Apa yang diucapkan Orang Luar Biasa setiap Hari

orang luar biasaAda beberapa hal kecil, namun masing-masing memiliki kekuatan perubahan dramatis bagi seseorang dan Anda sendiri.  Jika Anda seorang pimpinan perusahaan dan ingin melakukan perubahan terhadap kehidupan seseorang baik Karyawan, Kolega atau Teman dan orang lain, maka inilah yang perlu Anda ucapkan setiap hari:

1.  Inilah yang saya Pikirkan.

Posisi dan Jabatan Anda tidak berperan dalam Perubahan Tim, karena semua berpengaruh pada Karakter dan Perilaku Anda.  Posisi Anda tidak mencerminkan Anda lebih Pintar dari orang lain.  Pernyataan dan Keputusan Anda perlu didukung dengan Alasan-alasan dan Logika Jelas.  Luangkan waktu Anda untuk menjelaskan keputusan dan kebijakan tersebut dapat didiskusikan atau dikritisi.  Hal ini akan membuat Kolaborasi bagi semua orang dan mendorong tim bersama-sama.

2.  Saya Salah.

Mengakui Kesalahan adalah bentuk Perilaku Pemimpin yang Hebat.  Adakalanya Anda melakukan sebuah improvisasi dengan merotasi Karyawan pada Bagian yang berbeda, namun ternyata Produktivitas mereka cenderung turun dan mengalami Demotivasi. Pada saat tersebut Anda mendapatkan masukan dari karyawan lain bahwa ini tidak berjalan baik, maka ucapkanlah, “Saya Salah dan Anda sekalian Benar adanya, dan mulai esok, setiap orang kembali pada Posisinya terdahulu”.  Anda mungkin merasa Buruk, Bodoh dan Kehilangan Respek banyak orang.  Namun ketahuilah bahwa sebagian besar dari mereka akan semakin Segan dan Respek kepada Anda sebagai pemimpin, karena Pemimpin yang Hebat adalah yang mau Mengakui Kesalahannya.

3.  Hal itu Luar Biasa.

Tidak ada satu orang pun yang merasa cukup dengan Penghargaan, sehingga siapapun yang mendapatkan ucapan “Wow, sungguh hebat kamu..” pasti tetap merasa “Fly High”.  Ungkapan Apresiasi adalah sesuatu yang sangat Berharga bagi Penerimannya walaupun Anda tidak mengeluarkan Biaya apapun.  Berilah penghargaan pada orang lain dan mereka akan menyukainya.

4.  Terima Kasih Kembali.

Pada saat seseorang menerima hadiah dari Anda namun terlihat tidak gembira, tentu ada rasa Tidak Menyenangkan dalam hati Anda.  Hal ini berlaku sebaliknya bagi Anda, ketika mereka memberikan Kinerja Baik namun Anda tampak biasa-biasa saja pastilah mereka akan kecewa.  Pada saat bertatap muka ucapkan “Terima Kasih”.  Tunjukkan Anda senang dengan Kinerja mereka dan Senang dapat Membantu mereka mencapai Performa Maksimal.

5.  Dapatkah Anda membantu Saya

Ketika Anda benar-benar memerlukan bantuan orang lain, maka dengan Rendah Hati sampaikanlah kepada mereka, “Dapatkah Anda membantu saya?”.  Anda pasti akan mendapatkannya, dan ini adalah proses Belajar Mendengarkan, Respek dan Peduli pada orang lain yang merupakan Kualitas Seorang Pemimpin.

6.  Maafkan Saya.

Setiap orang mengalami berbuat salah dan untuk itulah perlu meminta maaf berupa “Perkataan”, “Tindakan”, “Support Balik”.  Ucapkanlah “Maafkan Saya”, ketika Anda melakukan Kesalahan atau berbuat keliru.

7.  Dapatkah Anda menunjukkannya.

Nasihat adalah Temporer sedangkan Pengetahuan adalah Abadi.  Tahu “Bagaimana” dan “Mengapa” sesuatu dilakukan lebih berarti dibandingkan sekedar tahu “Apa” yang harus dilakukan.  Maka ketika Anda menunjukkan ketertarikan akan Saran seseorang dan percaya terhadap pengalaman dan kemampuan mereka, maka Anda akan mendapatkan Nilai yang jauh lebih baik dari sekedar Saran atau Masukan.  Ucapkanlah “Bisakah Anda menunjukkannya pada saya?”.

8.  Ijinkan Saya Membantu

Banyak orang berpikir bahwa meminta bantuan adalah Tanda Sebuah Kelemahan, maka banyak orang menghindari meminta bantuan.  Padahal sejatinya setiap orang butuh pertolongan.  Jangan hanya sekedar berkata, “Adakah yang bisa Saya Bantu?”, karena tentunya banyak orang menjawab, “Tidak apa-apa, kami sudah Selesai”.  Ucapkanlah sesuatu yang lebih Spesifik dan Jelas dimana Anda dapat berperan dalam Bantuan tersebut, seperti ucapkanlah, “Saya ada waktu longgar, boleh Saya bantu menyelesaikannya?”.  Ucapan ini lebih Sederhana namun lebih Powerfull dampaknya. Dan sangat menunjukkan aura Kolaborasi, dan Kerjasama dan model seperti inilah yang diperlukan Karyawan Anda.

9.  “I Love You”.

Ucapan Saya Suka Kamu atau Saya Sayang Kamu bukan hanya ditempat kerja.  Namun lakukan dimanapun Anda merasakannya dan Kapanpun Anda bersungguh-sungguh.  Artian kata “I Love You” tidak hanya mengungkapkan Rasa Sayang kepada lawan jenis, namun merupakan Ungkapan perhatian Jujur dan Tulus.

10.  Tidak Ada Apa-apa.

Terkadang Ucapan Terbaik adalah berkata “Tidak Ada Apa-apa”.  Pada saat Anda Frustasi, Kecewa, Marah dan lainnya, terkadang Anda diam.  Mungkin Anda berpikir inilah cara terbaik, namun ternyata hal itu tidak pernah terjadi.

ikhtisar.com

Comments
  1. escortecacom | Reply

Leave a Reply