Apa sajakah Kualitas Karyawan Luar Biasa

Lupakanlah yang Baik untuk menjadi Besar. Inilah yang membuat seorang karyawan Besar menjadi Luar Biasa.  Karyawan yang hebat adalah Handal (Reliable), Teguh (Dependable), Proaktif (Proactive), Rajin (Diligent), berlaku sebagai Pemimpin Besar dan berlaku sebagai Pengikut yang Besar pula.  Mereka memiliki berbagai hal Kualitas yang mudah didefinisikan tetapi sulit untuk ditemukan.

Beberapa diantaranya mencapai tingkat berikutnya. Beberapa karyawan yang luar biasa, memiliki kualitas yang mungkin tidak muncul pada penilaian kinerja tapi tetap membuat dampak besar terhadap kinerja individu atau tim.

Berikut adalah beberapa kualitas karyawan yang luar biasa, dimana Anda dapat mempelajarinya sebagai seorang Pekerja atau Anda dapat menjadikan Acuan dalam membangun Tim Pendukung yang Handal.

1. Mengabaikan Deskripsi Pekerjaan.  Dalam artian bukan menghindari sebagian pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.  Namun justru memiliki inisiatif dalam membantu agar proyek organisasi dapat terselesaikan sesuai Tenggat Waktu dan Target.  Semakin kecil perusahaan, yang lebih penting adalah bahwa karyawan dapat berpikir pada kaki mereka, beradaptasi dengan cepat terhadap pergeseran prioritas, dan melakukan apa pun yang diperlukan, terlepas dari peran atau posisi, untuk menyelesaikan sesuatu.
Ketika proyek utama perusahaan dalam bahaya, karyawan yang luar biasa ini tahu tanpa diberitahu adanya masalah dan langsung melibatkan diri tanpa diminta bahkan jika itu bukan pekerjaan mereka.

2. Eksentrik.  Para karyawan terbaik sering sedikit berbeda: Aneh, Terkadang Kurang Sopan, bahkan Senang menjadi Tidak Biasa. Mereka tampak sedikit aneh, tetapi dalam cara yang benar-benar baik. Kepribadian Unusual justru membuat pekerjaan lebih menyenangkan, dan mengubah  Tim Susu Tanpa Lemak menjadi Tim Berbakat dan Bercita Rasa.
Orang yang tidak takut untuk berbeda secara alami melonggarkan batas-batas dan menantang status quo, dan mereka sering datang dengan ide-ide terbaik.  Orang-orang Eksentrik memiliki kelebihan yakni Nothing to Lose terhadap Situasi dan Kondisi yang ada, sehingga memunculkan ide-ide unik.

3. Tahu Kapan Berhenti. Kepribadian yang tidak biasa memiliki banyak hal menyenangkan sampai dengan waktunya tidak. Ketika tantangan besar muncul atau situasi yang mendatangkan stres, karyawan terbaik berhenti mengekspresikan individualitas mereka dan dengan mulus masuk ke dalam tim.
Karyawan yang luar biasa tahu kapan harus bermain dan kapan harus serius, kapan harus sopan dan kapan boleh santai, dan kapan harus Menantang (Challenge) dan kapan harus Mundur (Back Off). Ini adalah keseimbangan yang sulit untuk diterapkan, tetapi beberapa diantara mereka dapat menjalankannya secara halus dengan mudah.

4. Terbuka dalam Memuji.  Siapakah orang yang tidak suka dipuji atau pujian..?.  Tak satu pun orang yang tak suka, bahkan seorang Bos pun masih menyukainya terlebih karyawan level bawah.  Pujian dari bos akan terasa enak, sedangkan pujian dari rekan kerja terasa mengagumkan, terutama ketika Anda melihat langsung kepada orang itu.  Karyawan yang luar biasa sangat mengakui kontribusi orang lain, terutama jika kata-kata mereka berdampak lebih besar dalam Tim dan Kelompok.  Dalam suatu budaya daerah dikatakan bahwa “Bahasa Tidak Perlu Membeli”, artinya Anda tidak perlu bersusah payah untuk hanya sekedar melontarkan Pujian dan Kekaguman terhadap orang lain.

5. Mengeluh secara Pribadi. Karyawan luar biasa tidak akan menebar isu dan wacana kosong dilingkungannya.  Anda tentu menginginkan karyawan terbuka membawa masalah ke depan, tetapi beberapa masalah lebih baik ditangani secara pribadi tanpa diketahui lainnya. Karyawan Besar sering mendapatkan kesempatan untuk memunculkan subjek kontroversial dalam kelompok karena kinerja mereka memungkinkan kebebasan yang lebih besar.  Sedangkan Karyawan Luar Biasa akan datang kepada Anda sebelum atau setelah pertemuan untuk membahas isu yang sensitif, mereka mengetahui bahwa membawa permasalah itu dalam kelompok bisa memicu badai api.

6. Berbicara ketika lainnya Diam. Beberapa karyawan banyak ragu-ragu untuk berbicara dalam sebuah pertemuan.  Beberapa bahkan ragu-ragu untuk berbicara secara pribadi.  Seorang karyawan luar biasa akan bertanya pada Anda tentang kemungkinan PHK yang telah disampaikan dalam sebuah pertemuan, dimana dia melakukannya karena banyak orang lain tidak, dan karena orang lain takut untuk bertanya.
Karyawan yang luar biasa memiliki nuansa bawaan untuk sebuah masalah dan kekhawatiran dari orang-orang di sekitar mereka, dan melangkah maju untuk mengajukan pertanyaan atau mengangkat isu-isu penting ketika orang lain ragu.

7. Mereka ingin Membuktikan orang lain Salah. Motivasi diri sering muncul dari keinginan untuk menunjukkan bahwa keragu-raguan adalah salah. Bocah tanpa gelar sarjana atau Wanita yang diberitahu ia tidak memiliki potensi kepemimpinan sering memiliki keinginan membara untuk membuktikan bahwa orang lain tersebut salah.  Semangat ingin membuktikan bahwa omongan orang itu salah adalah satu ciri orang luar biasa.
Pendidikan, Kecerdasan, Bakat, dan Keterampilan adalah Penting, Namun Kemampuan Mendorong (Drive) adalah sangat penting (Critical). Karyawan yang luar biasa didorong oleh sesuatu yang lebih Dalam dan lebih Pribadi dari hanya sekadar keinginan untuk Bekerja Baik.

8. Mereka selalu Bermain-main. Beberapa orang jarang puas (dalam artian baik) dan terus bermain-main dengan sesuatu: Pengerjaan Ulang Tenggat Waktu (Time Line), menyesuaikan Proses, Efektivitas Alur Kerja.  Karyawan Besar akan mengikuti proses sedangkan Karyawan Luar Biasa akan menemukan cara untuk membuat Proses tersebut Lebih Baik.

Karyawan Besar adalah Potensi dan Aset yang baik dalam Tim Anda, namun Karyawan Luar Biasa akan menjadi Legacy bagi Tim Anda.  Ciptakan dan Temukan Karyawan ini sehingga Perkembangan dan Pertumbuhan Organisasi Anda akan terus berjalan makin Efektif dan Efisien.

Leave a Reply