Apakah Bos Anda Berlaku sebagai Parasit, Waspadai dan Pahami.

bos berlaku sebagai parasitBos atau pimpinan organisasi tidak selamanya berlaku bagai seorang Ibu atau Bapak bagi anak-anaknya.  Terkadang justru mereka lebih sering memainkan peran sebagai Majikan terhadap Pekerja, atau Atasan kepada Bawahan. Sebijaknya seorang Pimpinan atau Bos mampu menggerakkan Timnya bagaikan sebuah Tim Olahraga yang kental dengan Kekompakan dan Kerjasama.

Namun Ternyata bos Anda bisa juga menjadi parasit dalam suatu organisasi. Parasit yang justru mengambil keuntungan dari Tim bukannya menyumbang pada keberhasilan kerja Tim, bos seperti ini malah menyedot seluruh Energi dan Kreativitas serta Kesuksesan.  Bos Anda yang berlaku bagaikan Parasit perlu mendapatkan perhatian yang berbeda dengan lainnya.

Apakah bos Anda salah satunya?  Pahami dan Pelajari tingkah laku mereka sehingga Anda dapat memahami sejauh mana Fungsi Keberadaan Bos.  Dikutip dari Forbes.com ada beberapa ciri dan tanda Bos Anda berlaku bagaikan Parasit.

  1. Menyedot seluruh Oksigen dalam Ruangan.  Ketika beliau masuk dalam sebuah ruang meeting, dia akan merusak apa pun Topik dan Arah Pembicaraan dan Diskusi yang tengah berlangsung, dengan memaksakan Level Otoritas yang berlebihan dan pemaksaan Kekuasaan.  Suasana Ruang akan langsung terasa Sunyi Senyap dengan kedatangannya pada Forum Meeting tersebut. 
  2. Mencuri Kredit dari Pencapaian Orang Lain.  Dalam banyak Organisasi tidak sedikit banyak ornag yang akan mencari cara mendapat perhatian lebih.  Dalam banyak organisasi, kesalahan dalam pemberian pengakuan dapat terjadi dengan mudah karena Sistem Birokrasi Pelaporan Hasil Kinerja. Siapa yang melaporkan ke manajemen atas dalam team Anda? Maka dialah yang mungkin akan mendapatkan . Bos Anda yang parasit akan mencuri pengakuan atas hasil karya orang lain atau ide Tim yang bukan berasala dari dirinya sendiri. 
  3. Menyalahkan Bawahan atas Kesalahannya Sendiri.  Kebalikan dari sebelumnya, Bos Parasit itdak segan-segan mengorbankan Tim atau Anggota untuk mengakui kesalahannya dan menyalahkan bawahan atas kesalahan yang dia lakukan.  Bos Parasit akan bermanuver agar kesalahan dan kegagalan sebuah proyek semata karena performa Tim yang tidak maksimal, bukan karena Pola Kontrol dan Monitoring dia yang tidak berjalan baik. 
  4. Perlahan-lahan Menghabiskan Enerji AndaBos parasit adalah ahlinya dalam memberi beban pekerjaan yang banyak kepada Anda, tetapi dia juga tahu batasnya agar Anda tidak segera resign. Mereka akan membuat Anda terus bekerja keras untuk dia. Tidak ada timbal-balik dalam hal ini, Anda hanya akan merasa dieksploitasi. 
  5. Membatasi Sirkulasi Ide dan InformasiPengetahuan adalah kekuasaan, dan bos yang buruk menyimpan pengetahuan dengan serakah. Bila hanya ada 1 anggota team yang memiliki cukup informasi untuk memahami gambaran besar perusahaan, dan orang itu adalah bos Anda, maka dia adalah parasit. 
  6. Bereaksi Berlebihan bila Otoritasnya terancamSegala usaha yang Anda lakukan untuk memperbaiki keadaan dengan menghadap bos parasit ini, akan ditolak olehnya. Walaupun cenderung resisten, Anda harus mencobanya. Bila tidak, Anda akan terus menjadi korban.

 

Leave a Reply