagaimana beberapa ciri-ciri di atas maka sudah waktunya untuk berlaku baik-baik saja dan menjadi diri sendiri. Tidak ada yang benar-benar perlu dilakukan, Anda hanya perlu memilih untuk menerima siapa Anda namun jika Anda tidak puas dengan kehidupan ini maka Anda harus bersedia untuk mendorong diri sendiri keluar dari zona kenyamanan dan masuk ke dunia lainnya.
Menjadi introvert bukan berarti Anda kurang Percaya Diri atau Pemalu yang menjadi alasan ketidaknyamanan berada di sekitar orang. Introvert bukan berarti Anda tidak nyaman bersama orang lain.

ikhtisar.com

Leave a Reply